Manajemen, Universitas Gadjah Mada

Manajemen UGM (Titi)

Manajemen UGM (Titi)

Halo sobat intipers! Aku Nastiti Nugraheni dari Manajemen UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Manajemen UGM itu seperti apa?

Aku bisa bilang secara umum di Manajemen itu kita diajarin nyeni. Kenapa? Kita diajari itu ngerencanain, ngelola, ngekontrol sama memimpin suatu organisasi.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen UGM?

Aku dulu gak ada keinginan masuk manajemen. Banyak yang bilang kalau kamu masuk manajemen itu kamu keren, apalagi di UGM. Jadi dulu aku ikut temen aja, jujur ini. Tapi lama kelamaan aku ngerasa nyambung sama pelajaran yang ada dan jadi suka deh.

Slide3

Dulu tuh ekspektasinya masuk manajemen itu hedon, hedon banget. Aku jadi takut kebawa lifestyle temen-temen FEB. Tapi realitanya gak kaya gitu kok. Gak semua temen di FEB tuh kaya gitu, kamu bisa filter. Terus ekspektasi lainnya bakal banyak event, acara-acara. Dan memang bener banyak banget event keren sampai bingung mau ikut yang mana.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya dibagi ke empat fokus:

  1. Keuangan
  2. Pemasaran
  3. SDM
  4. Operasional

Selama 4 semester jujur favoritku itu mata kuliah yang berhubungan sama sumber daya manusia (SDM). Ada mata kuliah komunikasi dan negosiasi bisnis. Pertama kali nemu mata kuliah yang isinya itu gak cuma belajar, ujian, harus bikin tugas, presentasi. Sama dosen itu udah kaya temen sendiri. Enjoy di kelas.

Tugasnya itu rata-rata ketik mengetik, kaya buat artikel, menganalisis. Ada nih tugas yang mungkin gak ada di fakultas lain, disuruh maju di kelas satu-satu, ngomong di depan umum, public speaking.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Seperti yang udah aku sebutkan tadi, jadi ada 4. Kita akan lebih fokusnya ke sana itu mulai semester 5. Kita bebas milih sesuai minat.

  1. Keuangan
  2. Pemasaran
  3. SDM
  4. Operasional

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada beberapa jalur, SNMPTN, UTBK dan UTUL. Ada juga yang dari prestasi itu. Misal aku gak pinter matematika apa aku bisa masuk FEB? Tentu bisa. Kamu bisa masuk lewat jalur manapun. Biasanya untuk S1 Manajemen kelas reguler itu seangkatan ada 130 orang, untuk yang program internasional itu sekitar 50 orang. Info lebih lengkap bisa diakses di web UGM langsung ya di sana lengkap infonya.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen UGM?

Hal yang harus disiapin itu ya antara lain:

  1. Aku nyesel karena dari awal gak banyak baca artikel, jurnal dan video pembelajaran karena begitu kamu masuk kalau gak gitu kamu bakal ketinggalan banget.
  2. Be humble, ke siapapun itu seasik mungkin.
  3. Harus belajar kritis dan berani kemukakan pendapat kamu, karena di kuliah itu lebih kompetitif dibanding waktu sekolah.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja banyak, kamu bisa kerja di perusahaan, bisa jadi konsultan, praktisi bahkan dosen. Bahkan kamu bisa dua-duanya, misalnya jadi konsultan sambil jadi dosen. Banyak banget deh!

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pengen kerja sesuai dengan yang aku inginkan, aku pengen jadi HRD. Impianku bener-bener jadi HRD di BUMN atau multinational company. Aku juga pengen ngajakin temen-temen untuk buat profit based organization.

Q&A

  1. Bedanya akuntansi sama manajemen itu apa?

Kalau ada yang mikir kalau manajemen berarti gak belajar akuntansi itu salah. Manajemen keuangan itu hampir persis sama anak akuntansi, belajar tentang financial budgeting. Di bilang bedanya mungkin kalau anak akuntansi selama 4 tahun mendalami akuntansi. Kalau kita selama beberapa semester aja. Jadi bisa dibilang manajemen itu lebih luas karena akan belajar 4 disiplin ilmu psikologi, teknik industri bahkan akuntansi.

  1. Kalau manajemen nanti kerjanya ditempatin dimana?

Kalian bisa bangun usaha kalian, bisa kerja di BUMN, OJK, bank juga. kalau gak pengen jadi praktisi bisa jadi dosen.

  1. Manajemen ada anak SMKnya gak?

Mungkin ada, tapi temen seangkatanku belum ada. Tapi setahuku SMK akuntansi kan juga ada ya itu pasti bisa ko.

Kode Konten: C137

Komen dibawah! 1

  1. Reza Zadillah

    Kak aku ada beberapa pertanyaan nih mohon dijawab yah😁
    1.Kakak masuk Manjemen UGM lewat jalur apa? Kalo Sn rata rata nilai rapor nya berapa? Kalo Sb skor Utbk nya berapa?Kalo mandiri mungkin bisa kasih tips nya buat lolos.
    2. Kakak Sma Ipa atau Ips?
    3.Kakak domisili nya dimana?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *