Manajemen, Universitas Muhammadiyah

Manajemen Universitas Muhammadiyah Jambi (Nura)

Manajemen Universitas Muhammadiyah Jambi (Nura)

Bismillah, Halo Sobat Intipers. Perkenalkan saya Nuraeni sering dipanggil Nura,mahasiswa jurusan Manajemen angkatan 2018 di Universitas Muhammadiyah Jambi (UMJA). Sekilas mungkin buat kalian yang belum tau, Universitas Muhammadiyah Jambi merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta Muhammadiyah yang ada di provinsi Jambi . Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah  saya  lalui setelah 4 semester di jurusan Manajemen. Yuk, simak pengalaman saya. Sedikit qoutes dari saya  “ Perbanyaklah membaca apapun itu karena itu akan memberitahumu banyak hal yang belum kau ketahui!!

Apa yang dipelajari di Manajemen Umja?

Apa yang pertama kali ada di pikiran kalian saat mendengar jurusan manajemen?

Mengatur orang?peluang kerja di kantoran? jurusan yang banyak diminati banyak orang
? ada hitungan nya?  semua itu memang benar adanya akan tetapi jurusan manajemen lebih dari itu.

Slide5

Manajemen sendiri merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan. Pada intinya  sih kuliah di jurusan manajemen ini berarti kamu akan banyak belajar tentang bagaimana cara mengelola sumber daya (bisa berbentuk uang, manusia, waktu, dll) untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektif dan efisien. Dan menurut saya jurusan ini sangat menarik karena bisa di terapkan dalam berbagai kondisi baik dirumah, disekolah, pekerjaan semua perlu adanya pengaturan. Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Manajemen, diantanya ;

  1. Setiap jenjang karier di tiap-tiap bidang pasti membutuhkan seorang manajer. Hal ini menjadi bukti bahwa Ilmu Manajemen dibutuhkan di setiap lini yang ada di perusahaan.
  2. Sangat mudah bagi kamu untuk bisa bekerja di bidang apapun jika kamu mengambil jurusan ini sebagai pilihan.
  3. Peluang karier yang bisa kamu bisa dapatkan akan semakin luas.
  4. Sumber referensi dari Ilmu Manajemen sangat luas. Kamu bisa mempelajari lebih dalam tentang ilmu ini dari berbagai sumber, seperti buku, internet, youtube, atau jurnal ilmiah.
  5. Kamu akan mendapatkan kesempatan yang sangat luas untuk terus mengembangkan diri di berbagai bidang keilmuan.

Mata kuliah dan Tugas khas di jurusan Manajemen Umja?

Saat memasuki perkuliahan tentu kita dihadapkan dengan yang namanya Mata kuliah. Setiap jurusan memiliki mata kuliah yang berbeda-beda termasuk di jurusan Manajemen. Biasaya di semester I, mata kuliah yang dipelajari tidaklah terlalu sulit karena yang dipelajari baru dasar-dasar / pengantar nya saja seperti : Pengantar Ekonomi Mikro, Pengantar Akutansi 1 , Manajemen pemasaran, Pengantar kewirausahaan, dan biasanya ada mata kuliah tambahan (Matematika, Bahasa inggris , Komputer dan lain sebagainya). Masuk semester II pembelajaran akan lebih luas lagi cangkupan nya, biasanya pada semester ini kita akan mengbahas tentang perhitungan- perhitungan yang ada kaitannya dengan ekonomi baik skala mikro dan makro.

Lanjut ke semester III, tingkatan pembelajaran mulai naik lagi yang biasanya cuman belajar tentang perhitungan untuk menentukan debit dan kredit perusahaan , mengatasi masalah di suatu perusahaan, maka di semester ini kita dihadapakan lebih jauh seperti kita akan belajar bagaimana menganalisis suatu masalah dan cara mengatasinya, mulai mengenal pembagian manajemen ( manajemen operasi, manajemen pemasaran, manajmen keuangan, manajemen SDM) semua dipelajari di semester III, dan ketika masuk semseter IV pembelajarannya tidak jauh dari semester III hanya yang membedakan pembelajaran nya akan lebih mendalam dan lebih luas lagi.

Tugas Kuliah

Untuk tugas sendiri yang saya pernah alami kebanyakan kita disuruh untuk membuat makalah, laporan penilitian , membuat laporan keuangan , karya tulis ilmiah, dan juga dalam penyajian materi dibuat dalam bentuk power point yang nantinya harus kita presentasikan.

Ada tugas yang menurut saya berkesan terjadi di semester III dalam mata kuliah Manajemen pemasaran dan Kewirausahaan dimana waktu itu saya ditugaskan untuk membuat sebuah produk yang belum pernah ada sebelumnya dan disitu saya sangat senang sekali karena saya bisa menunjukan kemampuan saya seberapa sanggup kah saya membuat sesuatu yang bermanfaat, bukan hanya membuat nya saja tetapi kita harus memasarkan nya dan itu menjadi pengalaman yang luar biasa.

Tantangan selama kuliah ?

Selam kuliah , tantangan yang paling tersasa adalah mengatur waktu, dimana kita harus  tahu apa yang menjadi prioritas utama kita, sering kali kesalahan  mahasiswa adalah mereka terlalu sibuk dengan kegiatan kampus hingga lupa tujuan mereka alhasil banyak yang kuliah lebih dari 4 tahun. Rasa malas, ini yang seringkali menjadi tantangan tersebar buat para mahasiswa ketika banyak tugas dan kegiatan membuat mereka keteteran dan justru malah menjadi malas untuk mengerjakannya. Jadi , dalam masa kuliah hal yang perlu dingat adalah kita harus sabar, tekun dalam belajar dan jangan pantang menyerah karena sebuah proses panjang yang akan dilalui nantinya. Oh yah satu lagi jadilah mahasiswa aktif karena itu akan membuat mu dikenal baik oleh dosen , dan mahasiswa lain.

Tips dari saya untuk adik-adik yang mau masuk Manajemen , semangat belajarnya dan yakinlah kamu akan menjadi sukses nantinya, perbanyaklah membaca karena itu akan membuat mu pintar utamanya membaca hal-hal yang berkaitan dengan jurusan manajemen.

So sampai ketemu dijurusan ini yah gaes…!!!!

Prospek kerja lulusan Manajemen UMJA?

Peluang atau prospek kerja Manajemen sangat terbuka lebar sehingga jurusan ini merupakan grade tertinggi di fakultas Ekonomi. Tak heran jika banyak orang mangatakan bahwa jurusan manajemen adalah jurusan kuliah paling aman. Kenapa? Sebab Kamu bisa menentukan sendiri rencana karir masa depan mulai sekarang.

  1. Tenaga Pendidik Atau Dosen
  2. Konsultan Bisnis
  3. Konsultasi Perbankan, Manajer Pemasaran, Manajer SDM
  4. Manajer Keuangan
  5. Agribisnis, Perdagangan, Perbankan Dan Lain-Lain
  6. Manajemen Trainee
  7. Akuntan
  8. Pengusaha

Rencana setelah lulus?

Setelah lulus nanti , saya ingin melanjutkan ke S2 Manajemen karena saya ingin terus belajar selagi saya masih bisa, dan saya ingin mengamalkan ilmu yang telah saya pelajari kepada orang lain. Dan saya ingin Menikah kalau sudah ketemu jodoh hahahahaha…

Kode Konten: X191

Komen dibawah! 2

  1. Pengalaman Kuliah di Manajemen Transportasi Udara STMT Trisakti

    […] Manajemen Universitas Muhammadiyah Jambi (Nura) […]

  2. tyas

    permisi kak, saya ingin bertanya.. gimana cara kita untuk mendapatkan ide saat mengerjakan tugas untuk membuat produk yang belum pernah ada sebelumnya? terimakasih..

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *