Manajemen

Manajemen UPN Veteran Yogyakarta (Via)

Manajemen UPN Veteran Yogyakarta (Via)

Halo sobat intipers! Via Putri Alviani jurusan Manajemen UPN Veteran Yogyakarta angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Manajemen UPN Veteran Yogyakarta itu seperti apa?

Sebenernya jurusan manajemen di UPN Veteran Yogyakarta itu jurusannya umum, menurut saya ketika saya menjalani delapan semester di UPN Veteran Yogyakarta ini merupakan jurusan yang general dimana semua orang itu bisa, karena disini itu sangat general sekali seperti pengelolaan sumber daya manusia, dari segi operasional, input maupun output.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kemudian kita juga memikirkan keputusan yang banyak pilihannya, yang dinamakan keputusan strategis. Bentuk operasional perusahaan dari segala lingkup yang ada.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Manajemen UPN Veteran Yogyakarta?

Sebelumnya sedikit cerita, jadi saya masuk di jurusan manajemen ini pada jalur SNMPTN, pada waktu itu di SMA saya dipilih 75% terbaik dan Alhamdulillaah saya masuk, kemudian saya memilih jurusan Manajemen UPN Veteran Yogyakarta itu sebenernya saya cari aman karena ada beberapa universitas di Yogyakarta sangat sulit untuk dimasuki. Kemudian di jurusan ini juga ada beberapa kakak tingkat saya yang ternyata memilih jurusan Manajemen UPN Veteran Yogyakarta itu keterima dengan kuota yang banyak.

Setelah saya menjalani perkuliahan ternyata sesuai dengan skill saya, sebenernya di Manajemen UPN Veteran Yogyakarta ini ada beberapa hal yang mungkin nantinya akan di pelajari, salah satunya mengenai human resources, ketika kita memandang orang lain dan mempelajari seluk beluk pengelolaan dari sumber daya manusia kita mempelajari hal tersebut. Kemudian juga dari segi keuangan, ketelitian, dan itu sangat mengasah ketelitian saya, jadi menurut saya selain dari saya ‘hanya ikut-ikutan kakak tingkat saya’ saya sekarang menyadari bahwa saya punya passion di jurusan ini.

schooters

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Manajemen UPN Veteran Yogyakarta itu tidak berbeda di jurusan lain. Ada beberapa mata kuliah yang sangat di khususkan dan prasyarat untuk melanjutkan mata kuliah lain. Mata kuliah khas jurusan Manajemen UPN Veteran Yogyakarta yaitu membuat marketing plan. Biasanya pada mata kuliah manajemen pemasaran. Kita diajarkan untuk mempertimbangkan beberapa aspek dari manajemen marketing untuk membuat marketing plan. Empat p kalau di manajemen itu, p yang pertama people, place, pemasaran. Nah disitu sangat dipelajari.

Di marketing plan juga kita mempelajari STP (segmentation, targeting, dan position). Segmntation mempelajari pengklasifikasian beberapa orang di suatu perusahaan, dan menggunakan segmentation untuk mengetahui beberapa targeting yang nantinya akan kita tuju di suatu perusahaan tersebut. Kemudian targeting itu semacam anaknya dari segmentation, targeting lebih mengerucutkan segmentation. Kemudian positioning, ketika kita memberikan ciri khas kepada suatu konsumen, contohnya aqua padahal kan itu namanya air mineral dalam botol. 

Jadi ketika kita membuat marketing plan, kita sangat mempertimbangkan STP, empat P untuk suatu pengelolaan dan suatu targeting ketika kita menyusun suatu strategi untuk menarik suatu pangsa pasar tersebut. Ada juga mata kuliah kewirausahaan, setelah kita membuat marketing plan, kita membuat suatu kewirausahaan dan mencakup bisnis plan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk di Manajemen UPN Veteran Yogyakarta ini tidak jauh dari universitas lain, ada lima konsentrasi. Pertama ada manajemen pemasaran, mungkin orang awam melihat manajemen pemasaran sebagai marketing, sales, tujuannya agar produk kita diminati oleh konsumen, jadi belajar komunikasi. Kemudian yang kedua konsentrasi sumber daya manusia atau human resources manajemen, disini belajar mengelola sumber daya manusia contohnya ketika kita mendaftar di perusahaan itu yang pertama kali HRD liat itu kan screening cv, itu salah satu teori yang ada di manajemen sumber daya manusia, kemudian menseleksi karyawan, mengklasifikasikan karyawan tersebut berdasarkan indikator yang diinginkan oleh perusahaan, kita klasifikasikan kedalam beberapa departemen atau divisi, setelah pengklasifikasian, kita melakukan penilaian selama beberapa periode yang sudah ditentukan oleh perusahaan, setelah itu kita melakukan hukuman pada beberapa karyawan yang melanggar SOP perusahaan. 

Kemudian ada dari segi manajemen operasional, kita mempelajari menginput barang kemudian kita mempertimbangkan beberapa bahan-bahannya, melakukan pertimbangan dari segi pemeliharaan, suatu peralatan yang akan kita gunakan. Kalau di manajemen keuangan tidak jauh-jauh dari neraca laba rugi, alur kas, tidak jauh-jauh dari jurusan akuntansi. Terakhir manajemen strategi mencakup dari empat konsentrasi tadi, kemudian kita buat suatu keputusan dari adanya pertimbangan-pertimbangan tersebut.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk itu ada SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Untuk informasi lebih lanjutnya, bisa dilihat di website upnyk.ac.id. 

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen UPN Veteran Yogyakarta?

Saya mungkin mengkritisi beberapa mahasiswa yang akan masuk di jenjang perkuliahan, menurut saya untuk masa-masa ini kan lagi boomingnya akan memasuki perkuliahan di jalur SBMPTN, pesan saya lebih pintar cari peluang dan cari jurusan yang sesuai dengan passion. Kedua tips untuk mahasiswa Manajemen UPN Veteran Yogyakarta rajin-rajinlah mengikuti organisasi untuk dapet pengalaman, bisa ikut exchange, volunteer, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu, tapi juga harus bermanfaat.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerja jurusan apabila kita lihat dari beberapa konsentrasi yang dipelajari di juruan manejemen itu kan ada yang namanya konsentrasi finance, kita bisa jadi konsultan keuangan, pegawai bank, ada beberapa kakak tingkat saya mereka sudah bekerja di bank yaitu BCA pusat, BCA cabang Yogyakarta, itu melalui BUMN sendiri. Prospek kerja dari kakak tingkat saya tidak semua sesuai dengan konsentrasi yang mereka pilih. Kemudian kita bisa jadi HRD, recruiter. Kemudian ada kakak tingkat saya yang bekerja sebagai manajemen training.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan dan rencana saya setelah lulus, saya ingin mencari peluang di bidang digital marketing karena mungkin beberapa universitas setau saya belum ada yang membuka jurusan digital marketing, jadi setelah lulus saya ingin mempelajari copywriting, karena kebutuhan dari suatu pekerjaan itu disesuaikan dengan keadaan. Kdua saya plannya mencoba di beberapa manajemen training, di beberapa perusahaan. 

Kode konten: C400

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *