Manajemen, Universitas Hasanuddin

Manajemen Universitas Hasanuddin (Tuti)

Halo sobat intipers! Aku Tuti Alwiah dari Manajemen Universitas Hasanuddin angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Universitas Hasanuddin itu seperti apa?

Kalau manajemen itu luas ya, manajemen sendiri adalah seni mempelajari tentang perencanaan. Selain itu, terdapat 4 fungsi manajemen yaitu planning atau perencanaan dimana jika dalam perusahaan kita harus mengetahui apa saja rencana kedepannya dan rencana ini harus ditentukan dengan matang. Selanjutnya yaitu organisir yaitu seorang pemimpin harus mampu menempatkan karyawan sesuai dengan skill yang dimiliki. Ketiga, yaitu kepemimpinan setelah pemimpin menempatkan karyawan sesuai kemampuannya, maka pemimpin ini harus menjalankan tugasnya dan melakukan pengawasan. Dan yang terakhir itu ada kontroling, jadi pemimpin harus melakukan kontroling kepada karyawan. Jadi sebagai anak manajemen perlu memahami keempat fungsi yang sudah di sebutkan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Universitas Hasanuddin?

Alasan saya memilih jurusan ini, waktu SMA itu mengenal SNMPTN kebetulan ketika mendaftar itu lulus. Saya angkatan 2019 ada senior saya yang sudah lebih dulu mendaftar di manajemen dan lolos. Jadi dari pengalaman senior tersebut saya memiliki ketertarikan untuk mendaftar di jurusan manajemen.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Manajemen Universitas Hasanuddin ?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Mata kuliah yang dipelajari yaitu perilaku konsumen dimana kita mempelajari perilaku yang terjadi pada konsumen seperti apa yang dibutuhkan dan dinginkan oleh konsumen. Dari situ perusahaan bisa membuat produk sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen. Di semester lima kemarin ada mata kuliah analisis informasi keuangan, disini diberi tugas untuk menganalisis suatu perusahaan, yaitu melakukan analisis data pada tahun 2019-2020 kita membandingkan data-datanya apakah perusahaan tersebut mengalami penurunan atau kenaikan. Jadi jurusan ini lebih menganalisis dan mengamati perkembangan perusahaan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4 penjurusan,yaitu manajemen keuangan, dimana mempelajari pengelolaan keuangan untuk mengetahui perkembangan keuangan dalam perusahaan. Manajemen Sumber Daya manusia di sini mempelajari perilaku manusia seperti caranya berkomunikasi dengan manusia dan ilmu ini mempelajari manusia secara mendalam. Selanjutnya yaitu Manajemen strategi mempelajari bagaimana perusahaan mampu menerapkan strategi kedepannya. Dan terakhir Operasional itu bagaimana perusahaan memproduksi suatu produk untuk di pasarkan kepada konsumen.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Untuk masuk jurusan sendiri ada beberapa jalur yaitu SNMPTN kuotanya tahun lalu 31 yang diterima, SBMPTN sekitar ada 29 orang yang di terima, jalur mandiri sekitar 39 orang yang diterima dan yang terakhir ada jalur ketua osis dan itu ada dua orang yang diterima. Untuk informasi bisa diakses melalui website kampus.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Buat mahasiswa baru tipsnya adalah terus bertahan dan menikmati jurusan Manajemen. Saat belajar di mata kuliah yang susah atau mudah tetap harus memperhatikan poin-poin yang disampaikan dan catat setiap materi yang di jelaskan. Kalau kalian merasa salah jurusan, jalani saja kalau kalian terus maju kalian bakal melewatinya dengan baik. Karena perjuangan kalian masuk jurusan ini tidak mudah, jadi kalian harus terus berjuang sampai selesai.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya itu banyak dan lebih identik dengan perbankan seperti kasir, pekerja di BUMN, pegadaian. Ada senior yang masuk di perusahaan koran di bagian keuangan. Di jurusan manajemen kita juga bisa jadi seorang manajer, namun harus bertahap terlebih dahulu. Kalau jurusan Manajemen selalu dibutuhkan oleh perusahaan, jadi untuk teman-teman tidak perlu khawatir untuk prospek karir kedepannya.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan saya yaitu bisa lulus cepat dan segera mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusan. Jadi nanti setelah lulus ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan, jika memiliki uang lebih ingin melanjutkan studi lagi dan sebelum itu ingin bekerja terlebih dahulu.

Kode Konten : C858

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.