Tips

MATA KULIAH MAGANG DI KAMPUS

MATA KULIAH MAGANG DI KAMPUS

MATA KULIAH MAGANG DI KAMPUS PERGURUAN TINGGI.

Hi sobat intipers! Mimin pengen nyapa dulu untuk sobat intipers yang sudah berada pada semester 4 – 6 ya. Bagi sobat yang sudah berada pada semester 4- 6 umumnya akan mendapatkan mata kuliah magang di kampus. Setiap prodi memiliki tempat atau instansi yang akan dituju untuk mendapatkan perizinan magang atau praktik kerja lapangan di tempat tersebut. Nah, mengapa magang itu penting? Karena dari hasil belajar yang sudah ditekuni pada perkuliahan, sobat akan terjun langsung untuk mengaplikasikan seluruh ilmu di tempat dimana sobat magang. Mata kuliah magang di kampus memiliki sks yang lebih banyak dan akan mempengaruhi IPK sobat intipers nanti. Karena, program magang yang sudah di tetapkan di kampus, juga bisa sebagai mitra antara mahasiswa perguruan tinggi dan instansi yang sudah bekerjasama.

Magang Kuliah Yang Diwajibkan Kampus.

Ada beberapa ketentuan yang sudah menjadi keputusan oleh pihak kampus bahwa ada beberapa mata kuliah wajib yang harus di patuhi oleh seluruh mahasiswa. Dengan bekerja magang, Kamu akan mengembangkan keterampilan berharga yang tidak akan Kamu dapatkan hanya dengan mengikuti kelas di sekolah. Di kelas perkuliahan, Sobat mengambil peran bagian dalam diskusi, debat, interaksi teman sebaya, dan berbagi pengalaman belajar. Namun, dalam pengaturan magang kamu akan belajar untuk bekerja dengan baik dengan orang lain dalam lingkungan profesional, mengelola situasi kerja yang sulit, memecahkan masalah di antara individu ataupun kelompok, dan akuntansi kehidupan nyata. Ini hanyalah beberapa dari banyak hal yang akan kamu pelajari, yang akan berguna setelah kamu memasuki dunia kerja!

Berpartisipasi dalam magang perguruan tinggi akan memungkinkan kamu  untuk mengembangkan etiket bisnis yang tepat, pengetahuan tentang kolaborasi di tempat kerja, keterampilan komunikasi yang kuat, dan banyak lagi. Ini semua penting untuk karir apa pun yang kamu  putuskan untuk dikejar setelah lulus. Inilah alasan mengapa setiap perguruan tinggi akan mewajibkan seluruh mahasiswa nya untuk mengikuti mata kuliah magang di kampus. Menurut pengetahuan mimin, ada beberapa jurusan yang memang tidak mewajibkan mahasiswanya untuk magang, namun dengan pengganti tugas tertentu seperti penelitian muda, jurnal, atau menjadi student staff di kampusnya.

Macam-Macam Magang Kuliah Di Kampus.

Kemungkinan besar, mahasiswa akan menemui mata kuliah magang di kampus beberapa kali selama masa studinya sesuai aturan yang berlaku pada setiap jurusan. Pengalaman mimin, sebagai mahasiswa jurusan pendidikan kala itu mimin mendapatkan mata kuliah magang di kampus selama 3 kali selama masa studi. Yang pertama adalah magang untuk manajemen sekolah dengan tujuan mengenal dan memahami sistem alur manajemen kerja pada sekolah. Lalu mimin mendapatkan magang tentang program bimbingan dan konseling di suatu sekolah, yang bertujuan untuk mempelajari dan mengobservasi berjalannya program bimbingan dan konseling di sekolah. Terakhir, magang implementasi adalah  bertindak sebagai guru yang memberikan seluruh layanan bimbingan dan konseling di sekolah itu. Oleh karena itu, mimin akan bagi macam-macam magang di kampus, sepengatahuan mimin sebagai berikut:

 

intipkuliah-web1

Magang Kampus atau Mata Kuliah Magang

Program ini diberikan oleh hasil rapat dosen beserta dengan para petinggi kampus lainnya agar program magang di kampus berjalan dengan optimal dan dapat dilakukan oleh sluruh mahasiswa. Sebagai contoh, mahasiswa jurusan pendidikan lingkup magangnya adalah di sekolah, mahasiswa jurusan teknik mungkin akan magang di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang mekanik dan teknologi, dan mahasiswa jurusan psikologi yang lingkup magangnya di yayasan atau Lembaga psikologi.

 

Magang Mandiri

Yang dimaksud magang mandiri adalah, sobat akan diberi wewenang untuk melaksanakan program magang yang tidak wajib. Biasanya, proposal dan program kerja akan dibuat sendiri oleh mahasiswa. Dan perusahaan tempat sobat magang, akan mengkonfirmasi apakah dapat menerima mahasiswa magang ataupun sedang tidak membutuhkan tenaga magang. Hal ini tidak memberatkan kedua pihak (kampus dan perusahaan) karena magang mandiri bukanlah mata kuliah wajib. Namun, akan ada nilai tambahan dan sobat akan mendaptkan rekomendasi kerja dari pimpinan tempat sobat magang.

 

Magang Kementrian Pendidikan

Baru-baru ini kementrian pendidikan berkerja sama dengan perguruan tinggi di seluruh Indonesia dalam program magang. Sebut saja program magang itu adalah Magang Kampus Merdeka. Magang Kampus Merdeka bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Sebenrnya program magang ini hampir mirip dengan magang wajib yang ditetapkan kampus. Salah satu perbedaannya adalah seluruh instansi akan memberikan kuota magang kepada para mahasiswa yang lolos seleksi pada setiap tahap tes program Magang Kampus Merdeka. Nantinya, perusahaan atau  Lembaga yang menerima mahasiswa untuk mendapatkan hak magang akan memberikan laporan penilaian kepada dosen pembimbing yang berisikan nilai atau skor yang mahasiswa dapatkan selama berperan sebagai mahasiswa magang di perusahaan atau lembaga itu.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.