Manajemen, Manajemen Bisnis, Telkom University

MBTI Telkom Univeversity (Nadya)

MBTI Telkom Univeversity (Nadya)

Halo sobat intipers! Aku Nadya Amini dari jurusan MBTI (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika) Telkom University angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan MBTI Telkom University seperti apa?

Mungkin banyak banget temen-temen udah pada tau jurusan manajemen di jurusan lain, cuman bedanya manajemen bisnis telekomunikasi dan informasi di telkom university itu secara garis besar sama saja, hanya saja kita lebih terfokus ke bisnis digital.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Jadi kita mempelajari kaya analisisnya, dan e-commerce juga.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan MBTI Telkom University?

Awalnya itu aku gap year. Aku lulusan SMK tahun 2017, dan baru kuliah 2018. Setelah aku lulus SMK itu, aku masih bimbang mau kuliah dulu, atau kuliah sambil kerja, sampai akhirnya karena aku gak keterima di SBM, jadi yaudah aku mutusin buat kerja dulu setelah aku kerja, aku dapet insight baru. Ternyata minat aku di jurusan MBTI gitu, jadi sampai akhirnya aku milih jurusan MBTI gitu.

Jadi aku bersyukur karena aku gap year, jadi lebih tau lagi gitu, sebelumnya aku SMK nya jurusan teknik, terus jadi beralih ke manajemen bisnis ini. Jadi banyak tau hal waktu pas gap year nya, jadi gak ngerasa salah jurusan. Waktu aku gap year kerja di telkom juga dan bagian probitioning, apa yang aku kerjain waktu kerja itu, gak sama kaya jurusan SMK aku.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Mungkin sama seperti jurusan lain, kalau konsentrasi di MBTI itu ada 5. Ada finance, marketing, wirausaha, manajemen operasi, OIM (operasional ICT manajemen). Kalau marketing itu kita belajar memasarkan suatu produk, kita belajar digital marketing, lalu menganalisa marketingnya seperti apa. Kemudian kalau finance itu arus kas nya perusahaan dan segala manajemennya.

Kemudian manajemen operasi itu kita mempelajari bagaimana mengelola rantai pasok, mengelola bahan mentah jadi bahan jadi. Untuk wirausaha kita mempelajarinya kita membangun suatu bisnis dari awal. Kemudian yang terakhir yaitu OIM kita belajar data maining, kemudian data aritmatika gitu. Semuanya bisa diambil di semester 6. Kalau aku ambil marketing, karena aku suka di marketing.

Mata kuliah yang khas di jurusan ini?

Ada, mungkin kalau jurusan manajemen itu pasti mempelajari marketing, finance, itu di kampus lain juga mempelajari, bedanya di telkom university itu, kita mempelajari sistem informasi manajemen, e-commerce, e-culture, kurang lebih seperti itu.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk telkom itu banyak, gak ada jalur masuk khusus jurusan, jadi lebih umum nanti kita milih program yang mau kita masukin itu apa. Jalur masuk yang sekarang algi dibuka itu ada ujian tulis gelombang. Sebenernya jalur masuk telkom university itu banyak banget, ada UTG (Ujian Tulis Gelombang), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), Jalur prestasi akademik, jalur beasiswa dari kampus merdeka, telkom scholarship jadi ada program ikatan dinas gitu dari telkomsel, terus ada jalur beasiswa kompetisi. Semuanya lengkap ada di website telkom university.

Ada tips buat mahasiswa baru MBTI Telkom University?

Kalau tips dari aku, mungkin kalau masih semester awal masih belum terlalu berat mata kuliahnya, masih ringan gitu. Jadi perbanyak aktvitas diluar jurusan kaya berorganisasi, dan lain segala macamnya. Nanti semester 6 kan pilih konsentrasi, jadi dari awal cari tau dan mastiin kita itu konsentrasinya apa.

Panitia ospek PKKMB 2019

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan aku semoga aku lulus dengan IPK terbaik, semoga bisa cumlaude, aku pengen kedepannya lanjutin kerja lagi sambil jadi pengusaha pelan-pelan, dan setelahnya aku pengen ambil S2.

 

Q&A

  1. Bagaimana suka duka kuliah di jurusan ini?

Suka dukanya, mungkin lebih banyak sukanya. Kalau dukanya, aku pernah dihukum jadi aku harus visit perusahaan buat dapet survey perusahaannya, dan aku harus menganalisis gitu, positivnya itu aku jadi nambah ilmu baru

 

 Kode konten: C638

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *