Manajemen, UPN Veteran

Manajemen UPN Veteran Yogyakarta (Luki)

Manajemen UPN Veteran Yogyakarta (Luki)

Hallo perkenalkan namaku Luki Antoro, orang biasanya memanggil Luki. Aku lulusan Manajemen 2014, UPN Veteran Yogyakarta. Dulu saat aku kuliah di UPN ketika masih menjadi universitas swasta, lantas setelah beberapa bulan kuliah berjalan, Pak SBY menandatangani UPN ‘Veteran’ menjadi universitas negeri di Indonesia. Kali ini akau mau sharing terkait dunia kampus dan kegiatanku semasa kuliah. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Jurusanku adalah Pilihanku

Kebetulan aku kuliah di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis. Jadi di UPN “Veteran” Yogyakarta itu ada banyak jurusan, mulai dari teknik perminyakan, teknik pertambangan, teknik geologi, teknik industri, pertanian, teknik informatika, pertanahan, akutansi, ekonomi pembangunan, ekonomi manajemen, komunikasi, hubungan internasional dan masih banyak lagi lainnya. Terkait jurusanku, di angkatanku kuliah dijurusan manajemen dibagi ada 5 konsentrasi yakni manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen strategi dan manajemen SDM.

Stigma tentang Manajemen yang bikin greget

Ngomongin jurusan manajemen, banyak yang menilai jurusan itu jurusan pasaran karena hampir disemua kampus ada dan mahasiswanya banyak. Tidak salah juga sih, tetapi kan tidak semua outputnya sama, mereka yang berkualitas adalah yang mau menekuni prosesnya dengan serius. Kenapa sih aku kuliah di jurusan manajemen? Sebelumnya aku adalah seorang lulusan SMK jurusan pemasaran (manajemen bisnis) juga, dulu sebenarnya sudah bekerja di toko buku ternama di Indonesia, namun setelah sekian bulan akhirnya memutuskan kuliah. Bukan keluar kerja juga, karena saat itu posisi juga diajak seorang supervisor untuk membantu 3 pamerannya, jadi tidak ada beban juga kontrak kerja. Jadi yang terpenting, belajar di jurusan manajemen itu harus multitalent. Diperusahan besar kini tim manajemen dikelola dengan fun, tidak melulu berjas rapi dan celana berbahan kain. Menurutku saat ini pasar human resource sudah banyak, hanya saja kita pintar-pintar untuk lebih baik dari yang lain.

Mata Kuliah di Manajemen UPN Veteran Yogyakarta yang Favorit saat Kuliah

Kalau kamu belajar di jurusan manajemen itu paling tidak berkaitan dengan lima konsentrasi diatas. Kalau di UPN ‘Veteran’ Yogyakarta ada beberapa makul yang aku suka. Misalnya Inovasi UMKM karena mempresentasikan tentang inovasi UMKM masa kini, jujur hal-hal seperti itu membuka cakrawala wawasan kita terkait bisnis. Kemudian komunikasi Bisnis, setiap hari presentasi dan nilai berasal dari keaktifan mahasiswa, jadi setiap makul usai, dosen menampilakan rekapitulasi nilai, bahkan sebelum UAS dikerjakan pun bisa memprediksi kita akan dapat nilai apa. Metode belajar seperti itu seru sih, dituntut aktif tapi dikelas juga tidak ada yang passif banget.

Konsentrasi di Jurusan Manajemen UPN Veteran Yogyakarta

Di jurusan manajemen, kita bakalan belajar dari awal banget, mulai pengertian hingga hal-hal teknis terkait ilmu manajemen. Di manajemen dibagi beberapa konsentrasi, seperti:

  1. Manajemen Pemasaran

Di konsentrasi ini kamu bakalan belajar tentang ilmu-ilmu pemasaran secara komprehensif. Seperti cara memasarkan produk, memahami konsumen hingga inovasi-inovasi terkait pemasaran masa kini. Jadi, digital marketing itu ada ilmunya ya, bukan sebatas upload-like di sosial media doang guys.

2. Manajemen Operasional

Kebetulan aku berada di konsentrasi ini, manajemen operasional mempelajari tentang rantai pasok dari bahan baku hingga distributor, kemudian mencari titik efisiensi dan efektif dalam pengelolaan manajemen. Bagiku asik sih, karena di skripsiku mengambil industri kreatif dan manajemen operasional salah satu sub manajemen yang hanya dipandang sebelah mata, padahal tak kalah penting juga.

Expo-PTN

3. Manajemen Strategi

Konsentrasi yang ini mempelajari terakait kebijakan manajemen, seperti keorganisasian yang ideal itu seperti apa, kebijakan yang baik untuk perusahaan itu yang seperti apa, hingga permasalahan usaha dengan lingkup lainnya, seperti merespon kebijakan pemerintah di bidang ekonomi agar perusahaan tetap aman, maka diperlukan keputusan strategis secara cepat dan tepat.

4. Manajemen SDM

Konsentrasi ini mempelajari tentang human resource, dari kebijakan, recruitment hingga permasalahan terkait sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan. Biasanya kita menyebutnya sebagai HRD, lulusan inilah yang kedepan yang mungkin akan mewawancaraimu, mengujimu hingga memahamimu jika bekerja diperusahaan.

5. Manajemen Keuangan

Sebuah konsentrasi yang mempelajari ilmu keuangan dalam bisnis. Mencatat jurnal harian, menghitung omset dan laba rugi, membuat mekanisme keuangan perusahaan yang baik hingga membuat strategi rekomendasi perusahaan dalam konteks keuangan. Di konsentrasi ini sebenarnya matematika bukan jaminan utama, yang terpenting kemauan untuk cermat, teliti, cepat, tepat dan akurat.

Namun, setelah menjadi universitas negeri, konsentrasi-konsentrasi tersebut tidak bisa dipilih lagi, melainkan menjadi wajib. Jadi, efeknya ya jumlah sks bisa banyak, bahkan bisa 7 sks satu konsentrasi. Seru kan?

Aktif diluar Kampus itu Strategiku

Tips buat maba, dulu waktu menjadi maba aku sempat aktif dikampus dengan bergabung di unit kegiatan mahasiswa marching band UPN “veteran” Yogyakarta selama setahun. Setelah itu, aku memilih dua opsi, aktif dikampus atau aktif diluar kampus. Saat itu memilih aktif diluar kampus, karena menilai tantangannya lebih luas. Dulu aku pertama kali ikut komunitas dan organisasi diluar kampus, jadi Kepala Departemen di Ikatan Mahasiswa Kabupaten Bantul, menjadi relawan dibeberapa LSM, kini menjadi pengurus LSM juga hingga aktif di dunia event di Yogyakarta.

Nah, aku mau sharing terkait dunia event di Yogyakarta. Selama kuliah setidaknya berhasil bantu-banti di 18 event besar di Yogyakarta, seperti Ngayogjazz, Festival Kebudayaan Yogyakarta, Roar Gama dan lain sebagainya. Dulu pertama kali ikut ya mendaftar menjadi volunteer dulu, berproses lama kini jadi staff dengan fee yang lumayan buat bisa beli sepeda baru. Bayangin dong, dulu cuma niat nambah relasi dan pengalaman, kini bisa nambah uang jajan. Kalau ikut volunteeran jangan melihat uang, kalau orientasi uang mending kerja part-time aja, jelas.

Melalui @intipkuliah ini, aku berkenan untuk sharing berbagi tips untuk belajar di dunia event, suka dukanya hingga pengalaman yang super duper berharga. Jika kamu tidak suka dunia event, dan tertarik organisasi aku juga punya sedikit cerita, seperti ketika menjadi youth representative dari Yogyakarta, dimana pada tahun 2016, UNDP Indonesia memilih 20an anak muda untuk di undang selama 3 hari 4 malam untuk membicarakan terkait isu pembangunan berkelanjutan versi anak muda. Tentu, semua tidak instan dan butuh proses yang cukup telaten seperti menambah jaringan dan wawasan kita.

Prospek Kerja Manajemen UPN Veteran Yogyakarta

Kalau saya kebetulan terjun di bidang Industri kreatif, mencoba menekuni usaha dibidang tersebut. Beberapa temen-temen saya pun, juga langsung banyak diperusahaan kok, ada di perbankan, penerbit buku hingga sektor pemerintahan. Posisinya ada yang staff bahkan langsung manajer. Artinya belajar di jurusan manajemen itu luas, bisa kerja di perusahaan orang maupun berwirausaha, toh juga udah dapat ilmunya kan.

Rencana dan Harapan

Setelah lulus sebenarnya pingin bekerja ke Jakarta, tapi setelah melihat tantangan seperi Covid-19 kini lebih tertantang menjadi pengusaha. Dilain sisi juga mengembangkan hobi lain di bidang event dan ada juga sih untuk lanjut S2 Magister Manajemen di Universitas Negeri di Yogyakarta. Pokoknya buat kamu, yang sedang atau akan kuliah, semangat untuk menekuni dirimu sendiri. Pilih jurusannya, niati dan nikmati setiap prosesnya. Ohya, kalau kamu tertarik berdiskusi terkait sosial-politik bisa follow aku di twitter juga ya @lukyantoryo.

Kode Konten: X151

Komen dibawah! 8

  1. Review & Pengalaman di Manajemen Aset Polban (Fathimah)

    […] Manajemen UPN Veteran Yogyakarta (Luki) […]

  2. Pengalaman Kuliah di Manajemen Memasaran Univ. Telkom

    […] Manajemen UPN Veteran Yogyakarta (Luki) […]

  3. Yustina Indriyani

    Kak ijin bertanya. Saya ingin mengambil jurusan manajemen, tapi saya lemah di pelajaran matematika. Saya takut gak bisa survive nantinya. Apakah saya harus pindah haluan ke jurusan lain aja? Soalnya saya dengar di manajemen banyak hitungannya. Mohon jawabannya ya kak. Terima kasih.

    • lukyantoryo

      Hallo Yustina Indriyani. Nanti di menejemen keuangan kamu belajar aja, pokoknya kuliah menejemen itu belajar logika dengan efisien dan efektif.
      Kuliah itu belajar, jadi jangan takut belajar.

  4. ridhwaan

    halo kak! kebetulan rencanaya aku tahun depan mau kuliah di daerah jogja. cara biar bisa ikut organisasi di luar kampus kaya kakak gimana ya? lalu, apakah kita dapat mengikuti organisasi di luar kampus tanpa punya pengalaman organisasi sebelumnya? terima kasih kak 🙌🏻

    • lukyantoryo

      Hai ridhwaan, cara mudahnya adalah cari informasi yang menarik kamu.
      Pelajari organisasi itu, jika udah yakin daftar aja. Dinamika akan memberikan pelajaran yang berharga. Jangan fokus didalem kampus terus, bakalan nyesel. Dunia itu luas, jadi jelajahilah semasa kuliah nanti. Jika ingin tanya² lebih lanjut bisa follow ig ku ya tks

  5. retno tri wulandari

    assalamualaikum kak saya mau tanya, kebetulan dari awal sma saya udah mantep bgt mau ambil manajemen, tp skrg ketika udah mendekati utbk mikir” lagi kak soalnya banyak yg bilang kl di manajemen itu bahasa inggrisnya banyak ya, pdhl saya di mapel itu sangat kurang, kira” menurut kakak dgn opini manajemen banyak b.inggrisnya itu benar atau salah ya kak. terimakasih kak, semoga dijawab

  6. Deviana

    assalamualaikum kak.. Ijin bertanya.. Aku itu anak ipa dan sekarang mau ambil snmptnn.. Dan pgnnya, aku mau ngambil linjur di manajemen upn veteran jogja, menurut kakak gimana untuk peluangnya..?
    Terimaksih… Semga kakak berkenan menjawab

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *