Administrasi Negara

Mata Kuliah Mengesankan di Ilmu Administrasi Negara

Mata Kuliah Mengesankan di Ilmu Administrasi Negara

Hai,semua. Namaku Rosi Yana dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Aku saat ini memasuki semester 3 di program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Aku ingin bercerita tentang pengalaman belajarku di sini.
Sebenarnya aku ini lulusan SMK yang beda jurusan dengan program studi yang sekarang aku ambil. Dulu aku jurusan Akuntansi,sekarang jurusan Ilmu administrasi Negara. Aku pikir awalnya di program studi ini,aku akan mempelajari tentang keuangan seperti di akuntansi,akan ada hitung-hitungan. Tetapi,ternyata dugaanku salah. Di program studi ini aku tidak menemukan hal-hal yang mengharuskan aku berhitung. Justru di program studi ini aku lebih diharuskan menggunakan logika.
Aku benar-benar kecewa dan pernah merasa sepertinya aku ini salah ambil jurusan. Dari dulu aku suka berhitung dan memang berbakat dengan otak kiriku ini. Tetapi,sekarang aku diharuskan menggunakan otak kananku sesering mungkin. Terlebih lagi,dari dulu aku tidak suka hal-hal yang berbau politik. Menurutku, politik itu kejam dan buruk. Tapi nyatanya? Aku sekarang ini menjadi mahasiswa FISIP yang tiap hari membahas permasalahan politik.
Setelah aku menjalani semester awal,pandanganku mulai berubah tentang politik. Politik itu tidak buruk atau pun kejam, tetapi manusianya yang membuat pandangan politik ini menjadi buruk. Andai saja semua politikus itu memang berlaku jujur dan mengedepankan kepentingan rakyat maka tidak akan ada yang mengatakan politik itu buruk.
Manusia tanpa politik,apakah ada? Tentu saja,tidak. Politik ini yang mengatur semua masalah kehidupan manusia. Dari manusia itu lahir sampai manusia itu meninggal,semuanya pasti diatur oleh politik. Sejak manusia lahir ke bumi, mereka akan di data dengan akta kelahiran, mereka juga akan makan dan minum dari beberapa keputusan politik mengenai konsumsi suatu barang, standar pendidikan yang mengharuskan siswa untuk belajar minimal 12 tahun,semua itu adalah keputusan yang dibuat atas dasar politik. Jadi, manusia tanpa politik itu tidak ada.
Selain persoalan politik, di program studi Ilmu Administrasi Negara ini juga ada mata kuliah mengenai pelayanan publik,manajemen,kepemimpinan,hukum,dan mata kuliah umum lainnya. Seperti namanya yaitu Ilmu Administrasi Negara, program studi ini sudah pasti mengurus mengenai negara terlebih lagi tentang pelayanan publik. Apa itu pelayanan publik? Saat kamu datang ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil untuk mengurus KTP, lalu para pegawai dengan etika yang baik akan membantu kamu mengurus KTP dari perekaman,pengambilan KTP jadi dll. Apapun yang diperlihatkan di disdukcapil tersebut seperti pegawainya ramah atau tidak,mengurus KTP-nya lama atau tidak (berbulan-bulan) itu merupakan pelayanan publik. Kita semua di Indonesia ini pasti pernah merasakan bagaimana itu pelayanan publik.
Kenapa di Ilmu Adminsitrasi Negara ada mata kuliah hukum? Sekali lagi aku tekankan bahwa program studi ini mengurus semua hal tentang negara,baik itu ekonomi,hukum,pendidikan,budaya dan lain sebagainya. Ilmu administrasi negara ini bisa membuat kebijakan publik. Nah,kebijakan publik ini tentunya tidak boleh bertentangan dengan hukum. Makanya, mahasiswa administrasi negara ini juga harus mengenal hukum walaupun tidak sedalam mahasiswa yang berkuliah di program studi hukum.
Bagaimana Ilmu Administrasi Negara ini bisa berpengaruh pada bidang ekonomi? Di program studi ini memang bidangkan membuat kebijakan publik/peraturan publik. Permasalahan harga sembako naik, harga minyak naik, pajak motor meningkat, pajak barang mewah bertambah, pajak impor dan ekspor semakin naik,semua itu diatur dalam kebijakan publik.
Di Ilmu administrasi negara ini juga jarang ditemukan hitung-hitungan. Aku yang sudah semester 3 itu belum pernah mendapatkan tugas atau pun penjelasan mengenai hitung-hitungan. Untuk masalah skripsi, tidak perlu khawatir. Di program studi ini dalam membuat skripsi itu melalui pendekatan kualitatif,bukan kuantitatif yang mengharuskan mahasiswa mempelajari dan mengerti mengenai statistika. Cocok sekali kan buat kalian yang tidak menyukai hitung-hitungan? Jadi tidak perlu repot-repot mempelajari statistika yang sulit seperti itu.
Walaupun tidak ada hitung-hitungan, akan ada mata kuliah umum seperti bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia memang seharusnya ada karena kita kan hidup di negara Indonesia. Untuk bahasa Inggris, juga harus ada karena akan terpakai ilmunya di saat kita akan berada di semester akhir. Nanti akan ada tes TOEFL (tes bahasa Inggris) yang menjadi persyaratan sebagai kelulusan kita nanti kuliah. Setiap universitas memiliki syarat nilai yang berbeda-beda untuk kelulusan tes TOEFL ini.
Kalau menurut aku sih ya, mata kuliah yang sangat berkesan bagiku itu adalah mata kuliah hukum. Mengapa? Karena di mata kulaih ini aku tahu apa hal yang melanggar dan tidak harus dilakukan di negara ini dan hal yang wajib dilakukan di negara ini. Selain itu, dosen yang mengajar mata kuliah ini memang sangat baik pokoknya. Kalau diajarin beliau,aku tidak pernah mengantuk karena pembawaan beliau itu sangat wah sekali. Walaupun beliau sudah tua,tetapi semangat beliau itu seperti semangat muda yang berkobar-kobar. Kalau dijelaskan oleh beliau, pasti ngerti karena beliau itu menjelaskan dengan sangat detail dan bahkan tahu hal apa yang akan menjadi pertanyaan mahasiswa. Ditambah lagi nih ya, jika beliau memberikan pertanyaan dan mahasiswa menjawabnya dengan benar,akan ada bonus yang diberikan oleh beliau berupa pembebasan tugas. Tugas dari beliau biasanya hanya sedikit pertanyaan,ada 2 atau 3 pertanyaan,tetapi jawabannya benar-benar sangat panjang. Belum lagi,beliau mengharuskan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dengan tulis tangan di kertas polio dan harus dijilid rapi. Mengapa harus tulis tangan? Kata beliau, kalau diprint nanti akan ada yang copas dari internet makanya harus tulis tangan aja. Jadi,kalau bebas dari tugas yang dikasih beliau memang akan membawa kesenangan tersendiri deh.

Email : yrosii225@gmail.com
Ig : Rosiyana_22

 

Slide5

Kode Konten : KL009

Komen dibawah! 16

  1. riyandi

    Salam kenal mbak Rosiyana..

  2. Catrina

    Haloo kak salam kenal
    kak aku mau tanya nih kalau misalnya aku pas SMA ngambil jurusan IPA, lalu saat kuliah mengambil jurusan Administrasi Negara. Apakah bisa ya kak?

    • rosiyana

      Halo, Catrina. Tentu bisa dong. Gak jadi masalah kalau kamu ngambil jurusan administrasi negara walaupun dari IPA. Yang pasti kamu siapin diri buat tes masuknya ya. Tes sbmptn-nya umum kok. Semangat!!!

    • Ahmad said saputra

      Gamasalah ko,saya juga jurusan IPA dan skrng baru masuk sebagai maba di Universitas Nasional, Jakarta..Salam kenal juga buat ka rosiyana,apakah boleh saya minta no.kontak kk semata untuk mnjdi panutan dan banyak belajar dri kk🙏 kalo berkenan dan tidak mengganggu kirim no.wa kk ya ke IG saya @ahmdsa.id

      terimakasih

  3. Karisma

    Kak kalo misalnya aku di SMA ngambil jurusan IPB trus kalo aku kuliahnya ngambil jurusan administrasi negara boleh ga kk?

  4. Adinda hidayatul fitria

    Assalamualaikum kk boleh tau nama akun media sosial kakak
    Soal nya aku mau minta saran dari kakak
    Soal nya aku juga pengen masuk kuliah jurusan administrasi negara tapi gak ada orang yang support dan bimbing
    Aku pengen gitu dapat tutor soal nya blog kakak menginspirasi sekali

    • rosiyana

      Halo, Adinda. Salam kenal. Sebelumnya, aku ucapkan terima kasih karena sudah menyempatkan waktu untuk membaca tulisanku ini. Jangan sungkan untuk menghubungi aku via dm ig ya atas nama akun rosiyana_22.

  5. Dede Usman

    Terimakasih, telah berbagi ulasan untuk jadi mahasiswa jur administrasi publik,
    Mudah mudahan kita jadi orang yang bermanfaat untuk lebih banyak orang

  6. Osin oping

    Mengapa program study administrasi negara mewajibkan mahasiswa harus kuliah dengan masa kuliah ilmu hukum

  7. Ikmal

    Kak jika masuk ke jurusan ini apa kita perlu bisa mtk sama bahasa Inggris?

  8. aya

    kak kalo jurusan administrasi negara wajib bgt fasih bahasa inggrisnya,aku ada minat untuk masuk jurusan ini tapi ortuku ga ijinin buat masuk jurusan ini gimana ya cara yakinin ortku kalo jurusan ini jg bagus dan prospek kerjanya jg cukup meyakinkan mohon bantunya kak terimakasih

  9. Aditya Vebri Pratama

    Assalamualaikum kak mau tanya,, jurusan ilmu administrasi negara itu harus pintar di pelajaran apa yah? Terimakasih

  10. Shella Salsabilah

    Assalamu’alaikum. Halo mba rosi, salam kenal ya dan terimakasih atas ulasan mba kuliah di jurusan administrasi negara, ijin tanya, menurut mba rosi jika dibandingkan dengan jurusan ilmu hukum, mba prefer kemana? Karna jujur saat ini saya sdg bingung memilih jurusan, saat ini saya sudah bekerja mjd pegawai pemerintah di instansi kumham dan mau melanjutkan kuliah S1 tapi bingung antara administrasi negara dan ilmu hukum. Kalo boleh pencerahannya mba hehe, terima kasih 🙏

  11. della zalzabillah

    hai kak, jadi pelajaran keuangan tidak ada di jurusan administrasi negara kak? atau ada namun tidak begitu terpakai? mohon dijawab kak hihihi

  12. Syifa hafizhah

    Kak mau nanya kalo masuk adm.negara lewat snmptn itu mapel soshum apa yang harus diunggulin?? mksutnya itu untuk penilaian masuknya kira² lebih ke mapel apa?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *