Pendidikan Matematika

Mata kuliah magang pend. matematika ?

Assalamualaikum, teman

Aku sedang menempuh kuliah dijurusan pendidikan matematika, angkatan 2017. Bisa dikatakan maba beranjak tua, hehe

Di kampusku, tepatnya fakultas di kampusku, pada saat semester 3 sudah melakukan proses magang. Mungkin sedikit berbeda dari teman-temanku yang kuliah dari ptn/pts dengan fakultas yang sama. Difakultasku  proses magang terbagi menjadi tiga bagian yaitu, magang 1 bertujuan membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan
kompetensi akademik kependidikan, magang 2 membahas perangkat pembelajaran, dan magang 3 memberikan pengalaman awal untuk mengajar. Magang ini menjadi mata kuliah wajib dan bisa dijumpai ketika semester ganjil.

Pengalamanku selama magang  ini bisa melihat kondisi langsung selama proses pembelajaran berlangsung dari kacamata seorang pendidik. Seru ? Ya, setidaknya bisa mengobati rasa rindu suasana sekolah

Kita dapat berpikir sedini mungkin untuk mengatasi apabila kondisi kelas tidak sesuai yang diharapkan. Tindakan apa yang harus saya ambil ? Bagaimana cara mengolah kelas ? Bagaimana sikap kita terharap siswa yang nakal ?

Tapi, jika ditanya mana yang paing berkesan ?

Magang 1 paling berkesan. Kenapa ? Karena saat itu aku mengetahui rasanya ditolak. Ditolak 2-3kali mungkin masih normal. Namun, berbeda dengan kelompokku yang harus merasakan 7kali penolakan. Ya, 7kali penolakan disaat hari-hari kritis.

Oh ya, disini mahasiswa akan mencari sekolah mitra secara mandiri ketika magang 1 dan 2 berlangsung. Positifnya bisa menyesesuaikan jarak yang kita inginkan. Contohnya memilih sekolah mitra dengan jarak yang dekat dari rumah. Negatifnya, bisa saja merasakan penolakan seperti yang dialami oleh kelompokku.

Prosesnya itu kan hampir sama seperti kita melamar pekerjaan. Kita datang dengan pakaian udah rapih, bawa berkas (surat permohonan izin). Datang ke sekolah yang dituju – menghadap ke wakasek bidang kurikulum – menyatakan maksud dan tujuan – memberikan surat – mendengar jawaban diterima atau ditolak.

Tetapi dari kasus kelompokku tidak semuanya pihak sekolah menolak, ada beberapa sekolah yang kami hapus dari list karena belum memberikan kepastian apakah diperbolehkan atau tidak.

Hampir menyerah ? Iya. Gimana ga menyerah ? Lah, udah datengin dari pondok pinang – tangerang selatan, tak puterin belum ada yang kecantol dan pada saat itu udah di hari terakhir untuk mendapatkan sekolah mitra. Akan tetapi, selagi belum ada kata ”ya” tidak ada kata untuk berhenti

Ketika magang 2, ada rasa kesan tersendiri bisa bertemu dari mahasiswa berbagai macam jurusan dan kegiatan. Ada yg ppl, mahasiswa PPG dari universitas lain, dari yg muda hingga tua. Semuanya saling berbaur berbagi pengalaman.

Semoga pengalamanku bisa bermanfaat bagi kalian

Wassalamualaikum

Kode Konten: KL001

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *