Tips

Mengatasi Prokrastinasi

Mengatasi Prokrastinasi

Pengertian dan Cara Mengatasi Prokrastinasi

Hampir semua mahasiswa pasti pernah menunda mengerjakan tugas. Tidak perlu mengelak, intipers pasti pernah kan? Perilaku menunda pekerjaan atau mengerjakan tugas mendekati deadline sangat lumrah terjadi di kalangan mahasiswa. Mulai dari alasan klasik karena malas, stuck, atau bahkan beralasan “kan masih ada hari besok”. Sering menunda-nunda pekerjaan? Hati-hati, kamu bisa terjebak prokrastinasi! Di artikel ini kamu akan tau cara mengatasi prokrastinasi.

Apa itu prokrastinasi

Prokrastinasi berasal dari bahasa asing yaitu “pro” yang berarti “maju”,”lebih menyukai”, atau “kedepan”, sedangkan “crastinus” berarti “besok”, jika dua kata ini digabung berarti “lebih menyukai mengerjakan besok”. Singkatnya, prokrastinasi adalah perilaku menunda pekerjaan yang dilakukan terlalu sering karena perasaan tidak nyaman. Misalnya, hari ini kamu sudah membuat daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Tetapi pada akhirnya pekerjaan itu tidak kamu selesaikan karena perasaan tidak nyaman atau karena melakukan hal lain tidak ada kaitannya sama sekali dengan pekerjaan yang harus diselesaikan tersebut. Atau, kamu baru bersemangat untuk mengerjakannya besok, dan begitu seterusnya. Pada akhirnya, pekerjaan tersebut selesai ketika mendekati deadline.

Meski sadar bahwa prokrastinasi adalah kebiasaan buruk, namun cukup sulit untuk memerangi kebiasaan tersebut. Apalagi kebiasaan buruk ini dilakukan secara sadar atau sengaja. Lalu, bagaimana cara mengatasi prokrastinasi agar tidak menjadi suatu kebiasaan? Simak artikel ini sampai habis ya!

Cara Mengatasi Prokrastinasi

1. Cari Tau Penyebab Prokrastinasi

Menunda pekerjaan memiliki dampak buruk kedepannya, mulai dari hasil pekerjaan yang tidak maksimal, tidak selesai sesuai deadline, dan berbagai dampak buruk lainnya. Salah satu cara mencegah kebiasaan buruk ini adalah dengan mencari tau akar kenapa kamu harus menunda suatu pekerjaan. Tanyakan pada dirimu, “mengapa aku harus menunda pekerjaan ini?”, atau “apa alasan penting yang membuatku harus menunda pekerjaan ini?”. Ketika kamu paham alasan kenapa kamu menunda, kamu bisa mulai menngontrol diri agar tidak lagi menunda suatu pekerjaan.

Misalnya, kamu menunda suatu pekerjaan karena belum mendekati deadline. Padahal kamu tidak tahu, mungkin saja ketika mendekati deadline, ada tugas penting lain yang harus dikerjakan. Sebelum ada tugas lain dan belum mendekati deadline, kamu bisa mulai mengerjakan tugas tersebut agar hasilnya maksimal dan dapat mengerjakan tugas yang lain.

intipkuliah-web1

2. Ubah Mindset untuk Mengatasi Prokrastinasi

Banyak mahasiswa yang mengerjakan tugas karena menurut mereka hal tersebut merupakan suatu “keharusan”, sehingga banyak yang merasa terbebani dan terjebak dalam prokrastinasi. Mulai sekarang, coba untuk ubah mindsetmu dalam mengerjakan tugas dari “keharusan” menjadi “kemauan”. So, kamu mengerjakan tugas tersebut karena memang mau menyelesaikannya.

3. Mulai aja dulu, yuk!

aku takut hasilnya ngga sesuai ekspektasi”

gimana kalau hasilnya ngga memuaskan”

Banyak sekali pikiran-pikiran yang berenang di kepala yang belum bisa kamu jawab jika belum mengerjakan pekerjaan tersebut. Alih-alih sibuk memikirkan hasil yang belum pasti, lebih baik kamu mulai saja dulu untuk mengerjakannya. Kamu tidak akan pernah tau hasilnya jika belum mencoba dan belum mulai mengerjakan. Mulai aja dulu, yuk!

4. Jauhkan distraksi untuk Mengatasi Prokrastinasi 

Kalian pasti pernah berniat mengerjakan suatu pekerjaan, lalu melihat notifikasi dari smartphone, dan berujung scroll social media? Pasti pernah kan?

Notifikasi memang selalu menarik, apalagi dari si gebetan yang selalu kamu tunggu-tunggu pesannya. Namun, notifikasi bisa membuat fokusmu terganggu dan kamu mungkin akan kembali terjebak dalam prokrastinasi. Kamu bisa silent notifikasimu atau jauhkan hal-hal yang membuat fokusmu terganggu. Buat tempat kerjamu senyaman mungkin dan jauhkan dari distraksi yang mengganggumu, sehingga kamu bisa fokus menyelesaikan pekerjaanmu.

5. Jangan Lupa Self Reward

Ketika kamu sudah mulai bisa mengontrol dirimu dan berniat untuk tidak lagi menunda pekerjaan, berilah dirimu sendiri hadiah sebagai bentuk apresiasi karena sudah berusaha menghindari prokrasinasi.

Apresiasi kecil ini bisa memacu semangatmu agar lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas dan tidak lagi terjebak dalam prokrastinasi.

Jika selama ini kamu sering menunda mengerjakan tugas, kamu bisa mulai menerapkan 5 cara diatas untuk mengatasi prokrastinasi.

“Lakukan hari ini, atau menyesal esok hari .” – unknown

 

Author :  Anita Ayu Rst

Lihat artikel lain di intipkuliah.com

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.