Manajemen

Manajemen Universitas Bangka Belitung (Rizky)

Manajemen Universitas Bangka Belitung (Rizky)

Bismillah, assalamualaikum, hai sobat intipers, perkenalkan Nama saya Rizky Nendi Yudiana biasanya sering dipanggil Eki, Mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung angkatan 2017 sekarang sudah lanjut Semester 7. Disini saya akan berbagi pengalaman dan saling sharing selama menjadi seorang mahasiswa manajemen. Yuk baca sampai habis ya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen itu ?

Apa itu manajemen? Manajemen adalah seni yang mengatur dalam merencanakan, mengelola, mengarahkan, mengawasi suatu kegiatan usaha maupun perusahaan  untuk mencapai suatu tujuan ( goal )atau bisa sering disebut POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controling) planning adalah merencanakan suatu strategi,kebijakan anggaran,proses sistem dan prosedur dalam merencanakan suatu usaha dalam mencapai tujuan yang dicapai. Organizing adalah penyusunan struktur organisasi dalam menjalankan rencana dan mencapai tujuan organisasi misalnya membagi pekerjaan dalam tugas yang spesifik. Actuating adalah mengarahkan suatu kegiatan dengan menggerakkan orang-orang dalam suatu tugas masing masing yang telah ditetapkan dalam mencapai suatu goal . sedangkan controling adalah fungsi manajemen untuk mengontrol dan memastikan apakah sudah sesuai dari yang diharapkan atau belum. Hal ini sebenarnya tanpa disadari oleh kita telah bisa memanage sesuatu di kehidupan sehari-hari misalnya datang ke sekolah maupun ke kampus tepat waktu, dapat mengelola keuangan dengan baik bagi anak kos yang berada di perantauan dan lain sebagainya.

Awalnya saya  menginjak bangku SMA belum tentu mengenal apa itu manajemen. Setelah lama kelamaan mempelajari pelajaran ekonomi disekolah saya baru mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan saat itulah saya mulai menyukai dan menekuni matakuliah manajemen. Setelah menginjak di bangku kuliah saya jadi tahu bahwa tujuan setelah lulus itu kemana. Disinilah kita belajar matakuliah-matakuliah dasar manajemen seperti pengantar manajemen, pengantar akuntansi, ekonomi makro mikro, dan lain sebagainya.

Mata kuliah dan tugas yang khas yang ada di jurusan manajemen

Ini sangat penting untuk teman teman semua yang membaca ini. Diawal kuliah akan dipekenalkan dengan mata kuliah dasar-dasar manajemen secara keseluruhan. Kemudian di semester lanjut lagi akan menghadapi mata kuliah manajemen proyek, manajemen operational, kawirausahaan, ekonomi moneter, dan lain sebagainya. Dalam mata kuliah lain pun ada seperti statistika, bahasa inggris, aplikasi komputer filsafat ilmu, dan agama. Mata kuliah ini memang sangat penting sekali khususnya aplikasi komputer yang sangat dibutuhkan di zaman millenial ini. Kemudian di dikerucutkan kembali dengan sesuai yang kalian minati konsentrasinya.

Kalau kamu kuliah di Universitas Bangka Belitung jurusan manajemen kalian akan dikenalkan dengan 3 konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) : mempelajari recrutment, permasalahan dalam sumber daya manusia, Manajemen Keuangan : menganalisah keuangan, anggaran,omset dan laba rugi biaya dalam perusahaan maupun usaha, Manajemen Pemasaran : memasarkan produk dan melakukan inovasi pemasaraan diera 4.0 diera digital sangat penting dalam pemasaran untuk memasarkan produk baik melalui online shop,media sosial, maupun melalui start up digital.

Semua ini dipilih di semester 6 . Kalian dapat memilih konsentrasi apa yang kalian minati dan mampu kalian lakukan.

Sedangkan tugas yang khas di manajemen adalah tugas lapangan berupa survey pelaku UMKM dan suatu proyek pembangunan yang telah saya jalani di kuliah. Kita belar dari orang yang memiliki pengalaman berbisnis, memanfaatkan media dalam melakukan pemasaran. Belajar cara merekrut pegawai, melakukan inovasi dan kreativitas untuk usahanya, dan masih banyak lagi. Disinilah yang menariknya di manajemen bukan hanya kerja kantor saja melainkan bagaimana kita bisa membuka lapangan kerja bagi orang banyak.

Expo-PTN

Beberapa Tips Buat kamu yang tertarik di jurusan manajemen

  1. Bagi kalian siswa SMA/SMK yang ingin kuliah di jurusan manajemen, pikirkan terlebih dahulu jangan sampai memilih jurusan bukan keinginan minat kalian karena banyak yang dialami oleh mahasiswa-mahasiswa lain yang salah memilih jurusan dengan alasan mengikuti teman, orang tua, maupun pacar akibatnya kalian akan malas belajar,belajar pun karena terpaksa dikarenakan bukan keinginannya efek yang ditimbulkan nantinya adalah sering marah kepada dosen, main game yang berlebihan dan sampai bolos ke kampus. Jika masih ragu-ragu di SMA ada guru BK (Bimbingan konseling) kalian bisa menanyakan permasalahan kalian dalam memilih jurusan dan mereka akan memberikan solusi yang tepat
  2. Kemudian ikutilah jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Kemudian pilihlah universitas dan jurusan yang kalian minati sekarang. Bagi kalian tidak mampu jangan berkecil hati pemerintah akan memberikan beasiswa untuk kalian seperti bidikmisi,beasiswa pemprov, beasiswa Bank Indonesia dan masih banyak lagi beasiswa lainnya. Awalnya saya daftar beasiswa bidikmisi kemudian tidak dapat, hal ini yang membuat saya down. Tapi Alhamdulillahnya saya diberikan rezeki kepada Allah SWT. Sebagai  penerima beasiswa pemprov babel itulah yang membuat saya semangat lagi kuliah.
  3. Belajarlah dengan tekun karena persaingan di dunia sangatlah ketat, tingkatkan kualitas kalian baik itu skill maupun soft skill.

Jurusan manajemen biasanya kerja dimana ?

Jurusan ini bisa berkerja dimana saja karena cakupannya sangat luas. Bisa bekerja di perbankan, BUMN, perkantoran, hotel, konsultan pemasaran maupun di start up. Sebenarnya kita bisa menjadi seorang enterpreneur yang bisa membuka lapangan kerja untuk orang banyak. Itulah yang keren dimana kita bisa membantu orang banyak. Banyak sekali yang terjadi sekarang orang pegawai kantor maupun pabrik yang di PHK dan banyak pengangguran yangg terjadi akibat dari persaingan yang semakin ketat. Peran pengusaha yang lebih andil dalam hal ini agar bisa menmbah pertumbuhan ekonomi dan mensejahterakan sumber daya manusia.

Rencana dan harapan setelah lulus

Kalau ditanya harapan setelah lulus. Saya ingin menjadi seorang interpreneur dan motivator karena saya telah membulatkan tekat dari SMA untuk bisa membuka lapangan kerja bagi orang banyak. Dengan ini bisa meringankan beban pemerintah dalam mengatasi pengangguran. Melihat keadaan disekitar saya mencari pekerjaan pun sulit dikarenakan persaingan yang semakin ketat.

Saya mengutip kata-kata dari CEO Boleh.id, “bahwa kunci sukses itu bukan memiliki harta seperti mobil, uang yang banyak, rumah mewah tetapi sukses itu bagaimana membuat orang tersenyum bahagia” itulah kunci sukses. Ada pepatah mengatakan bahwa “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Kalau rencana saya setelah lulus ingin bekerja dulu. Kemudian kalau sudah prepare semua seperti biaya kuliah, baru saya akan melanjutkan kuliah S2 dan S3 (Aamiin ). Semoga saya bisa melakukan perubahan untuk Indonesia.

Kode Konten: X235

Komen dibawah! 3

  1. Mayshenarty

    Kak apa kah anak Bahasa bisa masuk jurusan manajemen ?

    • rizkynendiyudiana

      Tentu bisa… Sekarang kebanyakan dari mahasiswa masik jurusan manajemen banyak yang jurusan IPA ketimbang IPS. Jadi kalian nggak perlu khawatir.
      Cuma terkadang kan basic kita tidak ada dalam mempelajari ilmu ekonomi dan juga perlu usaha keras dalam memahami pelajaran yang digeluti tersebut

  2. Tya

    Kalau matkulnya ada apa aja ya kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *