Matematika, Universitas Negeri Surabaya

Matematika Universitas Negeri Surabaya (Aghil)

Matematika Universitas Negeri Surabaya (Aghil)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Aghil Putra Anam dari Matematika Universitas Negeri Surabaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Matematika Universitas Negeri Surabaya seperti apa?

Mitos atau kebanyakan orang tahu itu matematika itu kebanyakan tentang angka, hitung-hitung. Padahal ada banyak banget jenis mata kuliahnya, ada tentang pemograman, stuktur data dan algoritma, bagaimana kita membuat aplikasi. Jadi jurusan matematika itu kaya sistem informatika atau teknik informatika gitu, ada kaitannya. Tapi kalo matematika murni lebih ke hitungan, kalo teknik ke pemrogramannya, kita lebih ke tentang cara konsepnya dahulu dan pengaplikasiannya. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Matematika Universitas Negeri Surabaya?

Aku sebenrnya pengen masuk teknik sipil tetapi di SNMPTN dan SBMPTN aku ga keterima, jadi aku masuk di Universitas Surabaya lewat SPMB atau mandiri, jurusan ini ada sangkut pautnya sama aku ketika SMA karena pelajaran matematika yang paling aku pahami, aku juga banyak kegiatan pas SMA, suka memahami sebuah konsep, dan di matematika itu memahami sebuah konsep.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Semester 1 masih umum, masih ada matematika dasar, biologi, fisika dll. Setelah semester 4 dan 5 lebih mengarah ke aljabar linear, kalkulus diferensial, kalkulus integral, kaya ada yang pernah di bahas pas SMA tapi kita mengulik lebih dalam lagi dan memecahkannya, cara pengaplikasian di pemrograman itu seperti apa. Mata kuliah yang paling menarik bahasa pemrograman, kemarin aku membuat program peminjaman ruang kelas, dengan teknik matematika, jadi kalo mau mesen beberapa hari yang akan datang kita udah bisa pesen, biasanya kita pake bahasa Python dan bahasa C.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada beberapa, yang pertama ada analisi, jadi mengarah ke teorema aljabar linear, persamaan diferensial, yang kedua ada komputasi lebih mengarah ke pemrograman dan statistika. Yang ketiga ada terapan, jadi lebih ke penerapan matematika itu, ada pembuatan aplikasi, game. Dulu ada alumni yang skripsinya membuat games, kalo sudah ke semster 5 atau 6 bisa memecah konsentrasi apalagi kalo kalian ke pemrograman karena kita dituntut untuk membuat sebuah apliaksi yang sebelumnya belum ditemukan. Konsentrasi bisa diambil semster 5. Kebetulan kemarin itu kita akan menerapkan kampus merdeka, jadi kita itu bisa lintas jurusan, jadi jurusan matematka itu kerjasama dengan jurusan-jurusan lain, seperti kerja sama dengan jurusan ekonomi, akan ada kerja sama juga dengan fakultas ilmu teknologi dengan Universitas Atlantis Surabaya.

pmb2-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3, SNMPTN lewat nilai dan prestasi, SBMPTN atau sekarang namanya UTBK, Jalur masuk mandiri atau SPMB. Untuk informasi lebih lengkap unesa.ac.id, kalian akan mendapatkan informasi kalo kalian berminat masuk di Universitas Negeri Surabaya, dan univ ini lebih terkenal bagus juga di pendidikannya.

Ada tips buat mahasiswa baru Matematika Universitas Negeri Surabaya?

Jangan patah semangat, tetap belajar, karena sekeras apapun kalian berusaha, kalian akan mendapatkan hasil terbaik nantinya. Kalo kalian belum keterima di jurusan yang kalian inginkan, kalian mungkin akan mendapatkan jurusan yang terbaik nantinya, silahkan di persiapkan dan nanti bisa sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mahasiswa yang baru masuk di jurusan matematika, jangan sungka untuk bertanya dengan teman-temannya, karena kita butuh banget diskusi dengan temen-temen. Kalan dituntut memahmi konsep, kalian harus membaca dan memahami materi.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa bekerja di bank indonesia, kalian bisa jadi aktuaris, analisis, ali statstik, guru atau dosen, ahli keuangan, penerbit asuransi, analisis anggran, pemeriksa dan penyidik asuransi, serta taller.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Ingin melanjutkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan matematika, tetapi sekarang aku juga mencoba pengalaman kerja dan aktif organisasi. Jangan terikat dengan zona nyaman karena kalian harus banyak mengamati. Kalian lulus dari jurusan apapun persiapan kalian akan matang dan lebih mantep lagi

Q&A

  • Pernah pusing ga ka ngerjain tugas di matematika?

Sangat membutuhkan banget pertolongand ari temen-temen untuk g-meet atu zoom untuk tanya-tanya terkait materi yang belum paham, atau bisa kita juga kerja bareng tugas dari dosen bareng temen-temen, atau kita tanya ke kakak tingkat. Nanti kita akan ada koas, yang bakalan didapetin satu minggu sekali, jadi kalo kalian masih belum paham sama mata kuliah kalian bisa tanyain ke koas itu.

  • Gimana cara belajar dengan baik?

Learning by doing, pengalaman adalah guru terbaik. Meskipun aku kuliah di matematika, tetapi jangan memandang matematika itu apa, tetapi apa yang bisa kalian ambil dari jurusan matematika itu. Kalian bisa mengatur waktu, belajar akademik, belajar untuk diluar jam pelajaran, dan kalian belajar di tempat dimana kalian bisa berkembang.

Kode konten: C340

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *