Matematika, Universitas Andalas

Matematika Universitas Andalas (Bima)

Matematika Universitas Andalas (Bima)

Holla intipers ! Salam kenal, aku Bima Saputera. Panggil aja Bima/Bim. Salah seorang mahasiswa yang sedang berkelana di dunia Matematika Universitas Andalas sejak 2018. Sudah segudang pengalaman yang aku lalui selama 4 semester ini. Mau tau ceritanya?? Oke, kali ini aku bakalan sharing experience selama berkelana. Yuk, disimak baik baik ya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Matematika ? What ?? Horror banget !

Eitsss.. pasti udah tau dong ya mata pelajaran yang paling banyak dibenci para siswa semasa sekolah 12 tahun dulu. Rata rata pasti mereka ingin menghindar dari yang namanya “MATEMATIKA”. Seolah-olah mtk menjadi musuh besar bagi mereka. Tapiiii…. MATEMATIKA engga se annoying dan se horror itu kok guys. Coba aja kita ubah stigma yg beredar tersebut, pastinya kita hidup berdampingan dong dengan si matematika ini, karna apa ? ya karna semuanya ada matematika dalam kehidupan sehari-hari. Contoh simplenya pada transaksi jual beli, ada matematika-nya bukan?? Jadi sekarang gimana? Jangan takut dengan Matematika ya gaes. Ketakutan bukan untuk dihindari, tapi untuk dihadapi. Hihihi

Ngomongin soal Matematika, Jurusan Matematika Unand adalah non kependidikan ya guys a.k.a Matematika Murni. Bedanya apa?? Jelas sangat berbeda, kalau Pendidikan Matematika lebih fokus ke yg bersifat pendidikan, Nah si Matematika murni ini lebih mendalam mengenai angka-angka dan rumus-rumus baik itu aljabar, statistika, dan keluarganya. Btw, gelar yang diperoleh nanti juga berbeda loh. Jika Pendidikan Matematika memperoleh gelar S.Pd, maka lulusan Matematika murni nantinya bergelar S.Si .

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Banyak tugas ya pasti?? Ga keriting tuh rambut?

Namanya juga menempuh pendidikan, pastinya ada tugas dong ya. Setiap jurusan pasti memiliki tugas tugas tersendiri sesuai bidangnya. Jadi jangan takut, toh semakin banyak tugas, semakin banyak latihan, semakin paham dong nantinya, semakin berguna buat masa depan 🙂

schooters

Praktikum ada ya? mau praktikum apa emang? Hmmmm jangan salah sangka ya gaes, matematika juga punya praktikum tersendiri loh. Pengalaman aku, praktikum nya seru banget malahan. Memang ga ada cairan kimia atau makhluk hidup yang mau diteliti. Namun, kita gunain komputer dong guys. Seru banget ya? Seru dong, kita bakal pelajarin program program aplikasi seperti  Pascal, Maple, Matlab bahkan kalau kita ambil pilihan program web, nantinya kita bakal belajar cara buat program, cara buat sebuah web dengan HTML, dan masih banyak lagi. Dah kayak anak Teknologi Informasi aja ya ? Ya iya lah, dengan praktikum ini, dijamin wawasan dan logika bertambah dan keahlian buat masa depan juga jadi mumpuni dong. Tentunya bermanfaat banget buat kehidupan sehari-hari.

Btw, praktikum ini dimulai saat memasuki semester 2, dimana Mata Kuliahnya adalah Algoritma dan Pemrograman. Semester 3, Persamaaan Diferensial Biasa, nantinya kita bakal pake aplikasi Maple. Btw, nantinya kita juga belajar mata kuliah umum loh guys, ada Bahasa Inggris, Fisika dasar, Kimia dasar, Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan bahkan Ilmu Lingkungan. Paket komplit banget ga tu !!

Matematika Universitas Andalas? Skripsi-nya tentang apaan ?

Nah loh, jangan salah. Matematika itu cakupannya luas banget loh guys. Malahan menurut aku Matematika bisa ke segala bidang. Di Matematika Unand sendiri terdapat 5 Konsentrasi atau Pilihan yang bisa teman teman pilih sesuai minat dan bakatnya di bidang tersebut. Dengan begitu kita makin fokus dong ya, hehe. Konsentrasi tersebut berupa apa aja ?? Nih, disimak ya, biar makin fokus.

  1. Aljabar, wah kayaknya bidang ini universal deh, semuanya pasti berkaitan dengan aljabar, bahkan bidang konsentrasi lain berkaitan dengan aljabar. Hmm cocok banget nih buat yang suka teori dan pembuktiannya. Marvelous !
  2. Analisis dan Geometri, pasti banyakan analisa nya dong ya. Cocok banget nih buat yang suka berpikir menganalisa sesuatu. Kerennnn !! Analisa ruang ruang berdimensi, wah dibutuhkan banget nih di masa depan.
  3. Matematika Terapan, sesuai namanya, Terapan. Pastinya bakal banyak banget dong ilmu ilmu yang dipelajari, karna ya aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Wah aplikatif banget dong ini. Banyak penerapan yang bakal dipelajari dan dipahami, dan tentunya berguna banget di masa depan !
  4. Statistika dan Teori Peluang, tentunya banyak data-data ya ? Benar banget, yang suka bermain data data dan aplikatif dalam kehidupan cocok banget nih di bidang ini, menentukan seberapa besar peluang dan pentingnya dalam kehidupan. Uh, idaman banget nih, pasti banyak dong perusahaan yang membutuhkan bidang ini 🙂
  5. Kombinatorika, yang suka sama logika-logika kayaknya cocok banget deh di bidang ini, logika itu penting loh guys. Dibutuhkan malahan. Kita menjalani hidup pasti butuh logika yang kuat kan ya, agar ga salah pilih dalam mengambil sesuatu. heheheh 🙂

Asik asik kan ya pilihannya, bisa makin fokus deh dan bisa ngebantu buat nanti nyelesaian Tugas Akhir atau Skripsian. Semangat !!!

Aku mahasiswa baru kak, boleh bagi tips-tips nya ga kak kuliah di Matematika Universitas Andalas?

Sebelumnya, selamat ya buat yang sudah masuk dan mau masuk di dunia Matematika Unand. Kamu adalah manusia terpilih. Arigatou !!

Jujur aku pun bingung mau ngasi tips apaan hehe, karna ya takut aja salah ngasi tips, karna kesempurnaan hanya milik-Nya. hehe jadi kalau boleh bagi masukan, coba aja lakuin ini, karna jujur aku pun dulu merasa salah jurusan, tapi aku tetap semangat karna sudah berada di posisi sekarang, yang mungkin orang juga ke pengen berada di posisi seperti ini .

  1. Niat, ya benar. Yang utama dan paling penting itu niat yang baik ya guys, karna sesuatu kalau tanpa niat yang baik hasilnya bakal nol koma nol a.k.a ga baik ya hehe.
  2. Selalu berdoa dan berusaha semaksimal mungkin, ini penting banget selama kuliah. karena doa dan usaha adalah suatu yang saling relate kan ya. Jadi tetap berusaha meskipun kita gagal berkali kali. Ingat, Einstein yang jenius aja pernah berkali kali gagal sebelum ia berhasil 🙂
  3. Usahakan me-manage waktu dengan baik, karna apa ? karna manajemen waktu sangat penting buat kita bisa berbagi waktu antara belajar, organisasi, bermain dll. Jangan sampai kita gagal karna kita tidak bisa membagi waktu dengan baik. Apalagi kita kuliah di jurusan yang dituntut banyak berpikir.
  4. Perbanyak pengalaman, ngomong-ngomong kuliah ga selalu harus akademik terus menerus ya, kita juga butuh menjalin hubungan baik dengan orang lain. Kita bisa ikut organisasi, komunitas, volunteer yang bersifat positif baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Kita juga bisa mencari pengalaman dengan mengikuti berbagai macam lomba sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
  5. Be yourself .

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Lulusan Matematika Universitas Andalas ntar kerja dimana ya??

Perlu diingat bahwasanya, matematika adalah ilmu pengetahuan yang cakupannya cukup luas. Of course, bisa lah ya ke segala bidang. Sejauh ini yang saya tahu lulusan seorang matematika banyak yang menjadi seorang akademisi/peneliti, dibutuhkan di perusahaan-perusahaan (perbankan, industri, jasa keuangan, pemerintahan dll), menjadi seorang ahli statistika dan masih banyak lagi. Intinya ga sesempit yang kalian bayangkan selama ini, malahan mungkin jurusan matematika adalah jurusan yang luas prospek kerjanya. Ya, karna sangat dibutuhkan baik dalam negeri maupun luar negeri. So, jangan khawatir ya !

Harapan aku setelah lulus dan planning

harapannya semoga aku lulus tepat waktu, Aamiin. Kalau ada niat, planning aku nantinya mau lanjut studi S-2 di dalam negeri hehe. Doain ya guys 🙂 Aamiin .

“Matematika adalah hakim tertinggi, dari keputusannya tidak ada banding”. ~Tobias Dantzig

Kode konten: X380

Komen dibawah! 7

  1. Qayla

    Kak kalau aku mau jadi dosen matematika, nah itu tahapan nya apa aja ya yang harus dilewati??

    • bimaasputr

      Hallo Qayla, setahu aku untuk menjadi tenaga pengajar, universitas memiliki kriteria sendiri dalam proses perekrutan. Misal harus lulusan S-1 atau punya pengalaman internship. Kalau tahapan, yang aku tahu dosen matematika minimal lulusan S-2, nah nanti ada tuh buka lowongan lalu kita ikuti deh segala tesnya, bisa psikotes, wawancara dll, kayak tes CPNS gitu.
      Thanks,
      ~Best regard

  2. Maria Tripina

    Hallo kak.
    Mau nanya ni kak?
    Ngimana caranya supaya Kita bisa lebih lagi mencintai jurusan Kita.
    Terutama matematika?

    • bimaasputr

      Hallo maria, hmm sebenarnya kembali ke diri kita sendiri sih. Jujur dulu aku juga merasa salah jurusan, tpi aku bangkit dan open minded, dan bertekad kuat untuk mencintai jurusan kita. Ingat ! Di luar sana banyak org yg ingin berada diposisi kita, nah terus kita yg udh berada di posisi tsb malah menyia-nyiakan. Intinya banyak bersyukur dan jalani dengan tekun, kan jurusan itu kita yg pilih 🙂

      • mariatripina

        Terus kak.
        Mau minta motivasi dan tips kakak bisa menjalani sampai sekarang.
        Terus bagaimana caranya kakak ni menyikapinya.
        Contoh kak,Saya Kan udah berusaha belajar ngitu Kan,mencoba menjalani,Dan bahkan Cari Cara untuk menyelesaikan semuanya ngitu.
        Tapi sampai saat ini belum menemukannya.
        Saya juga jurusan matematika Di semester awal tu banyak hancur ngitu nilainya.

        • bimaasputr

          Hallo maria, motivasi aku adalah “org lain bisa,kenapa aku gak”. Dari sini lah timbul semangat aku untuk terus belajar dan belajar lagi. Yah semua juga tau sulitnya matematika. Tapi dengan mencari circle pertemanan, dan sering bertanya kpd dosen pasti lambat laun kita mengerti. Terus jangan lupa berdoa. Karna doa dan usaha adalah sesuatu yg relate. Intinya jangan malu untuk bertanya sampai kita paham. Intinya terus semangat dan rajin, jangan main main. Karna matematika adalah jurusan yg menurut aku ga boleh dibawa santai :).
          Buat yg udh berlalu g usah merasa menyesal, tatap ke depan. U can do it, semangat ya 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *