Tips

Melatih Konsentrasi Jamin Asik dengan Lakukan Aktifitas Ini

Melatih Konsentrasi Jamin Asik dengan Lakukan Aktifitas Ini

Saat kamu sedang menghadapi tugas kuliah yang tidak ada habisnya, kadang fokus dan konsentrasi sering kali hilang. Itu menyebabkan pikiran teralihkan, ngantuk, hingga hasil yang tidak memuaskan. Jika itu terjadi, artinya kamu mulai harus melatih konsentrasi, loh.

Kamu bisa saja menyiasatkan dengan tidur cukup, membuat daftar tugas, sampai dengan memastikan perutmu terisi. Namun, setiap individu berbeda dan sebagian orang merasa itu tidak efektif.

Nah, bagi yang belum berhasil, kamu bisa melakukan beberapa aktifitas melatih konsentrasi di bawah ini, dijamin asik dan mudah untuk kamu ikuti.

Olahraga Melatih Konsentrasi

Tidak perlu diragukan lagi untuk aktifitas satu ini. Begitu banyak manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan, membuat badan bugar, mengontrol berat badan, hingga sarana untuk meningkatkan konsentrasi. Berikut beberapa olahraga melatih konsentrasi:

a. Yoga untuk Melatih Konsentrasi

Olahraga ini bisa banget jadi pilihan kamu yang memiliki sedikit waktu, karena kamu gak perlu keluar rumah untuk melakukannya. Disamping itu, yoga adalah salah satu olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otak, termasuk untuk konsentrasi. Dikutip dari Popmana, gerakan yoga yang diyakini dapat menjadi latihan fokus dan konsentrasi adalah Padmasana (pose duduk), Padahastana (Berdiri membungkuk ke depan), dan Paschimottanasana (duduk membungkuk ke depan). Gerakan yang bisa kamu lihat di sini.

b. Jalan kaki

Jalan kaki adalah aktifitas setiap hari yang pasti kamu selalu lakukan. Siapa sangka, ini mampu melatih mengasah konsentrasi. Kamu hanya perlu keluar dari rumah jalan kaki, melihat sekelilingmu  dengan rileks sambil sesekali jalan cepat minimal 20 menit setiap hari.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

c. Berenang

Buat kamu yang suka berenang, gak salah jika kamu coba olahraga ini untuk melatih konsentrasi. Dilansir dari Klikdokter, saat berenang ada respon menyelam, itu akan mengompensasi dengan menyimpan oksigen di dalam tubuh, lalu volume darah meningkat dan aliran darah ke otak juga bertambah. Hal tersebut dapat meningkatkan konsentrasi lebih baik.

Baca artikel terkait: Tips Belajar Efektif

Game Melatih Konsentrasi

Bermain game telah menjadi hobi umat manusia di dunia. Tidak sekedar hobi, ternyata bermain game bisa menjadi sarana latihan fokus dan konsentrasi, tapi disesuaikan dengan jenis permainannya. Jadi pastikan tepat untuk memilih permainan yang dapat memberikan manfaat ya. Seperti beberapa game di bawah ini.

a. Catur

Bukan hal aneh lagi jika catur termasuk game yang dapat melatih otak dan dapat menjadi latihan konsentrasi. Itu karena, dalam bermain catur kamu akan diuji dalam hal konsentrasi dan fokus. Kamu bisa bermain catur dengan temanmu atau bermain online.

b. Sudoku

Sudoku adalah permainan yang menempatkan nomor di tempat yang belum ada. Jika sebuah angka sudah ada dalam satu baris atau persegi, maka angka tersebut tidak dapat ditempatkan lagi. Bermain sudoku memaksa otak untuk berkonsentrasi, merangsang otak untuk berpikir cepat, dan bisa melatih untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. Selain sudoku, kamu juga bisa mencoba game puzzle dan teka-teki.

c. Menggambar untuk Latih Konsentrasi

Menggambar adalah sarana latihan kreatif, tapi ternyata tidak hanya itu loh. Menggambar pun mampu melatih konsentrasi dan fokus. Kamu bisa menggambar objek di kertas putih dan warnai sesuai dengan apa yang kamu suka. Kemudian, kamu tinggal konsentrasi seakan hanya gambar itu yang ada di mata dan pikiran, usahakan untuk tidak teralihkan. Kamu juga bisa mencoret-coret acak dengan warna di kertas putih.

Demikian beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan untuk melatih konsentrasi. Semua aktifitas di atas akan lebih terasa hasilnya dan manfaatnya jika kamu rutin mengerjakannya. Jadi jangan malas dan jangan menyerah agar mendapatkan hasil bagus sampai kamu tidak ada lagi masalah konsentrasi yang sering hilang.

Baca artikel terkait: Lakukan 5 Hal Ini untuk Meningkatkan Konsentrasi

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.