Manajemen

Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Salwa)

Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Salwa)

Halo sobat intipers! Aku Husnul Salwa dari Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara seperti apa?

Manajemen ini suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari kegiatan-kegatan perusahaan, jadi dari kegiatan inti perusahaan sebagaimana 4 inti fungsi manajemen juga, kegiatan itu dimulai dari planning sampai countrolling, pengawasan, pengorganisasian. Kita pelajari dan kita terapkan setelah lulus, kita di ajarkan menjadi pengendali, kita mengendalikan roda perusahaan sehingga perusahaan itu tadi tetap dalam keadaan stabilnya. Mitosnya bahwa terkadang anak manajemen kalah perhitungan dengan akuntasi atau lainnya di ekonomi, nah saya garis bawahi anak manajemen lah yang memiliki keunggulan lebih tinggi dari pada jurusan lainnya karena kita mampu mnegenadlikan mereka, mengendalikan sistem di perusahaan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara?

Karena ada rasa penasaran dan ingin tahu manajemen ini kenapa sangat penting di perusahaan, ternyata manajemen memeliki peran sangat penting sebagai pondasi dalam kehidupan perusahaan. Perusahaan tidak akan berjalan dengan baik karena tidak adanya manajemen, jadi manajemen harus ada kemudian perusahaan akan berjalan dengan baik.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari juru3san ini?

Berkaitan dengan ilmu manajemen, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, keuangan atau manajemen-manajemen lainnya. Nah tidak lepas dari itu, pastinya mempelajari ilmu ekonomi juga. Kalo secara khasnya seperti merencanakan dan pengembangan bisnis, jadi bisnis kecil-kecilan yang kita masukan ke dalam sistem perusahaan, dulu waktu semester 5 kami membuat bisnis kecil-kecilan dan membuat tim, kalo tim aku itu membuat suatu produk terbuat dari bayam hidroponik yang mana bayam itu kami kelola menajadi selai, Alhamdulillahnya tim kami di satu kelas itu menajdi tim terbaik.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3, manajaemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran atau marketing, yang terakhir manajemen keuangan. Kebetulan aku ngambil di manajemen sumber daya manusia karena dari manajemen-manajemen lain, manusia lah yang berperan penting. Jadi ada yang bilang mitosnya anak sumber daya manusia di bawah rata-rata dari manajemen lainnya. Sebenernya kamilah manusia yang utuh atau sumber daya utuh untuk mengendalikan manajemen-manajemen lainnya.

intipkuliah-web1

Kalo misalnya di pemasaran itu marketing. Ada temen aku ngambil pemasaran karena jago pemasaran marketing. Baik di media maupun langsung. Kalo di keuangan ada nih yang jago di hitungan. Misal di dalam kelas kamu persentasenya lebih banyak ngambil sumber daya manusia, nantinya bisa jadi HRD di perusahaan. Konsentrasi bisa di ambil di semester 5. Konsetrasi ini disesuaikan pengajuan judul dan isi skripsi. Aku ngambil judul tentang sumber daya manusia terkait kegiatan etika atau seseorang sebagai orang-orang yang berpengaruh dalam perusahaan 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 2 jalur, jalur reguler dan prestasi. Nah jalur prestasi ini sangat di untungkan bagi adik-adaik yang memiliki prestasi baik secara reguler ataupun di luar sekolah, kalo misalnya prestasi tahfidz biasanya mendapatkan pembebasan biaya bangunan dan uang kuliah selama dua semester, jadi bagi adik-adik ini sangat di butuhkan sekali. Kalo sekarang sudah pembukaan mahasiswa masuk dari bulan April-Agustus biasanya, bulan September atau Oktober udah masuk. Informasi lebih lanjut di umsumedan di instagramnya.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara?

Tetap belajar dan mengasah kemampuan, karena kita sangat penting bagi diri kita sendiri dan kemudian untuk orang lain, setelah kita mampu memiliki apa yang kita mau sebaiknya jadi poin penting untuk masa yang akan datang, masa setelah tamat kuliah kita ga bingung.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Pertama bisa membangun suatu bisnis atau usaha-usaha, bisa join dalam perusahaan-perusahaan baik BUMN maupun BUMS, bisa masuk ke dalam perusahaan-perusahaan di luar negeri. Alumni ada beberapa kakak senior itu masuk di dalam kantor dimana instansi itu BUMN, BPJS, Telkom dan BUMN lainnya ataupun BUMS.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Setelah saya lulus rencana awal buat usaha dari usaha kecil-kecilan terlebih dahulu atau rencana selanjutnya saya join ke beberapa perusahaan di indonesia baik BUMN maupun BUMS untuk menambah wawasan dan lebih mengasah skill saya. Apapun rencana saya kedepannya maka takdirlah yang menentukan dimana saya akan diposisikan.

Kode konten: C456

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.