Bisnis

Bukan Hanya Untuk Hiburan, Ini 3 Manfaat Tiktok Lainnya

Bukan Hanya Untuk Hiburan, Ini 3 Manfaat Tiktok Lainnya

Bukan Hanya Untuk Hiburan, Ini Manfaat Tiktok Lainnya

manfaat tiktok

Halo Intipers! Siapa yang sudah tidak asing dengan aplikasi tiktok? Yap, sekarang sudah banyak sekali aplikasi sosial media yang bisa kita gunakan. Fungsinya pun beragam, dan tentunya sesuai dengan penggunaannya.

Begitu pula dengan aplikasi tiktok yang dikenal sebagai aplikasi hiburan ternyata punya banyak manfaat lainnya loh! Yuk kita intip 3 manfaat tiktok lainnya!

Deskripsi Singkat Aplikasi Tiktok

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Aplikasi Tiktok adalah aplikasi yang fokus pada penyebaran video pendek dengan durasi 15 detik hingga 3 menit yang berukuran vertikal. Cara memainkannya pun mudah saja, tinggal men-scroll layar ke atas dan ke bawah. Untuk membuat video atau kontennya bisa langsung memencet tanda panah pada bagian bawah tengah aplikasi. Fitur yang diberikan oleh Aplikasi Tiktok di antaranya ada untuk belanja, direct message, dan video streaming.

Manfaat Tiktok

1. Meningkatkan Kreativitas

Saat Intipers scrolling Tiktok, banyak sekali trend yang bermunculan. Konten-konten yang dibuat pun beragam. Jenisnya bisa hiburan atau edukasi. Bisa Intipers balut konten-konten dengan mengikuti trend yang membuat viral. Tentunya untuk membuat konten yang berkualitas Intipers memerlukan kreativitas yang tinggi. Maka dari itu, Tiktok bisa menjadi tempat inspirasi konten untuk meningkatkan kreativitas.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

2. Menjangkau Banyak Audience

Aplikasi Tiktok terkenal dengan “For Your Page” atau FYP-nya. Jika di Instagram biasanya kita mengenal dengan istilah Feed yang berisikan foto-foto serta caption, atau sekarang sudah ada fitur reels yang muncul juga di feed, nah di tiktok kita mengenalnya dengan sebutan FYP atau For Your Page. Berbeda dengan instagram yang kebanyakan muncul dalam feed adalah akun-akun yang kita follow, FYP tiktok muncul seperti explore Instagram yang random. Masuk ke FYP siapa saja, membuat konten tiktok menjangkau banyak audience, sehingga membuat lebih cepat viral atau dikenal oleh banyak orang.

Kekuatan menjangkau banyak audience ini tentu sangat membantu bagi banyak orang. Terutama untuk edukasi, jadi menyebar lebih cepat pembelajaran yang mengasyikkan melalui tiktok. Dengan scroll tiktok, kita bisa mengetahui hal-hal yang mungkin tidak dipelajari di sekolah atau bangku kuliah.

Atau untuk marketing bisnis, sangat membantu bukan jika kontennya dijangkau oleh banyak audience? target pasarnya bertambah, akan banyak orang yang penasaran dengan bisnis yang lewat di FYP melalui salah satu kontennya.

3.  Tiktok Untuk Bisnis

Selain untuk hiburan dan edukasi, tiktok sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis loh! Bagi Intipers yang sudah memiliki bisnis harus mencoba memanfaatkan fitur-fitur tiktok untuk menaikkan bisnisnya. Berikut Intipkuliah bagikan manfaat tiktok bagi bisnis:

a.  menambah engagement

Salah satu manfaat tiktok untuk bisnis yaitu menambah engagement yang berpotensi amat besar. Engagement adalah tanggapan dari pelanggan terhadap konten yang dipost. Ketika konten kita mendapat engagement yang besar, brand bisnis yang kita libatkan pun bisa menambah peningkatan penjualan atau setidaknya orang-orang mengetahui bisnis yang kita punya.

Dengan adanya tiktok, kita bisa membuat konten yang menarik sehingga bisa masuk ke dalam FYP orang-orang dengan cara mereka akan like, bahkan komen, dan share dengan temannya. Dari kegiatan tersebut, konten yang dibuat akan terus naik, terus muncul dalam FYP orang-orang. Sehingga yang sebelumnya tidak tahu bisnis kita, bisa menjadi tahu. Yang penasaran dengan apa yang kita jual pun akan membeli produk bisnis kita.

Yang perlu diketahui adalah pengguna tiktok bisa menghabiskan waktu sekitar 52 menit per hari loh, informasi ini dikutip dari Ignite Visibility. Jadi memiliki potensi mereka dapat melihat konten kita. Nah, jadi manfaatkan konten tiktok untuk meningkatkan brand kalian ya!

b. Menyediakan Iklan

Selain meningkatkan engagement, tiktok menyediakan iklan yang tentunya sangat bermanfaat bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan. Tiktok memiliki beberapa pilihan untuk melakukan iklan. Di antaranya adalah: Top View Ads, In-Feed Ads, Brand TakeOver Ads, Branded Effect, dan Branded Hastag Challenge.  Untuk penjelasan masing-masing, Intipers bisa cek di sini.

Iklan yang disediakan oleh Tiktok juga terjangkau harganya, sehingga Intipers yang ingin mencoba untuk brandnya bisa mencoba dengan menyesuaikan budget masing-masing.

Nah, sejauh ini apakah Intipers sudah tertarik untuk membuat konten berkualitas di tiktok?

Baca juga: Ide Bisnis Mahasiswa Dengan Modal Kecil

 

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.