Tips

Menentukan Judul Skripsi bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Menentukan Judul Skripsi bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Menentukan Judul Skripsi bagi Mahasiswa Tingkat Akhir.

Adakah sobat intipers disini yang sedang berjibaku dengan tugas akhir skripsi? atau sedang dalam masa penyusuan skripsi? Kurangi khawatir sobat, semua itu hanyalah proses belajar. Mimin akan berikan informasi terkait menentukan judul skripsi bagi Mahasiswa Tingkat Akhir. Cuss!

Langkah Awal Menentukan Judul Skripsi.

Nah sebelum kamu menyusun tugas akhir skripsimu, ketahuilah bahwa skripsi itu awalnya bukan mencari judul tetapi apa topik yang akan kamu angkat setelah kamu mengobservasi fenomenanya.

  • Katakannlah sobat seorang mahasiswi dari fakultas pendidikan, tetapi sobat belum menemukan topik atau permasalahan yang muncul untuk dijadikan bahan skripsi. Sobat bisa melakukan pengamatan kecil melalui sekolah-sekolah dimana tempat magang sobat dahulu. Misalnya sobat berasal dari prodi pendidikan akutansi di sebuah SMK, sobat mendapatkan kasus bahwa guru disana pesert didiknya mengalami kesulitan dalam salah satu mata pelajaran sehingga prestasi belajarnya rendah lalu dari situ sobat bisa mengangkat topik ada apa dengan mata pelajaran tersebut sehingga prestasi belajar peserta didiknya menurun. Sobat bisa kembangkan dan diskusikan terlebih dahulu misalnya kepada guru mata pelajaran tersebut, ataupun melakukan wawancara dengan beberapa peserta didik.
  • Pastikan topik atau bahan skripsi yang akan sobat teliti itu sumber primernya mudah dipahami oleh sobat sendiri dan relevan dengan jurusan kuliah sobat. Contohnya sobat berasal dari prodi farmasi, lalu sobat akan melakukan penelitian dengan topik antibiotic. Nah pastikan variabel antibiotik ini referensi mudah dipahami dan sesuai dengan jurusan sobat.
  • Manfaatkan sumber informasi dari kakat tingkat atau teman sekampus. Katakanlah sobat ingin meneliti di suatu perusahaan A lalu ada kakat tingkat sobat dari prodi yang sama berpengalaman magang ataupun sedang bekerja disana. Sobat akan memiliki peluang untuk mengambil data dari responden di perushaan itu lebih mudah, karena sobat sudah mendapatkan informasi dari kakat tingkat ataupun berdiskusi sebelumnnya.
  • Pelajari jurna-jurnal nasional maupun internasional dan jangan malas untuk mereview kembali mata kuliah yang pernah sobat pelajari. Menurut pengalaman mimin sewaktu menyusun skripsi, mimin mempelajari beberapa mata kuliah agar pengetahuan mimin bertambah sebagai bekal untuk menyiapkan skrispi. Mata kuliah yang umum salah satunya adalah metode penelitian sebagai referensi nantinya jenis penelitian yang akan mimin lakukan, lalu ada mata kuliah Manajemen Bimbingan dan Konseling (Prodi Bimbingan dan Konseling) sebagai materi untuk penelitian nantinya.

 

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Ngomong-ngmong soal jurnal, di poin berikutnya mimin akan kasih bocoran website yang akan membantu sobat dalam menyusun tugas akhir yaaa, cekidot!

Website Jurnal Untuk Bahan Skripsi.

Publish or Perish

Sebelum sobat menggunakan aplikasi ini, sobat terlebih dahulu harus mendownlad programnya agar bisa di akses melalui Microsoft Windows kalian masing-masing ya. Mimin bantu kasih link download nya disini ya

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Nah, gambar diatas adalah display setelah sobat mendownload dan menginstall di windows sobat masing-masing ya. Lalu sobat bisa langsung search topik penelitian kalian di kolom Search Terms.

 

Google Schoolar

Google memberi fitur yang bermanfaat untuk menemukan topik secara ilmiah bagi para pelajar maupun peneliti. Disni kalian bisa mencari topik ataupun jurnal yang berkaitang dengan topik penelitian mu yang berasal dari web resmi library kampus atupun web jurnal terpercaya. Tapi tidak semua jurnal bia di akses secara terbuka di Google Schoolar ya sobat.

Google Cendekia - Menentukan Judul Skripsi

Educational Resources Information Center

Website yang biasa disebut ERIC ini bisa menjadi alat untuk sobat mencari topik yang ingin diteliti. Website ini merupakan kumpulan jurnal internasional yang direkomendasikan oleh kampus ya sobat.

Semantic Schoolar

Selain Google Schoolar ada website Semantic Schoolar yang bisa sobat jadikan pilihan untuk membantu penelitian kamu ya. Dibawah ini mimin beri contoh variabel yang sedang mimin search di Semantic Schoolar.

Virtual Learning Resources Center

Bagi sobat yang sedang mencari jurnal internasional bisa juga mencari pada website Virtual Learning Resources Center yaa siapa tau ada artikel yang tidak terakses di website-website diatas, website ini bisa sobat jadikan alternatif.

 

Contoh Judul Skripsi Dari Berbagai Jurusan. 

Sobat, judul-judul skripsi ataupun jurnal dibawah ini mimin ambil dari Google Schoolar ya. Sobat bisa mengaksesnya lewat Google Schoolar. Ingat! Tidak ada toleransi buat Plagiarism ya sobat.

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.