Matematika, Universitas Padjadjaran

Matematika Unpad (Sevila)

Matematika Unpad (Sevila)

Halo teman teman! Perkenalkan saya Sevila Yuan Verliana, biasa dipanggil Sevila dari Program Studi Matematika Unpad / Universitas Padjadjaran angkatan 2017. Saya akan membagikan beberapa bagian dari perjalanan perkuliahan yang sedang saya lalui sampai akan memasuki semester 7 ini. Yuk disimak yaa.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Kuliah di matematika itu ngapain, sih? Menghitung terus ya?

Yap mungkin beberapa diantara kalian selalu terbesit hal tersebut ketika mendengar jurusan matematika. Hal itu memang tidak salah namun kuliah di matematika tidak hanya menghitung melulu loh. Disini kita akan diarahkan agar dapat berpikir secara logis, sistematis dan rasional. Kita akan belajar untuk menganalisis suatu hal, membuktikan berbagai teorema, dan menerapkan ilmu ilmu matematika ke dalam kehidupan sehari hari. Ohiya buat teman temann yang sempat berpikiran bahwa kuliah di matematika hanya bisa menjadi guru/dosen baca terus ya nanti akan saya bahas juga terkait prospek kerjanya yang ternyata sangat luas.

Slide3

Apa saja yang dipelajari di Matematika Unpad ?

Pada tiap semester disediakan beberapa mata kuliah wajib dan pilihan yang dapat diambil oleh mahasiswa. Jumlah mata kuliah yang dapat diambil ini biasanya disesuaikan dengan jumlah sks maksimal kita. Misal, pada semester 3 kita bisa mengambil 24 sks, namun yang wajib diambil hanya 21 sks maka 3 sks sisanya bisa kita gunakan untuk mengambil mata kuliah di semester 5 loh. Asyik kan?

Nah di semester awal kita masih disajikan mata kuliah umum seperti bahasa indonesia, bahasa inggris, pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan dan OKK (Olahraga, Kesenian, dan Kreativitas). Dan untuk mata kuliah yang langsung berhubungan dengan matematikanya hanya kalkulus 1 dan aljabar linear elementer. Kedua mata kuliah ini nantinya akan menjadi dasar dalam beberapa mata kuliah yang akan diambil selanjutnya. Ohiya OKK ini mirip seperti KKN loh, kita dibagi menjadi beberapa kelompok bergabung dengan teman teman jurusan lain dan terjun ke wilayah sekitar Jatinangor. Ini seru juga karena kita dapat mengenal teman lain diluar jurusan dan bersosialisasi dengan masyarakat.

Kemudian untuk mata kuliah semester selanjutnya dan seterusnya akan membahas lebih dalam mengenai matematika itu sendiri. Mulai semester 5 kita juga sudah bisa memilih mata kuliah pilihan sesuai minat kita. Misalnya pada saat itu saya minat pada matematika terapan bidang industri maka saya mengambil mata kuliah inventory control dan dynamic programming. Pada mata kuliah inventory control saya belajar mengenai sistem persediaan, peranan dan permasalahan persediaan juga model model yang digunakan dalam pengendalian persediaan seperti model EOQ, model price break dll. Sedangkan dalam dynamic programming saya belajar mengenai prinsip optimalitas untuk membuat suatu keptusan yang berhubungan secara berurutan.

Apakah ada praktikumnya di Matematika Unpad ?

Yup praktikum jelas ada, tapi berbeda dengan program studi fisika, kimia, dan biologi yaa praktikumnya! Praktikum kami berada di laboratorium komputer karena kami memang berkutik dengan pemrograman dan berlatih menyelesaikan berbagai persoalan dengan aplikasi yang kami pelajari. Bahkan pada semester 2 ada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman, pada matkul ini kita diajarkan juga mengenai bahasa pemrograman. Jangan bayangkan praktikumnya sulit dan menyeramkan yaa! Karena selama praktikum juga kita sangat enjoy dengan kakak kakak asisten laboratoriumnya. Pada akhir semester biasanya kita mendapat tugas praktikum berupa proyek. Proyeknya itu semacam penerapan penyelesaian suatu kasus dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Ada peminatan apa saja ya di Matematika Unpad ?

Di matematika terdapat dua peminatan yaitu murni dan peminatan. Dalam matematika murni juga dibagi lagi dalam bidang aljabar dan bidang analisis geometri. Sedangkan dalam matematika terapan terbagi menjadi bidang riset operasi dan optimasi, bidang ekonomi dan keuangan, bidang matematika biologi dan lingkungan, dan bidang pemodelan stokastik. Setiap peminatan ini tentunya dapat kita pilih sesuai minat kita. Bagaimana cara menentukan minat yang tepat ya? Hm.. kalau aku dilihat dari perkembangan setiap semesternya. Dari berbagai mata kuliah yang aku ambil ternyata aku lebih tertarik pada matematika terapan.

Tips kuliah di Matematika Unpad ?

Tips pertama hilangkan dulu pemikiran bahwa matematika adalah sesuatu yang menyeramkan! Karena sebenarnya matematika itu sering dijumpai pada berbagai sektor dalam kehidupan. Kedua, jadilah orang yang terstruktur dan teliti dalam menganalisis dan menyelesaikan persoalan. Ketiga, selalu asah logika dan cara berpikir kita karena matematika tidak hanya mengenai hitung menghitung saja namun nalar kita juga diperlukan. Keempat, banyak banyaklah latihan soal dan perhatikan dosen saat pembelajaran berlangsung. Terkadang ketika kita tidak melatih lagi, kita jadi bingung jika dihadapkan dengan persoalan persoalan baru. Namun jika terbiasa mengerjakan, otak kita pun akan terlatih. Keempat, nikmati perkuliahan dengan enjoy dan jalin relasi seluas luasnya. Relasi tidak melulu dengan teman satu program studi namun juga dapat dengan fakultas lain, jangan batasi perkembangan dirimu yaa.

Kegiatan apa saja yang bisa diikuti?

Jangan sia siakan kesempatan kita untuk mengembangkan juga soft skill yang kita miliki. Selama kuliah kita bisa aktif dalam berbagai organisasi seperti himpunan, BEM, UKM, dll. Atau mungkin juga menjadi bagian dari kepanitiaannya. Jangan takut untuk mengambil peran sebagai ketua pelaksana, ketua bidang, dan berbagai peran luar biasa lainnya. Karena pengalamannya benar benar berkesan dan terasa mengasyikkan.

Bagaimana prospek kerja jurusan matematika?

Karena matematika itu sangat luas, jadi prospek kerja jurusan matematika juga benar benar luas lho! Apakah teman teman tahu jika lulusan matematika bisa menjadi programmer? Yap tentu saja bisa! Kemudian seorang aktuaris apakah hanya bisa dari program studi aktuaria? Tidak, ternyata dari matematika juga bisa loh! Selain itu, lulusan matematika juga dapat bekerja di LIPI, Batan, Bank, Lembaga pemerintahan, dan berbagai BUMN seperti Telkom, PLN, dll. Dan tentunya dapat bekerja di berbagai perusahaan baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kode konten: X313

Komen dibawah! 2

  1. Maria Tripina

    Selamat malam kak.
    Kak mau nanya nih.
    Bagaimana cara supaya Kita bisa mencintai jurusan Kita sekarang??
    Saya merasa bahwa salah jurusan ni kak.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *