Matematika

Matematika Universitas Ahmad Dahlan (Ayyubi)

Matematika Universitas Ahmad Dahlan (Ayyubi)

Hai semuanya. Perkenalkan nama saya Ayyubi Ahmad. Saya seorang mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan jurusan Matematika angkatan 2016. Kalian dapat memanggil saya dengan sebutan Ayyubi ya. Saya akan menceritakan mengenai masa perkuliahan dari awal hingga saat ini (semester 8) yang saya alami. Silakan disimak ya.

Apa yang dipelajari di jurusan Matematika UAD?

UAD memiliki prodi pendidikan matematika dan matematika. Prodi matematika di sini artinya berbeda dengan prodi pendidikan matematika. Secara umum lebih luas cakupan untuk prodi matematika (sering disebut matematika murni) yaitu matematika mempelajari bagaimana penerapan ilmu matematika di bidang sains, teknologi, kesehatan, dan teknik serta pada bidang finansial. Dapat dikatakan bahwa kami ini berada di balik layar semua perhitungan yang ada di dunia nyata. Kami mempelajari berbagai hal dalam pembuktian-pembuktian teorema, asal-usul rumus itu diperoleh, dan modifikasi rumus dengan menyesuaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Tentunya kami belajarnya adalah matematika yang berbasis pemrograman. Karena di setiap permasalahan kami harus memvisualisasikan perilaku tersebut ke dalam grafik. Jadi kami mempelajari bagaimana menyelesaikan masalah secara matematis dan hasil yang diperoleh dapat dihasilkan secara visual. Banyak orang yang beranggapan bahwa matematika itu kerjanya hanya menghitung saja. Tetapi sebenarnya adalah matematika itu adalah ilmu penalaran logika. Kita diajarkan bagaimana bernalar dengan baik yang sistematis. Bukan hanya berhitung.

Apa perbedaan dasar antara matematika murni dengan pendidikan matematika?

Setahu saya perbedaan yang paling mendasar antara matematika murni dan pendidikan matematika adalah kalau matematika itu mempelajari dunia nyata dalam artian memodelkan suatu permasalahan ke dalam bentuk model matematika yang dapat dicari solusi yang mendekati hasil eksaknya. Dapat dikatakan matematika murni lebih turun langsung k dunia nyata. Kalau pendidikan matematika tentu yang dipelajari adalah matematika yang ada di sekolah-sekolah dan metode pengajaran yang baik itu bagaimana.

Slide3

Mata kuliah dan tugas yang ada di jurusan Matematika?

Pada tahun pertama tentu kita masih mempelajari mata kuliah prodi lain seperti: biologi dasar, fisika dasar, kimia dasar, PPKn, dan lain-lain. Mata kuliah yang saya paling suka adalah mata kuliah Paket Komputasi. Mata kuliah tersebut pertama kali memperkenalkan beberapa software yang dapat digunakan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Dari sana benar-benar membuka wawasan baru mengenai matematika. Tugasnya pun juga kita membuat suatu laporan sesuai topik yang diajarkan dan sekaligus ditulis pemrogramannya.

Konsentrasi (kelompok keahlian) yang ada di jurusan Matematika?

Secara umum konsentrasi yang ada pada prodi matematika antara lain:

  1. Analisis
  2. Matematika Terapan
  3. Matematika Komputasi
  4. Statistika
  5. Aljabar

Sebenarnya konsentrasi itu dilakukan saat menempuh S2. Tetapi, di prodi kami lebih menekankan pada Matematika Komputasi. Karena kami selalu dituntut untuk dapat memprogram setiap permasalahan dan menampilkan secara grafis.

Beberapa tips untuk mahasiswa baru matematika

Kalian harus benar-benar menguasai ilmu dasar matematika. Apa yang sudah diperoleh di bangku sekolah, itu diperkuat lagi. Alangkah baiknya ditelusuri asal-usul rumusnya. Kemudian selama belajar di prodi matematika itu perlu dihayati dan dipahami secara detail. Karena matematika tidak sekadar ilmu hitung-menghitung melainkan nalar kita harus jalan. Tips terakhir adalah pelajari semua hal di sekitar kalian karena semua permasalahan dapat diselesaikan dengan matematika. Sebab matematika itu menawarkan solusi untuk permasalahan yang belum muncul di permukaan bumi sekalipun.

Prospek kerja dan alumni

Prospek kerja untuk lulusan matematika antara lain: bank, perusahaan swasta, institusi pemerintah, dosen, peneliti, akademisi, dan pengusaha. Rata-rata alumni kami saat ini ada yang bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan swasta, pegawai bank, dosen, dan pengusaha.

Harapan setelah lulus?

Saya setelah lulus ini berencana untuk melanjutkan ke jenjang S2 di bidang matematika terapan. Karena saya bercita-cita ingin menjadi dosen matematika. Tentu apabila ada rezeki, saya ingin melanjutkan ke jenjang yang tertinggi di bidang matematika.

Kode Konten: X204

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *