Manajemen, Universitas Negeri Medan

Manajemen Universitas Negeri Medan (Afsah)

Manajemen Universitas Negeri Medan (Afsah)

Halo sobat intipers! Aku Nur Ihsani Afsah Tarihoran dari Manajemen Universitas Negeri Medan angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Universitas Negeri Medan seperti apa?

Manajemen sebenarnya sebuah program studi yang dimana nantinya kita akan mempelajari bagaimana mengelola sebuah perusahaan dan bagaimana cara mengelola sebuah organisasi, banyak banget yang akan kita pelajari, baik dari sisi keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, bahkan mempelajari bagaiaman caranya ketika ada sebuah problem, kita menggambil keputusan sesuai dengan apa yang diinginkan sebuah perusahaan atau organisasi.

Biasanya banyak orang yang berpikir di manajemen tidak akan mempelajari hitung-hitungan, padahal itu salah besar, kita pasti akan ada hitung-hitungan, karena mempelajari akuntansi, ekonomi mikro maupun makro, bahkan kita juga mempelajari statistik, jadi buat temen-temen yang ga suka hitung-hitungan atau matematika salah besar kalo masuk manajemen. Terus ada juga yang berpikir kalo pas SMA nya dari jurusan IPA bakal sulit kalo masuk jurusan manajemen, karena biasanya Soshum bukan Saintek, itu salah banget, baik jurusan IPA atau IPS tetep bisa masuk, karena kita mempelajari soal itung-itungan, dimana di IPA kita banyak belajar itu, jadi dari semester 1 kita belajar dari dasar, jadi kalo temen-temen yang ga jago akuntansi, ekonomi, sosial, itu akan sama-sama dipelajari di semester 1 manajemen.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Universitas Negeri Medan?

Karena pengen jadi CEO, pas dulu SMA aku melihat orang-orang mendirikan perusahaan dan di lebeli CEO keren banget, jadi aku kepikiran gimana caranya untuk jadi leader atau CEO itu, seteelah riset ternyata kalo mau jadi seorang pemimpin itu erat kaitannya dengan jurusan manajemen, karena kita mempelajari semua hal di perusahaan, makanya tertarik ngambil jurusan manajemen dibanding jurusan lainnya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah di semster awal mempelajari basic, semester 1 mempelajari pengantar-pengantarnya, misalnya pengantar manajemen, pengantar akuntansi, pengantar statistika, ekonomi mikro dan makro, pengantar bisnis.  Kalo udah masuk semester 3 dan 4 mempelajari lebih dalam lagi yang dari semester awal itu. Untuk tugas-tugas dari mata kuliah jurusan ku ini agak berbeda dengan universitas-universitas lain, karena di universitas aku sendiri menerapkan KKNI, jadi kaya ada kurikulum tersendirinya, setiap mata kuliah itu ada 6 tugas, mulai dari CBR, CJR, miniriset, project, rekayasa ide, dan ada tugas rutin, terkait mata kulaihnya pasti berkaitan sama 6 tugas itu.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada konsentrasinya yaitu manajemen pemasaran, kita lebih mempelajari tentang strategi pemasaran, menganalisis pasar, meriset gimana penjualan dari suatu perusahaan itu. Selain itu ada manajemen keuangan, lebih mempelajari gimana mengelola keuangan di suatu perusahan dengan baik, mempelajari akuntansinya. Selain itu juga ada yang namanya manajemen sumber daya manusia atau HR, biasanya mempelajari tentang gimana caranya supaya kita bisa mengelola kariyawan di sutau perusahan, gimana caranya membuat pelatihan atau pengembangan di sutau perusahaan, gimana kariyawan itu puas atau tidak bekerja di perusahaan.

Di universitas lain ada juga operasional, manajemen agribisnis, di universitas aku juga ada manajemen agribisnis yang berhubungan dengan pertanian dan teknologinya. Aku pengennya ngambil manajemen sumber daya manusia, karena tertarik dengan sosial, manusia, jadi memang mulai dari sekarang sudah tertarik, meskipun ngambilnya nanti di semester 6, tapi udah ikut magang, volunter, gimana sih HR itu.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Aku lulusan 2018 dan sempet ikut kuliah di manajemen Institut Pertanian Bogor satu semester, terus aku keluar karena ada problem. Terus aku masuk ke Universitas Negeri Medan. Jalur masuknya sendiri sama aja dengan Universitas lain. Ada SNMPTN atau undangan yang dilihat dari nilai raport, yang di IPB aku lewat jalur ini. Ada SBMPTN atau jalur tulis, ikut tes, kalo skornya sesuai dengan jurusan yang temen-temen pilih, itu baru lolos. Terus ada jalur mandiri, biasanya giman kebijakan universitas. Nah kalo ke Universitas Negeri Medan ini aku lewat jalur mandiri karena aku sempet kelewatan jadwal untuk SBMPTN. Kalo temen-temen mau cari di instagram ada @unimedofficial ada informasi daftar kapan, terakhir daftar, tesnya kapan atau ikutin websitenya supaya ga ketinggalan.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Universitas Negeri Medan?

Tips untuk calon mahasiswa yang mau masuk jurusan manajemen. Pertama temen-temen harus tanyakan kepada diri sendiri. Kira-kira temen-temen bisa ga mempelajari mata kuliah yang berbeda-beda mulai dari ekonominya, akuntansi, statistika, manajemennya dan banyak lagi. Kalo ga bisa lebih baik cari jurusan yang spesifik mempelajari satu hal. Kaya akuntasi, psikologi. Tips kedua adalah kalo mau masuk jurusan manajemen, temen-temen sedikitnya mempelajari atau basic nya apa yang dipelajari. Supaya pas masuk temen-temen ga usah belajar dari dasarnya banget. Karena di kuliah itu beda banget, bisa ga bisa pasti bakal lanjut bahas yang lain.

Untuk yang udah masuk, banyak-banyak baca, jangan malas-malas!  Karena banyak banget yang dipelajari, jadi kalo mau dari sekarang udah nentuin konsentrasi apa. Biar kalo udah tau dari semester 1 mata kuliah yang mendukungnya bagus, usahakan A. Jangan sampai pas mau milih konsentrasi ga tau mau pilih apa. Nanti bisa di acak atau sesuai nilai, nanti bisa susah di tugas akhirnya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospeknya bisa dimana aja, karena pas kuliah mempelajari banyak hal, kita belajar bisnis nanti bisa jadi pembisnis, kita belajar ekonomi bisa yang berhubungan dengan ekonomi, terus kalo kita ambil konsentrasi di manajemen sumber daya manusia nanti kita bisa jadi HR, terus kalo fokus di keuangan bisa kerja di bagian keuangan perusahan. Sebenarnya banyak banget bisa kerja dilingkup apa, asal pas kuliahnya kita belajar dengan bener-bener. Terus untuk alumni sendiri, lebih banyak buat bisnis, company kecil-kecilan bareng temen semasa kuliahnya, dan ada yang kerja di perusahaan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Sekarang udah start buat komunitas, platform yang aku bangun sendiri, jadi memang rencana setelah lulus bisa bangun komunitas, organisasi bahkan perusahaan. Karena aku ambil manajemen sumber daya manusia juga bisa jadi HR sesuai yang aku pilih.

Q&A

  • Apakah konsentrasi yang diambil mempenagruhi ga dalam melamar pekerjaan?

Jawaban: Mempengaruhi karena kalo temen-temen sering lihat open recruitmen dari beberapa perusahaan, biasnaya mereka mencantumkan background pendidikannya, misalnya ada yang membutuhkan HR dicantumkan background pendidikannya dari psikologi atau manajemen sumber daya manusia atau jurusan lainnya yang relate dengan HR. Jadi konsentrasi itu sangat berpengaruh ketika kita akan melamar pekerjaan. Temen-temen harus tau dan disesuaikan dengan jurusan serta konsentrasinya apa, supaya temen-temen ga capek-capek mempelajari lagi hal yang lain.

  • Gimana ketika pekerjaan kita berbeda dengan konsetrasi yang kita pilih?

Jawab: Tidak apa-apa, asal kamu punya kompetensi di bagian yang kamu inginkan, misalnya aku pengen ngambil manajemen sumber daya manusia tapi ketika kuliah sering magang yang jabatannya seputar administrasi, itu kan berbeda, pas aku kelar kuliah, aku pengen lamar di bidang administrasi itu tidak apa-apa, karena sudah punya pengalaman magang dan bisa di pertimbangkan oleh HR di perusahaan, jadi kalo kuliah ga cuma kuliah aja tapi banyakin pengalaman, ikut magang, volunter, dan banyakin eksplor aja.

Kode konten: C577

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *