Bahasa Jerman, Universitas Padjadjaran

Mata Kuliah Menarik di Sastra Jerman Unpad

Mata Kuliah Menarik di Sastra Jerman Unpad

Bismillahhirrahmanirrahim..

Hallo alle Freunde, wie geht’s ? Semoga kita hari ini dan yang akan datang selalu diiringi kesehatan dan spirit belajar yang diberkahi. Kembali lagi di tulisan aku, Indri Anisamitri Mahasiswi Sastra Jerman UNPAD. Sebelum aku bebagi informasi kepada temen-temen semua mengenai pengalaman perkuliahan aku sejauh ini, aku ingin mengajak temen-temen yang membaca tulisan ini untuk sejenak mengingat perjalanan diri hari ini, selalulah bersyukur ya gaeess…

Baiklah, sekarang sesi sharing kita mulai tentunya masih berkaitan dengan tulisan sebelumnya. Pada tulisan yang lalu, aku telah bahas seperti gimana sih bahasa Jerman itu? Sulit  nggak sih belajar bahasa Jerman? Apa sih perbedaan bahasa Jerman dengan bahasa lainnya? Dan kenapa kita perlu kenal dan paham bahasa asing terutama bahasa Jerman ? Serta ada beberapa keunikan bahasa Jerman yang aku sebutkan, kemudian berbicara tentang mata kuliah serta pemahaman dan wawasan apa saja yang akan diberikan pada mahasiswa Sastra Jerman. Nah, untuk mengobati rasa penasaran tementemen semua tentang bahasa dan budaya Jerman, temen-temen bisa lihat di tulisan aku sebelumnya.

Sekarang aku akan bahas mengenai mata kuliah yang paling menarik seputar jurusan Sastra Jerman di kampus UNPAD tercinta, sejauh pengalaman saya sendiri dan beberapa orang temen seangkatan lainnya. Saat ini dapat dikatakan aku dan temen-temen ku telah berada di pertengahan jalan untuk menggapai gelar S.Hum (Amin ya Rabbal’alamiinn), rata-rata dari kita semua terkhususnya aku sendiri tertarik dengan mata kuliah Deutsche Litraturgeschichte, karenasistem pengajaran yang diterapakan dosennya yang sangat manarik dan berbeda dengan sistem pengajaran kuliah pada umumnya, di mata kuliah ini kita diajak kembali mengingat dan merasakan permainan masa-masa kecil kita, alias belajar dan menggali pemahaman sambil bermain, contohnya dengan puzzle games, rollen Spiel, Standbild, Storry telling dengan boneka tangan, dan masih banyak lainnya. Selain itu, memang pada mata kuliah ini kita akan fokus pada pembabakan zaman kesusastraan yang dilalui Jerman, tentunya tak lepas dari bahasan politik dan pemerintahan, Zeitgeist (semangat zaman), tokoh yang paling berpengaruh, serta karya terbesar atau peristiwa penting yang dialami setiap zamannya, mulai dari zaman Klasik Yunani-Romawi hingga saat ini. contohnya sebelum Perang Dunia II terdapat periodisasi sederhana yang membagi sejarah perkembangan kesusastraan Jerman menjadi beberapa antara lain sebagai berikut.

  1. Dari awal perhitungan tahun Masehi sampai zaman Carolus Magnus (karl der Grosse) alias Karel yang Agung (768-814), yaitu zaman  saga (cerita rakyat atau hikayat) kepahlawanan kuno.
  2. Dari zaman Kari der Grosse sampai awal abad ke-12 (800-1100). Pada masa ini, kesusasteran Jerman berada di tangan kaum gereja (Geistlichedichtung).
  3. Puncak Perkembangan Kesusasteraan Jerman (1100-1300). Ke­susasteraan terutama dikembangkan oleh kalangan bangsawan, yaitu kasta ksatria (Ritter), yang disebut Ritterlichedichtung.
  4. Pengembangan kesusasteraan berada di tangan rakyat dan kasta pekerja tangan, Burgalichedichtung (1300-1500).
  5. Kesusasteraan di Zaman R.eformasi (1500-1624). Martin Luther menerjemahkan Injil ke dalam bahasa Jerman.
  6. Kesusasteraan berada di tangan golongan sarjana, meniru” (Zeit der Nachahmung) (1624-1748).
  7. Puncak kedua perkembangan kesusastraan Jerman (1748-1871).
  8. Kesusasteraan Jerman dari 1871 sampai 1914.

Jadi, itulah sedikit cuplikan pembahasan secara singkat mengenai mata kuliah Deutsche literaturgeschichte di Sastra Jerman di kampus aku, mungkin tidak semua orang menyukai belajar dan memahami sejarah apalagi tentang sejarah negara lain atau sebagian orang juga sulit mengingat masa lalu dan terlalu membosankan atau bahkan menyakitkan, tapi percayalah jika dipelajari dan dipahami melalui cara-cara yang berbeda dan unik serta disampaikan dengan menarik alias sesuai passion dosen dan mahasiswanya, maka semua akan terasa indah dan terasa ada sensasi yang berbeda saat mempelajarinya. Untuk tulisan kali ini cukup sekian dulu, pembahasan lebih lanjut akan disampaikan pada tulisan selanjutnya, baik perihal prospek pekerjaan apa yang bisa diambil ketika sah lulus menjadi seorang S.Hum, terutama jurusan Sastra Jerman atau mengulik tentang sistem belajar mengajar di jurusan Sastra Jerman, ataupun informasi-informasi menarik seputar Jerman dari aspek kehidupan yang lain, baik yang lalu atau pun yang terbaru. Yang terpenting jangan lupa tetap intip tulisan aku dan temen-temen aku dari jurusan dan Univ. Lainnya hanya di intip kuliah dan dapatkan informasi menarik berikutnya.

 

Kode Konten : KL026

Komen dibawah! 1

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *