Manajemen

Manajemen Universitas Pelita Harapan (Bryan)

Halo sobat intipers! Aku Bryan Oskar dari Manajemen Universitas Pelita Harapan angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Universitas Pelita Harapan seperti apa?

Manajemen kalo di ambil kesimpulan secara keseluruhan, basicnya itu ada 4 sub, yakni ada planing, coordinating, leading dan controlling..

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Saya ibaratkan contohnya dari segi perfilman aja. Seorang sutradara itu ibaratnya sebagai seorang pemimpin dalam project filmnya dia. Jadi dia harus merencanakan bagaimana productionnya, budgetnya, tim nya siapa saja, proses poduksi nya bagaimana dari awal hingga akhir. Intinya sampai harus jadi dan bisa mendapatkan profit baik untuk perusahaan yang dia kerjakan maupun untuk tim yang sudah bekerja sama.

Manajemen untuk perusahan sangat penting karena fungsi manajemen dalam perushaaan itu kita harus bisa merencanakan target kedepan (planning). Leading ibaratnya kita sebagai seorang pemimpin kita mengarahkan perusahaan nantinya, achivement yang harus kita dapatkan. Controlling, kita harus kontrol. Di perusahaan itu ada sektor-sektornya harus di kontrol, harus diawasin setiap sektor. Kalo kita hanya meninjau dari satu sektor saja itu gawat. Kita harus memastikan setiap sektor bisa berjalan dengan baik dan benar dengan harapan achievement dari perusahaan bisa tercapai.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Universitas Pelita Harapan?

Awalnya bingung mau masuk jurusan apa, Kenapa manajemen karena latar belakang orang tua bisnis. Ya sudahlah memutuskan masuk di manajemen. Manajemn di kampus saya ada banyak. Ada manajemen sumber daya manusia, meanajemen akuntansi, manajemen finance, dan manajemen bisnis internasional seperti yang saya ambil.

pmb2-min

Kenapa saya ambil manajemen bisnis internasional, karena yang aku lihat kedepannya terutama perusahaan-perusahaan di indo itu bakal kerjasmaanya dengan perusahaan asing. Seperti yang sudah saya pelajari itu kita bekerja sama dengan perusahaan asing, culturenya itu berdampak, akan ada culture shock. Kemudian SOP perusahan, kita kalo perusahaan asing pasti standarnya punya standar sendiri. Jadi metode yang digunakan secara lokal dan secara internasional dipelajari.

Kalo manajemen keuangan lebih ke finance, kalo manajemen human capital itu lebih ke HR manajer, dan kalo bisnis internasional belajar ekspor dan impor, terus ada juga finance secara lokal dan internasional, cara mencari profit, kalo internasional kaya mata uang luar yang digunakan. Menurut aku, bisnis iternasional sifatnya luas, mau masuk ke manajemen yang mana aja bisa. Tapi secara garis besar itu sama. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tugas berat sih, mungkin kalo kuliah enak satu hari cuma dua mata pelajaran banyak waktu kosongnya, awalnya dipikir enak. Taunya tugasnya banyak, bisa dikerjakan asalkan pondasinya kita sudah tahu, yang penting kita tahu intinya apa, kita kerjakan, tugas gampang, dibilang susah ga, kebanyakan kita kerjain tugas itu ada dua, ada individu dan project presentasi di depan, kita lebih banyak kerja kelompok jadi lebih aktif, itungan tetap ada, teori tetap ada.

Saya kasih tips dan trik suapaya kalian bisa dapet nilai A atau A+, jangan berpatokan pada teks book yang kalian punya, teorinya memang benar, yang diajarkan orang tua saya bahwa dosen memberikan nilai rendah apabila kamu memberikan definisi dari teks book, dosen akan memberikan nilai yang tinggi apabila kamu memahami dengan teori yg sudah diajarkan, dosen memberikan nilai tinggi itu kalo kita juga memberikan contoh, dan itu berlaku dengan ujian essay, menurut kita apa, semakin panjang semakin bagus, apalagi ditambah contohnya, yang kedua jangan jawabnya menyimpang ke kiri atau ke kanan, jangan ditanya A jawabnya B, jadi kalo ditanya A harus jawab A.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ketika awal masuk kuliah itu masuknya manajemen doang, di kampus saya itu ada 10 semester dan kita itu satu tahun terdiri dari 3 semester, dari semester 1-5 secara keseluruhan manajemen, diakhir semester 5 memasuki semester 6 baru penjurusan, kita mau plilih manajemen mana mau akuntansi, keuangan, human capital, bisnis internasional, kalo ga salah ada dua lagi manajemen di bidang rumah sakit dan kesehatan.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Waktu saya dulu, UPH itu ada pameran di mall saya lihat lagi ada promo beasiswa, mengumpulkan raport kelas 10, 11 dan kelas 12 semester 1, kalo nilai di atas rata-rata dapat beasiswanya lumayan, kalo saya dapet 30%, beasiswa terbuka asal raportnya diatas 80 kalo diatas 90 lebih oke lagi. Kalo kita lihat 3 tahun yang lalu buka double degree, jadi kita nanti program 2 tahun di UPH 2 tahun di RMIT dan harus ada tes TOEFL. Biasanya informasi di TV ada program beasiswa sampai 1 milyar, atau bisa di tanyain ke UPHnya langsung, kalo yang di Karawaci atau sekitarnya bisa dateng langsung dengan menerapkan protokol 3 M atau kalian cari aja di website resminya UPH.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Universitas Pelita Harapan?

Pertama aktif, harus aktif karena dosen akan mengingat kalian kalo aktif dan duduk di barisan pertama, ga usah takut sama dosen karena sebenernya dosen itu baik, jangan menganggap dosen itu galak atau killer, tapi justru emang dosen itu punya pribadi seperti itu dan baik untuk kita, karena kita didorong untuk lebih baik, kalo kita salah jawab kita jadi belajar, kita belajar kalo kita berbuat kesalahan.

Kedua carilah kesempatan di fakultas kalian, setiap orang punya skill, saya punya skill di video editing dan saya cari kesempatan di fakultas saya, sampai saat ini masih part time udah hampir 2 tahun, ternyata jadi deket sama dosen, tapi interesting karena jadi kaya sama orang tua dikasih nasehat,  udah bisa kerja part time dan dapet velue lagi dari dosen. Yang ketiga jujur, dalam arti ngerjain tugas harus sendiri, kalo ujian harus kerjain sendiri.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak ya, ada yang kerja di Shopee, Unilever, HSBC, perusahaannya secara keseluruhan udah nama global. Yang penting bukan cuma di IPK tapi pengalaman kalian di organisasi, apalagi kalo kalian udah punya pengalaman kerja, kaya aku part time, karena mental sudah dibangun dari saat ini, jadi ketika kalian masuk ke kantor udah biasa. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Sofar untuk tahun ini mencari pekerjaan, part time tetap jalan, target aku cari perusahaan dimana aku bisa menjalankan 2 hal, pertama berkaitan dengan bisnis internasional dan aku bisa menjalankan video editing juga. Bebannya memang berat tapi kalo bisa dijalankan ya dijalankan, terus aku juga mau bantu papa karna papa juga memang seorang pengusaha tambang. 

Kode konten: C326

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *