Manajemen, Universitas Muhammadiyah

Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta / UMY (Putri)

Assalamualaikum Wr Wb, Haloo intipers. Perkenalkan nama saya Putri Rohmatun, Alumni S1 Manajemen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2016. Di sini saya akan berbagai mengenai pengalaman saya kuliah di jurusan Manajemen yang telah saya lalui hanya dalam waktu 3 tahun 1 bulan. Yuk kita simak.  Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa Aja yang Dipelajari di Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta?

Setelah mendengar kata Manajemen aku yakin yang di benak temen temen intipers adalah perencanaan, pengorganisasian, pengendalian. Iya benar intipers, jadi di jurusan Manajemen itu kita akan diajarkan mengenai Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan), dan Controlling (Pengendalian) atau yang dikenal dengan POAC. Berhubung jurusan yang saya ambil adalah Ekonomi Manajemen maka di jurusan tersebut saya diajarkan POAC yang berkaitan dengan perusahaan yang mana terdiri dari Planning mengenai penentuan tujuan yang akan dicapai serta bagaimana cara mencapinya, kemuadian Organizing diajari mengenai pengirganisasian sumber daya yang di butuhkan dalam mencapai tujuan tersebut. Actuating diajari mengenai pelaksanaan kerja dan Controlling diajari mengenai pengendaliaan apakah yang dilakukan sesuai dengan visi dan misi.

Apa saja mata kuliah yang diajarkan dan tugas khasnya di jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta?

Pada semester awal kalian akan menerima mata kuliah dasar pengenalan manajemen secara keseluruhan. Kemudian pada semester selanjutnya mata kuliah akan semakin mengerucut sesuai bidang konsentrasi masing-masing. Berdasarkan pengalaman saya, tidak hanya ilmu manajemen saja yang saya dapatkan. Saya juga mendapatkan ilmu lain seperti statistika, matematika bisnis, bahasa inggris dan komputer. Di semester 5 mendapatkan mata kuliah metodologi penelitian. Pada mata kuliah ini diajarkan mengenai tata cara penulisan skripsi, sehingga kita akan memiliki pandangan topik skripsi apa yang kira-kira kita buat.

Slide5

Nah terkait dengan tugas khas, di Manajemen praktikumnya mungkin berbeda dengan praktikum anak teknik. Praktikum di manajemen itu adalah jualan. Memang ilmu manajemen menjuruskan kita untuk menciptakan sebuah bisnis. Di semester 4-5 ada mata kuliah perencanaan bisnis dan pengembangan bisnis. Di mata kuliah tersebut kita dituntut untuk membuat bisnis dan mengembangkannya. Selain itu, juga ada praktikum mata kuliah sesuai dengan konsentrasi masing-masing.

Konsentrasi apa saja yang ada dalam jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta?

Mungkin dari tiap kampus menyediakan konsentrasi yang berbeda-beda. Namun pada umumnya terdiri dari 4 seperti halnya di kampus saya UMY. Konsentrasi terdiri dari manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran dan manajemen operasi. Di manajemen keuangan banyak mata kuliah berhungan dengan hitungan serta mempelajari mengenai cara memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir resiko. Kalau di manajemen sumber daya manusia kita belajar mengenai cara mengelola karyawan, mempertahankan budaya perusahaan agar tidak menyimpang dari visi misi dan tujuan perusahaan. Konsentrasi manajemen pemasaran belajar mengenai strategi-strategi pemasaran agar mampu mencapai target penjualan. Terakhir, manajemen operasi belajar mengenai kelayakan produk yang di produksi perusahaan serta cara mengelolanya.

Konsentrasi yang saya ambil adalah Manajemen Keuangan. Dalam manajemen keuangan mempelajari mengenai perencanaan keuangan di suatu perusahaan mulai dari penganggaran, penentuan modal kerja, analisis informasi keuangan, portofolio investasi hingga prediksi kebangkrutan.

Banyak pertanyaan “apa sih bedanya manajemen keungan dan akuntansi?”, jadi temen-temen intipers yang membedakan antara akuntansi dan manajemen keuangan adalah jika akuntansi itu hanya berfokus pada pencatatanya yang menghasilkan output laporan keuangan sedangkan dalam manajemen keuangan itu bukan berfokus pada pencatatan keuangan melainkan analisis hasil dari laporan keuangan untuk pengambilan keputusan, contohnya setelah mengetahui kondisi keuangan perusahaan seperti itu maka langkah apa yang harus diambil.

Tips untuk maba yang kuliah di jurusan Manajemen

Kuliah di jurusan Manajemen memang lebih santai di bandingkan kuliah di bidang sanitek, namun kalian jangan sampai terlena karena di semester 4 kalian akan difokuskan untuk memilih konsentrasi sehingga kalian harus memikirkannya mulai dari sekarang, kira-kira konsentrasi apa yang ingin kalian ambil. Jangan sampai kalian salah ambil konsentrasi, karena konsentrasi ini yang akan menentukan topik skripsi kalian nanti. Jika kalian merasa tidak cocok dengan konsentrasi yang kalian ambil maka kalian juga akan kesulitan saat mengerjakan skripsi nanti. Selain itu, manfaatkan ketika ada praktikum kewirausahaan, perencanaan bisnis maupun pengembangan bisnis karena ini sangat mendukung kalian untuk memiliki bisnis sejak kuliah serta manfaatkan inkubator bisnis yang merupakan fasilitas dari kampus.

Tips untuk bisa lulus cepat

Aku yakin banyak di antara kalian yang mengidam-idamkan untuk  bisa lulus cepat. Nah Intipers berikut tipsnya :

  1. Mantapkan topik skripsi di mata kuliah metopen (Metodologi Penelitian), Di semester 5 kalian akan di hadapkan pada mata kuliah metopen, dimana kalian akan mendapatkan tata cara penulisan skripsi serta kalian akan mendapatkan tugas untuk membuah draft proposal skripsi. Nah teman-teman intipers silahkan memanfaatkan tugas ini sebaik mungkin sesuai dengan topik yang ingin kalian ambil di skripsi nanti. Sehingga ketika kaliah sudah memiliki draft proposal yang mateng maka akan mempermudah kalian ketika seminar proposal, karena di seminar proposal kalian tinggal mengajukan draft tersebut tanpa perlu membuat lagi dari bab 1 sampai bab 3.
  2. Manfaatkan libur kuliah untuk magang. Biasanya kalian akan di wajibkan untuk mengikuti program magang di semester 7, namun ini dapat dipercepat yaitu ketika libur semester 6 ke semester 7 kalian bisa memanfaatkan untuk mengambil magang. sehingga ketika memasuki semester 7 nanti kalian sudah selesai magang dan tinggal mengerjakan skripsi.
  3. Segera daftar KKN. Sama seperti magang, KKN juga di lakukan di semester 7 namun kalian bisa mempercepatnya ketika kalian sudah menempuh 110 sks tanpa harus menunggu semester 7. Jika kalian rasa kalian sudah menempuh 110 sks maka segeralah menikuti program KKN.
  4. Sering melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Ini adalah hal terpenting untuk menunjang agar bisa lulus cepat. Ketika kalian bimbingan dan mendapatkan revisi maka segera perbaiki revisi tersebut sehingga bisa melakukan bimbingan lagi karena semakin cepat kita memperbaikinya semakin bagus.
  5. Segera persiapkan berkas penunjang pendaftaran sidang skripsi. Biasanya untuk melakukan pendaftaran sidang skripsi diperlukan sertifikat-sertifikat seperti sertifikat TOEFL, sertifikat pelatihan, sertifikat seminar serta sertifikat-sertifikat saat ospek. Nah intipers harus mempersiapkan ini ketika akan memasuki semester 7 sehingga pada saat pendaftaran berkas sudah terkumpul dan sudah siap. Jangan sampai skripsi sudah acc namun terkendala berkas lainnya.

Cara Mendapatkan Beasiswa

Banyak sekali beasiswa yang di tawarkan untuk jurusan Manajemen. saya akan menceritakan beasiswa yang pernah saya terima selama kuliah yaitu

  1. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik). Beasiswa PPA ini adalah beasiswa yang berasal dari Kementrian Ristek dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), beasiswa ini mensyaratkan minimal mahasiswa semester 2 yang bisa mendaftar. Persyaratan yang diperlukan seperti foto kopi KTM, Transkip nilai dengan IPK minimal 3,25 untuk PTS dan 3,00 untuk PTN, kemudian surat rekomendasi dari pimpinan kampus, surat keterangan tidak menerima beasiswa lain dan slip gaji orang tua. peluang untuk mendapatkan beasiswa ini sangan tinggi karena kuota beasiswa yang banyak. beasiswa PPA akan diberikan selama 1 tahun.
  2. Mandala Scholarship Program. Beasiswa ini di berikan oleh perusahaan go public yaitu Mandala Multifinance. Beasiswanya berupa uang tunai selama 1 tahun dan perekrutan kerja seletah mahasiswa penerima beasiswa lulus kuliah. Terkait persyaratan pendaftaran beasiswa terdiri dari foto kopi KTM, foto kopi KK, piagam penghargaan, transkip nilai dengan IPK minimal 3,25 untuk PTS dan 3,00 untuk PTN, kemudian surat rekomendasi dari pimpinan kampus, surat keterangan tidak menerima beasiswa lain dan slip gaji orang tua. Seleksi beasiswa ini terbilang ketat karena berbeda dengan beasiswa lainya. Seleksinya terdiri dari seleksi administrasi, tes psikotest, TPA, FGD, interview dan MCU. Beasiswa ini hanya di peruntukan untuk mahasiswa semester 7 dan mahasiwa yang berasal dari kampus kerjasama dengan Mandala.

Prospek jurusan Manajemen

Prosepek kerja untuk lulusan jurusan Manajemen adalah sebagai entrepreneur, konsultasi bisnis, manajer SDM, manajer pemasaran, manajer keuangan serta manajemen traniee maupun banker dan masih banyak lagi.

Kode Konten: X179

Komen dibawah! 2

  1. anu-wulan

    Untuk biaya di umy apakah tergolong besar ka? Biasanya untuk manajemen lumayan besar ya ka

  2. Review dan Pengalaman Kuliah di Manajemen Logistik STIMLOG

    […] Manajemen UMY / Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Putri) […]

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *