Manajemen

Manajemen Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (Maulina)

Manajemen Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (Maulina)

Halo Intipers! Ada pepatah mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang ya teman teman hehe. Baiklah Yuk kenalan dulu sama saya biar makin akrab dan tentunya biar bisa sharing kepada temen temen nih terkait perkuliahan. Oke, Perkenalkan nama saya Maulina Rahmatika, Mahasiswi jurusan Manajemen Universitas Tunas Pembangunan Surakarta angkatan 2017. Disini saya diberikan kesempatan oleh IntipKuliah untuk sharing pengalaman kuliah saya kepada temen temen nih selama 6 Semester ini. Yuk, tetap staytuned sampai habis ya teman teman.

JURUSAN MANAJEMEN ADALAH PROGRAM STUDI PALING ENAK KARENA TIDAK ADA HITUNG HITUNGAN ? NANTI KERJANYA DIKANTOR YA?

Manajemen? Sama kah ketika temen temen mendengar nama jurusan manjemen terbesit dalam hati seperti asumsi diatas? Emmmm yaa bisa dikatakan dari kedua asumsi tersebut ada yang betul ada yang tidak, akan tetapi jurusan manajemen memuat lebih dari yang tertulis dalam asumsi tersebut.

Manajemen merupakan suatu program studi yang pada dasarnya adalah memperlajari tentang bagaimana cara mengelola, mengatur, mengorganisasi, mengharmonisasi seluruh sumber daya dalam suatu perusahaan atau organisasi. Jika sudah memasuki atau mempelajari program studi manajemen ini nanti akan dikenalkan yang namanya POAC ( Planning, Organizing, Actuating dan Controlling) sebagai pegangan dasar apa program studi manajemen itu. Nah menurut saya mengapa jurusan ini menarik? Yaaa terkait dengan istilah manajemen ( Mengelola ) temen temen juga dapat menerapkan pola manajemen ini didalam kehidupan sehari teman teman. Selain itu, Manajemen di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta ini juga memberikan banyak wadah untuk mengeksplore lebih dalam terkait program studi manajemen dalam tindakan nyata.

MATA KULIAH DAN TUGAS KHAS JURUSAN MANAJEMEN DI UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA?

Mata kuliah adalah bisa dikatakan mata pelajaran jika di SMA/SMK/MA yang temen temen ambil ketika sudah memasuki aktif perkuliahan. Saya beri contoh untuk jenjang S1 itu terdapat 8 Semester yang wajib temen temen tempuh. Nah, jurusan manajemen di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta ketika di Semester 1 itu terdapat 24 SKS ( Satuan Kredit Semester ) yang mata kuliahnya terdiri dari dasar dasar terkait yang dipelajari dijurusan manajemen seperti Pengantar Manajemen, Pengantar Bisnis, Pengantar Akuntansi, Pengantar Ekonomi Makro dsb.

Nah memasuki semester 6 temen temen nanti diarahkan untuk memilih program studi peminatan sebagai focus temen temen dalam mebuat skripsi yaitu dengan mata kuliah Seminar Pemasaran. Ada beberapa peminatan yaitu ( Manajemen Sumber Daya Manusia. Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Keuangan ) Nah pas banget nih ya dari asumsi diatas tadi apakah jurusan manajemen tidak ada hitung hitungan ? Ternyata salah ya teman teman karena di focus Manajemen ada beberapa yang lebih banyak memuat hitung hitungan yaitu manajemen keuangan dan manajemen operasional. Selain itu di jurusan Manajemen Universitas Tunas Pembangunan Surakarta juga ada pelatihan (Unit Kegiatan Mahasiswa ) yaitu Sekolah Pasar Modal, Kewirausahaan dsb.

TUGAS KULIAH KHAS JURUSAN MANAJEMEN?

Yeaye tugas khas dari jurusan manajemen yang sudah pernah saya alami selama 6 semester ini yang paling menarik adalah Presentasi dan Studi Case (Studi Kasus Suatu Perusahaan). Tidak hanya itu masih ada beberapa tugas lain yaitu melakukan observasi dan membuat makalah, resume buku, jurnal dsb.

Mengapa tadi saya mengatakan yang menarik salah satunya presentasi ? Suatu ketika saya pernah diberi tugas oleh dosen ya teman teman untuk mencari contoh perusahaan manufaktur dan mempresentasikan dengan produk dari perusahaan tersebut. Dan kami debat didalam kelas mengenai keunggulan produk kami masing-masing. Kami berperan seolah olah menjadi Sales dari perusahaan tersebut dan belajar mempengaruhi audiens agar mau membeli produk kita. Kami juga mambawa sample dari produk perusahaan tersebut. Wow, It’s still very memorable until now for me, betapa ramai dan antusias didalam kelas waktu itu.

TIPS BUAT TEMEN TEMEN NIH/MAHASISWA BARU YANG SUDAH DIKULIAH JURUSAN MANAJEMEN ?

Emmmmm, Tips ? Oke temen temen saya disini akan mengubah pemikirian temen temen bagaimana tips itu dengan Strategi. Bagaimana kak kok bisa begitu ? Yaa karena didalam perkuliahan tidak seperti didalam bangku SMA/SMK/MA semuanya tergantung pada diri teman teman masing-masing dan tentunya dengan melihat lingkungan / keadaan temen teman disekitar. Bagaimana strateginya menurut saya ?

  1. Focus, tetapkan tujuan awal temen temen setelah lulus nantinya mau melakukan apa, jika temen temen focus maka temen temen akan mulai membuat catatan catatatn kecil apa yang teman teman mulai kerjakan dari sekarang.
  2. Update, Update dalam hal ini berkaca dengan keadaan diluar setelah dan sebelum temen temen lulus nantinya yang akan mmepengaruhi keputusan yang akan temen temen ambil dan akan mmepengaruhi karir temen temen seperti Kebutuhan perusahaan, Softskill, Hardskill, Pesaing dsb. Hal ini akan menjadi suatu tantangan bagi temen temen.
  3. Telaten, Rajin, Jujur. Menurut saya ini adalah beberapa point yang harus ditanamkan dalam diri temen temen agar membentuk karakter temen temen. Karena pandai saja tidak cukup.

PROSPEK KERJA ALUMNI MANAJEMEN ?

Peluang kerja atau prospek kerja menurut saya sangat terbuka lebar bagi alumni jurusan manajemen. Mengapa Demikian? Karena dari dulu sampai sekarang semua organisasi, lembaga atau perusahaan yang membutuhkan suatu pemimpin untuk mengorgnisasi atau mengelola sehingga tujuan dari organisasi tersebut. Selain itu jika temen temen tidak mau ikut atau bekerja dibawah orang lain temen temen juga bisa berwirausaha sendiri. Karena sudah dibelaki dengan basic ilmu POAC tadi. Disini saya sebutkan beberapa prospek karir dari jurusan manajemen: Manajer Sumber Daya Manusia (Human Research and Development, Manajer Operasional, Manajer R&D ( Riset and Development ), Manajer Pemasaran, Manajer Keuangan, Administrasi, Manajemen Trainer, Konsultan Bisnis etc.

Nah ini juga bisa menjawab dari asumsi yang diatas tadai yan temen temen. Lulusan jurusan manajemen tidak dapat bekerja  hanya dikantor saja karena jurusan manajemen cakupannya yang sangat luas.

RENCANA SETELAH LULUS ?

Rencana saya setelah kuliah ? Okee temen temen saya setelah lulus satu tahun atau dua tahun pertama akan mencari pekerjaan dahulu karena untuk mencari pengalaman dengan ilmu saya. Saya ingin bekerja disuatu perusahaan BUMN di Indonesia. Setelah itu saya juga ingin melanjutkankan lagi pendidikan untuk memperdalam ilmu saya jika bisa juga beasiswa. Mengapa saya ingin bekerja dulu ? selain karena alasan diatas karena saya juga ingin mengumpulkan biaya untuk melanjutkan kuliah nantinya. Karena saya menempuh program studi S1 ini juga alhamdulliah mendapat beasiswa penuh dari pemerintah yaitu Beasiswa Bidikmisi.

Kode Konten: X214

maulinarahmatika
Management'17 Universitas Tunas Pembangunan Surakarta 20 y.o Like to sing a song

Komen dibawah! 2

  1. Tia Febriana

    Ka mau tanya…
    Untuk Maba prodi manajemen
    biasanya pada awal kuliah yang perlu dibawa apa aja ka?
    Sama
    Prodi manajemen di UTP itu kita diajarin/ disuruh membuat suatu produk terus dipasarain gitu ga sih ka?

  2. maulinarahmatika

    Halooo kak tia..
    Untuk di program studi manajemen untuk peralatan tidak perlu membawa apa apa sih, karena fasilitas sudah disediakan dari kampus semua kalo UTP Surakarta, biasanya kalo diawal baru diperkenalkan seperti apa program studi manajemen itu, baru setelah itu pendalaman tentang materi..
    Nah Di UTP Surakarta yang menarik ada program seperti itu masuk ke studi Kewirausahaan diajarkan dahulu baru keemudian diminta untuk prakter membuat, memasarkan, menghitung keuntungan dengan langsung terjun ke luar kampus dan didalam kampus.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *