Institut Teknologi Bandung, Matematika

Matematika ITB (Elsha)

Matematika ITB (Elsha)

Assalamualikum Teman-teman semua!! Salam kenal yaaa 🙂  Perkenalkan nama saya Elshafira Fatika Wanaputri. Saya merupakan mahasiswi dari jurusan Matematika ITB angkatan 2018. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman-teman semua berpetualang dalam pengalaman saya selama 4 semester di jurusan ini. Let’s Go!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja sih yang dipelajarin di jurusan Matematika ITB?

Kalian pasti berpikir matematika identik hubungannya dengan angka dan hitung-hitungan yang bikin kepala pusing kan? Hehehe ga sepenuhnya salah si, tapi selama aku menempuh pendidikan di jurusan ini yang kebanyakan aku pelajari adalah gimana kita buktiin suatu teorema dan gimana kita nerapin itu ke masalah di kehidupan sehari-hari. kalian jangan kaget ya ketika angka-angka yang kalian pikir bakal selalu hadir di jurusan ini bakal terganti sama alphabet bahkan simbol-simbol yang aneh. Oiya seperti yang aku bilang di awal kalau dijurusan ini dituntut buat bisa ngebuktiin suatu teorema. Kita diminta berpikir runtut untuk menyelesaikan hal tersebut. Bukti yang kita tulis harus dapat dimengerti juga oleh orang lain tidak hanya untuk diri kita saja. Bahkan yaa sewaktu semester 3 lalu soal ujiannya dari nomor 1-5 diawali oleh kata “Buktikan” wkwkwk seru ga tuh.

Mata kuliah sama tugas-tugas di Jurusan Matematika murni gimana ya?

Disetiap semester kita diberika mata kuliah yang wajib diambil. Mata kuliah ini sudah disusun oleh prodi hingga semester 8. Misal, di Matematika ITB semester 3 ada 4 matkul wajib yang harus diambil yaitu Simulasi dan Komputasi, Aljabar Linear Elementer, Dasar-dasar Matematika, dan Analisis data. selain matkul wajib yang memang harus diambil kita juga di perbolehkan untuk mengambil mata kuliah pilihan dalam prodi dan luar prodi.

Mata kuliah pilihan dalam prodi ini kita pilih sesuai dengan minat yang kita miliki, kalau untuk mata kuliah pilihan luar prodi kita diberikan kesempatan untuk mencoba mata kuliah di jurusan lain yang kita minati, seru kan?. Oiya ada juga mata kuliah wajib ITB yang wajib di ambil oleh setiap mahasiswanya. Mata kuliah ini terdiri dari Manajemen, Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan, dan lingkungan. Di semester 3 mata kuliahnya semua berkesan karena disemester ini lah untuk pertama kalinya saya menjalani kehidupan sebagai mahasiswa jurusan karena seperti yang kalian tahu kalau di ITB semester 1 dan 2 nya kita tidak langsung memilki jurusan melainkan kita harus belajar semuanya seperti saat SMA namun lebih expert.

schooters

Salah satu mata kuliah di semester 3 yang  saya rasa sangat membantu agar bukti yang kita tuliskan dapat dimengerti oleh orang lain adalah mata kuliah dasar-dasar matematika. Di Mata kuliah ini kita diajarkan secara runtut menuliskan pembuktian yang benar. Mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah favorit saya saat itu. Selain itu ada juga mata kuliah Simulasi dan Komputasi. kita diajarkan menyelasaikan suatu masalah dan memodelkannya melalui visual.

Contoh praktikum

Jangan dikira kalau jurusan yang praktikum hanya jurusan kimia dan fisika saja! Jurusan matematika juga loh. Salah satu mata kuliah yang mewajibkan praktikum adalah mata kuliah simulasi dan komputasi ini. Setiap minggu kami diberikan satu kali praktikum dan ya yang seperti kalian duga praktikumnya berupa ngoding dengan bahasa pemprograman Matlab. Kita dituntut untuk menyelesaikan suatu masalah lalu memvisualisasikannya agar lebih dimengerti oleh masyarakat umum. Seru deh pokoknya!. Dosen favorit saya adalah Pak Bara dan Pak Suhadi karena menurut saya mereka ketika mengajar benar-benar detail dan runtut sehingga mudah dimengerti.

Kelompok Keilmuan di jurusan Matematika ITB ada apa aja?

Matematika ITB merupakan jurusan dibawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bersama dengan jurusan lain yaitu Kimia, Fisika, Astronomi, dan yang baru saja dibuka yaitu Aktuaria.  Matematika ITB punya 5 kelompok keahlian nih yaitu ada aljabar, Analisis dan Geometri, Matematika Kombinatorika, Matematika industrial dan keuangan dan Statistika. Setiap kelompok keahlian memiliki fokus yang berbeda-beda.

Aljabar berfokus pada struktur, hubungan dan kuantitas mengenai ide-ide dasar aljabar yang mencakup bekerja dengan simbol, variabel dan elemen set. Analisis dan Geometri berfokus pada studi ruang matematika berdasarkan gagasan “kedekatan” atau yang lebih populer seperti teori kalkulus dan generalisasi. Matematika Kombinatorika merupakan kelompok keilmuan yang berfokus pada teori kombinatorik dan grafik serta implementasi untuk berbagai masalah terapan. Matematika Industrial dan keuangan fokus pada pemodelan matematika untuk memecahkan masalah nyata dan simulasi masalah yang  berasal dari matematika dan industri. Terakhir ada statistik yang berfokus pada data dan pengolahannya. Mempelajari cara mengumpulkan data lalu menganalisisnya serta menyajikan data dalam bahasa yang mudah dipahami dan menjadi informasi untuk banyak orang.

Tips-Tips Kuliah di Jurusan Matematika ITB

Ketika kamu memutuskan untuk benar-benar memilih jurusan ini kamu harus siap dalam segala rintangan yang akan dihadapi. Kamu tidak hanya dituntut untuk dapat menghitung karena sudah banyak alat bantu yang dengan hasil yang lebih cepat dan akurat. Lebih dari itu, kamu di tuntut  menyelesaikan suatu masalah lalu menerjemahkannya dari yang semula masih bahasa matematika menjadi bahasa yang dapat dipahami masyarakat umum. Pastikan lagi memang kemauan kamu bukan paksaan dari orang lain. Cobalah untuk memperbanyak membaca text book karena dari pengalaman saya kemampuan untuk membuktikan suatu teorema atau suatu masalah akan lebih mudah ketika kita terbiasa untuk membaca text book. Ketika ada waktu luang coba lah untuk sebisa mungkin mengerjakan soal-soal latihan karena dengan begitu kamu akan terbiasa. Tips yang paling penting adalah cari lah teman sebanyak mungkin apalagi di jurusan. Ketika kalian mengalami kesulitan jangan sungkan untuk bertanya.

Prospek kerjanya gimana ya?

pertanyaan ini pasti sering muncul dibenak kalian kan, ketika kita memilih suatu jurusan yang ingin kita tekuni disini kita juga sekaligus memutuskan bagaimana masa depan kita kelak. Banyak yang bilang kalau jurusan matematika murni kebanyakan bakal kerja sebagai pengajar atau dosen? waa ini bener-bener stigma yang salah besar gais. Prospek kerja buat jurusan ini tuh luas banget seluas ilmu matematika itu sendiri, seperti jasa keuangan, jasa asuransi, Informasi dan Komunikasi, bahkan ke Indsutri Pengolahan. Jadi kalian ga perlu takut dengan stigma kalau lulusan ilmu murni itu hanya bisa jadi pengajar.

Harapan dan Rencana setelah lulus?

Harapan saya ketika lulus adalah dapat bekerja di Kementrian Keuangan. Selain itu saya juga ingin melanjutkan studi saya ke jenjang yang lebih tinggi. Aamiin 🙂 , Saya kurang setuju ketika orang lain mengatakan bahwa perempuan tidak perlu berpendidikan tinggi karena ujung-ujungnya akan bekerja didapur dan mengurus anak. Bagi saya wanita tidak memiliki batasan untuk terus menuntut ilmu karena wanita yang cerdas dan pintar tentu mampu menempatkan dirinya dalam lingkungan apapun. Jadi saya juga ingin berpesan khususnya pada para perempuan di luar sana, Jangan takut untuk bermimpi dan meraih ilmu setinggi-tingginya percayalah ini adalah perbuatan yang sangat mulia 🙂

Kode konten: X248

 

Komen dibawah! 14

  1. Isya

    Keren banget, Kak! Jadi semakin semangat masuk Matematika ITB hehe

  2. widya

    keren kaaak! sukses terus yaa kedepannya. semoga aku bisa masuk matematika ITB jugaa kak taun depann aamiinn..

  3. Darmi Tereak Tereak

    Keren kak jadi semangat kuliah di ITB
    Semangat juga kaka

  4. Maria Tripina

    Bagaimana cara supaya diri Kita ini menyakinkan jurusan Kita kak?
    Apalagi pas tahap penyesuaian kuliah jurusan matematika.
    Susah banget rasanya kak.
    Masih awal aja udah ngeluh ngitu.
    Bagi tipsnya Dan motivasi kak buat mencintai jurusan Kita sendiri

    • elshafira

      Halo Maria salam kenal! Keyakinan itu datang dari hati masing” pribadi ketika kamu milih suatu hal dan bikin kamu tenang dan bahagia harusnya pilihan itu tepat buat kamu, tapi disetiap perjalanan dari pilihan yang kita buat tentu ga selalu berjalan mulus, justru disaat saat seperti itu keyakinan awal kita lah yang diperlukan. Selalu ingat alasan kamu milih pilihan yang sedang kamu jalanin sekarang. Jujur aku juga dulu pas masuk jurusan baru ngerasain matematika sesungguhnya itu gimana dan bener” beda sama yang aku pikirin dulu. Pas awal” semester aku ngerasa terbebani sama pilihan yang aku ambil yaitu kuliah dijurusan matematika. Tapi aku ingat lagi kenapa dulu aku milih pilihan ini dan seharusnya aku ga ngejadiin itu beban cukup kasih usaha terbaik kamu dan yakin kalo hasilnya sudah ada yang menentukan. Tugas kamu cmn ngejalaninnya sebaik mungkin maria. Kalo buat survive kamu harus cari lingkungan positif yang bisa ngebantu kamu karena jujur aku kebantu banget sama yang namanya kelompok belajar gitu. Intinya kamu harus bener” yakin sama pilihan kamu usahain km milih pilihan yang emang kamu sukain sehingga ngejalaninnya jadi lebih mudah sesusah apapun jurusan itu. Belajar mencintai jurusan sendiri dengan cara selalu mencari alasan kenapa kamu harus cinta sama jurusan ini. Hehehe kalo menurut aku cinta pasti ada alasannya dan aku mulai nemuin kenapa aku cinta sama jurusan aku ketika aku mengenal lebih dalam jurusan aku. Segala proses yang aku lakuin dijurusan aku juga bisa jadi salah satu cara buat nemuin alasan kenapa aku harus mencintai jurusan aku. Semangat Maria! You can do it! Jangan lupa bahagia yaa….

  5. Alif Iman

    Mantap ka, keren banget artikelnya.. Jadi nambah semangat buat masuk jurusan matematika… Makasih ka informasinya, tapi untuk masuk ke jurusan matematika itb susah ngga ka? Untuk saya yang dari smk, kira” bisa di terima ngga ya ka?

    • elshafira

      Waaa salam kenal Alif! Makasih banyak hehehe. Setau aku kalo SMK km bisa masuk melalui SBMPTN terus nanti kamu disemester dua baru milih jurusan, diurutkan apa pilihan 1 nya apa pilihan 2 nya hingga pilihan terakhir. Tentu kamu pengen masuk di pilihan 1 kan, nah kuncinya adalah sukses TPB nya jadi kamu bisa masuk di kuota pilihan pertama. Setau aku temen aku juga ada yg dari

  6. qottrun

    halo elsha, aku tertarik untuk belajar aljabar abstrak, tapi minim referensi, boleh gak minta file2 aljabar yang perhah dipelajari di matematika ITB ? sekalian mau belajar pembuktian juga hehhee

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *