Matematika, Uncategorized, Universitas Samudra

Matematika Universitas Samudra (Naurah)

Matematika Universitas Samudra (Naurah)

Halo sobat intipers! Aku Naurah Zahwa dari jurusan Matematika Universitas Samudra angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Matematika Universitas Samudra itu seperti apa?

Universitas Samudra itu ada di Aceh. Mungkin sebagian anak sekolah yang baru masuk kuliah mikir matematika tuh ujungnya jadi guru, tapi kalau untuk matematika MIPA/ murni, lebih tepatnya ke jenjang perkantoran. Bisa ke asuransi, statistik, pajak, bea cukai, dibutuhkan lulusan-lulusan matematika.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Lebih luas spesifikasi peluang kerjanya. Kalau pendidikan matematika kan terkhusus di pendidikan. Kalau di MIPA ingin jadi guru, bisa ambil profesi untuk jenjang prospek kerjanya bisa dua. Bisa ke guru, bisa kantor. Untuk tingkat mata kuliah matematika murni dan pendidikan juga berbeda.

Pengenalan Prodi

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Matematika Universitas Samudra?

Lebih tepatnya suka matematika, dari SD aku suka. Kemudian karena prospek kerjanya juga lebih besar.

schooters

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas dari matematika itu kalkulus, paling terbaik sih menurut aku. Karena menantang banget kalkulus itu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, kalau untuk matematika ini ada 2 konsentrasi yaitu terapan dan statistika, dan akan dibuka 1 konsentrasi lagi yaitu bagian asuransi atau aktuaris gitu.

Kalau misalnya matematika terapan itu lebih umum, mata kuliahnya kaya kalkulus, limit, deferensial. Kalau statistik lebih ke matematika pakai sempel, jadi lebih banyak rumus daripada terapan. Kalau terapan lebih ke pemodelan. Tapi sama-sama mempelajari juga di setiap konsentrasi. Untuk pemilihannya semester 4

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuknya kaya PTN lainnya, ada SNMPTN, SBMPTN dan mandiri. Sekarang lagi buka jalur mandirinya, buat temen-temen yang mau masuk ke matematika.

Ada tips buat mahasiswa baru Matematika Universitas Samudra?

Buat mahasiswa baru, kalau misalnya masih ada yang bingung mau masuk jurusan apa, jangan sampai salah jurusan, kita harus tau kemampuan kita. Kalau kita hobi nya berhitung, ambil aja matematika. Kalau untuk matematika, prospek kerjanya itu luas. Jarang orang-orang ambil matematika karena mindsetnya tuh susah, tapi kalau udah masuk ke matematika, itu sama sekali gak susah. Karena aslinya itu mudah, orang awam selalu bilang matematika itu susah karena mereka berpikir dikit-dikit berhitung, karena di matematika itu ada analisis.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Tadi udah sedikit di paparin, bisa ke Badan pertanahan, statistik, asuransi, kantor pajak. Pokoknya di kantor-kantor. Nah kalau udah tamat dari matematika murni, ngelanjutin profesi guru, bisa jadi guru juga. Jadi semua bisa di matematika murni. Kami bisa menghitung matematika keuangan, akuntansinya juga ada. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapannya semoga saya ingin melanjutkan studi S2 ke UGM. Kalau untuk kerja, inginnya setelah lanjut S2. Waktu magang udah dapet tawaran kerja, semoga dilancarkan.

 

Q&A

  1. Kedepan, apakah banyak peluang kerjanya?

Banyak sekali peluang kerja, sangat banyak, di dunia industri juga dibutuhkan, contoh di pabrik makanan, pasti ada yang memperkirakan perharinya akan produksi berapa banyak, yang bisa memperkirakan jumlah produksi tersebut yaitu lulusan matematika. Kaya berapa premi yang harus diberikan kepada nasabah. Di bank juga anak matematika dibutuhkan.

  1. Kalau pendidikan matematika apakah tidak bisa selain guru?

Bisa, tapi peluangnya kecil, karena pendidikan matematika itu tuntutan selanjutnya pengambilan profesi atau Gr. Disitu baru ke tempat posisi kerjanya ke sekolah. Kalau misalnya ke instansi lain, dari segi mata kuliah itu tidak spesifik ke matematikanya. Bahkan mereka lebih spesifik ke cara pengajarannya, bagaimana mendidik anak, kalau matematika murni lebih mendalam gitu.

Kode konten: C646

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *