Beasiswa, Bimbingan dan Konseling

Mendapatkan Beasiswa Bidik Misi

Mendapatkan Beasiswa Bidik Misi

Halo semuanya! Perkenalkan saya Muty, mahasiswa penerima beasiswa bidik misi program studi Bimbingan dan Konseling UPI angkatan 2016.

Kali ini saya akan sharing tentang beasiswa bidik misi, nih.. Sepertinya teman teman SMA/SMK sederajat khusunya kelas 12 pernah mendengar kata bidik misi ya? Tapi ternyata banyak juga yg belum tahu dan paham alur pengajuannya.

Dari pengalaman yang aku rasain sampai semester 7 ini, aku bersyukur banget jadi salah satu penerima beasiswa bidik misi yang sangat sangat membantu perkuliahanku terutama dalam hal finansial.

Jadi teman teman, beasiswa bidik misi ini merupakan beasiswa dari pemerintah yang dikelola oleh Kemenristekdikti. Beasiswa ini memberikan keringanan bagi mahasiswa kurang mampu dalam hal ekonomi untuk dapat terus melanjutkan pendidikan. Kita penerima beasiswa bidik misi membayar UKT Rp 0 setiap semesternya alias gratis!! Selain itu, kita juga mendapatkan living cost sebesar Rp. 700.000/bulan (besaran biaya berbeda beda tergantung universitas) yang diberikan setiap 1 semester sekali. Bonusnya lagi, kamu gak perlu bayar biaya tes masuk PT kalau kamu sudah terdaftar jadi pengajuan beasiswa ini. Jadi, siapa bilang di tengah keterbatasan kita gak bisa mengenyam pendidikan tinggi?

Eits, ada hak ada kewajiban dong..
Hak mengenyam pendidikan secara gratis ini harus kita bayar sebenarnya, tapi tidak dengan uang… Kita harus bayar dengan prestasi, ada standar IP minium dan harus stabil. Tapi jangan sampai itu bikin kamu maju-mundur buat apply beasiswa ini karena kamu ngerasa takut nilai IP mu nanti gak memenuhi!! Hehe

Untuk teman teman SMA/SMK sederajat, kalian bisa apply beasiswa ini pas kelas 12. Kalian bilang aja deh ke guru BK mau ikut beasiswa bidik misi, nanti data kamu akan dapet semacam akses buat log in di web pendaftarannya. Nah, berarti udah tau ya kalau proses pendaftarannya itu sama kita sendiri secara online, gak susah kok! Kita tinggal mengupload beberapa berkas aja..
1. SKTM
2. Data diri disertai foto
3. Data orang tua
4. Slip gaji
5. Foto anggota keluarga dan rumah

Teknisnya itu, kita dinyatakan lulus/tidak di tes masuk PT kalau lulus, kita bisa daftar ulang seperti teman-teman mahasiswa baru lainnya. Bedanya….. Setelah daftar ulang di universitas masing masing, kita harus mengumpulkan berkas dan berkas kita akan diverifikasi dan dicek kebenarannya untuk memastikan bahwa kita memang pantas menerima beasiswa ini. Dalam proses verifikasi ini, tim verifikasi akan secara random mengunjungi beberapa rumah calon penerima beasiswa sebelum akhirnya diumumkan nama nama mahasiswa penerima bidik misi.

Semoga pengalamanku ini bermanfaat ya, guys… Katanya banyak jalan menuju roma, berarti banyak jalan menuju impian dan cita-cita kita, bidik misi jadi salah satu jalanku, kamu?

 

Kode Konten : KL006

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *