Beasiswa

Menggapai Mimpi Dengan Beasiswa

Menggapai Mimpi Dengan Beasiswa

Hallo para intipers… Salam sejahtera untuk kita semua, stay healthy and stay safe for everyone. Salam kenal untuk kalian semua, oh iya sebelumnya perkenalkan nama aku Miranda Islami kalian bisa panggil aku Miranda. Sekarang aku sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Malang Jurusan Geografi Prodi S1 Pendidikan Geografi. Sebelumnya aku sudah share tentang jurusan aku ini pada kalian semua, kalian bisa cek web intipers.com dengan kode konten X316. Pada kesempatan kali ini aku mau berbagi pengalaman tentang menggapai mimpi dengan beasiswa. Pada tahun 2019 aku mencoba daftar Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan alhamdulillah aku bisa diterima sebagai salah satu awardee Beasiswa Unggulan.

Untuk kalian yang belum tau dan pengen tau apa itu Beasiswa Unggulan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai ya, jangan lupa juga untuk di like dan koment. Aku akan coba share pengalaman dan apa saja yang perlu kalian persiapkan untuk mendaftar Beasiswa Unggulan ini.

APA ITU BEASISWA UNGGULAN?

Beasiswa Unggulan adalah salah satu beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi masyarakat Indonesia yang berprestasi, masyarakat yang berasal dari daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan) dan pegawai Kemendikbud. Program ini merupakan beasiswa dalam negeri untuk mahasiswa S1, S2 dan S3. Para peserta yang dapat mengikuti program ini adalah calon mahasiswa baru yang sudah diterima di perguruan tinggi ataupun mahasiswa yang sedang kuliah maksimal semester 2 pada saat pendaftaran (on going).

promo-web

APA SAJA BERKAS YANG PERLU DISIAPKAN?

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  3. LoA Unconditional bagi mahasiswa baru. Sedangkan bagi mahasiswa on going melampirkan Surat Tanda Aktif Kuliah.
  4. Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir bagi mahasiswa on going.
  5. Ijazah dan transkip nilai terakhir.
  6. Sertifikat TOEFL/IELTS (untuk pelamar S1 tidak diwajibkan).
  7. Proposal rencana studi (Tidak ada format khusus untuk proposal, namun harus berisi rencana perkuliahan dan SKS per semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, jelaskan kegiatan di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama masa studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat).
  8. Essay menggunakan bahasa Indonesia dengan judul: “Aku generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” ditulis sebanyak 3-5 halaman pada kertas A4 dengan format huruf Times New Roman 12 spasi 1,5.
  9. Surat rekomendasi dari civitas akademik atau institusi terkait (Format bisa di download saat pendaftaran).
  10. Surat pernyataan tidak sedang mendapatkan beasiswa sejenis dari sumber lain (Format bisa di download saat pendaftaran).
  11. Sertifikat prestasi minimal tingkat kabupaten (5 tahun terakhir).

BAGAIMANA TIPS DAN TRIK UNTUK MENJADI AWARDEE BEASISWA UNGGULAN?

Beasiswa unggulan ini terdiri dari 2 (dua) tahap seleksi yaitu seleksi administrasi dan wawancara:

Untuk seleksi administrasi kalian harus registrasi dan membuat akun melalui web Beasiswa Unggulan. Setelah sukses membuat akun kalian harus verifikasi e-mail kalian, proses verifikasi ini biasanya maksimal 2×24 jam alasannya mungkin banyak yang daftar jadi diberi kesempatan segitu yaa para intipers. Ketika akun kalian sudah di verifikasi, langsung saja kalian baca persyaratan seperti yang aku cantumin di atas, tapi kalau mau lebih lengkap kalian bisa cek nanti di webnya. Untuk sertifikat prestasi kalian upload saja sebanyak-banyaknya minimal 5 tahun terakhir. Oh iya para intipers aku mau kasih informasi juga nih mengenai sertifikat “kalau gak punya sertifikat prestasi gimana?” sesuai pengalaman aku sih sertifikat seminar juga boleh, sebagai finalis lomba juga boleh di bidang akademik ataupun non akademik no problem, tapi lebih baik kalau ada sertifikat prestasi karena sertifikat bisa jadi sebagai tolak ukur dalam penilaian dari pihak Kemendikbud itu sendiri. Sedangkan sertifikat TOEFL dan IELTS diwajibkan bagi pendaftar S2 dan S3, untuk S1 tidak diwajibkan jadi gak masalah yaa.

Nah selanjutnya kita bahas mengenai proposal dan essay. Proposal dan essay ini sangat penting untuk mendaftar beasiswa. Pertama kita bahas dulu masalah proposal, jadi jenis proposal yang akan dibuat yaitu Proposal Rencana Studi. Proposal Rencana Studi merupakan kegiatan apa yang akan kalian lakukan selama berkuliah di Universitas kalian. Isi dari proposal tersebut yaitu visi misi kalian untuk diterima sebagai awardee, mencantumkan biaya kuliah atau rincian dana (Uang Kuliah Tunggal/UKT dan biaya buku), sks yang akan kalian tempuh selama kuliah, menjelaskan tentang jurusan dan konsentrasi yang bakal kalian ambil ke arah mana, kemudian kalian juga harus menjelaskan judul skripsi yang akan kalian buat untuk penelitian akhir nanti.

Selanjutnya kita bahas essay. Esaay ini merupakan salah satu syarat yang harus kalian apply di akun kalian. Mengenai essay ini dari tahun ke tahun Beasiswa Unggulan sudah menetapkan judul dari essay yang bakal kalian buat, judulnya yaitu “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” kalian bisa tulis sebanyak 3-5 halaman. Untuk essay sendiri kalian bisa tulis mengenai tentang jurusan kalian, harapan kalian ke depannya sebagai generasi unggul, biografi kalian, prestasi yang pernah kalian raih sebelumnya, yang terpenting adalah kontribusi yang bakal kalian lakukan untuk Indonesia ke depannya. Kalian harus bisa meyakinkan pihak Kemendikbud kenapa harus memilih kalian sebagai salah satu awardee tapi kalian harus ingat juga bahwa kalimat yang kalian tulis itu tetap rendah hati jangan gunakan kalimat yang arrogant dan tentunya mudah dipahami. Sehingga essay kalian ini bisa jadi pertimbangan dan sesuai dengan harapan dari pihak Kemendikbud.

PERTANYAAN APA SAJA SIH YANG SERING MUNCUL SAAT WAWANCARA?

Yang kedua yaitu tips seleksi wawancara. Setelah kalian dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh Kemendikbud melalui e-mail selanjutnya kalian melakukan seleksi wawancara. Seleksi wawancara ini akan dilakukan di suatu tempat yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud dan kalian harus hadir pada saat itu. Tipsnya yaitu kalian harus membawa semua berkas yang sudah diinformasikan oleh Kemendikbud melalui email masing-masing. Yang kedua yaitu hadir tepat waktu, kalau aku kemarin datang lebih awal dari jam yang ditentukan karena kalau tidak tepat waktu atau tidak hadir maka dinyatakan gugur menjadi awardee dan kemarin aku seleksi wawancaranya di PPPPTK PKn dan IPS, Kota Batu, Jawa Timur. Yang ketiga, gunakan pakaian yang sopan. Untuk proses wawancaranya dilakukan oleh pegawai Kemendikbud dan Psikolog. Pertanyaan yang sering muncul yaitu tentang kontribusi apa saja yang bakal dilakukan untuk masyarakat setelah kalian dinyatakan lolos sebagai awardee. Apa yang akan kalian lakukan ketika kalian tidak lolos seleksi Beasiswa Unggulan. Kurang lebih seperti itu ya para intipers. Untuk jawaban tergantung kalian masing-masing karena setiap orang memiliki statement dan pendapat yang berbeda. Saat wawancara nanti akan ditanya juga tentang kepribadian kalian, karena pewawancara adalah Psikolog maka akan terlihat mana yang mengada-ngada atau tidaknya. Jadi kalian harus percaya diri dan berbicara apa adanya. Terakhir dari pengalaman aku kemarin aku ditanya juga tentang essay yang sudah dibuat, jadi saran aku essay yang kalian buat adalah hasil karya kalian supaya kalian bisa mempertanggungjawabkan saat wawancara nanti. Kalian boleh cari referensi melalui internet atau bertanya kepada para awardee tapi yang harus kalian ingat adalah hasil kalian sendiri supaya mudah untuk kalian nantinya.

Jika sudah dinyatakan lolos seleksi tahap kedua, selanjutnya kalian akan melakukan bimbingan teknis dan tanda tangan kontrak sesuai dengan jadwal yang akan diumumkan dan membawa semua berkas yang akan diinformasikan melalui e-mail masing-masing. Biaya yang bakal ditanggung oleh pihak Beasiswa Unggulan yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai dengan UKT kalian. Kemudian uang saku, untuk uang saku akan diberikan setiap bulan dan nominal antara S1 dan S2 itu berbeda. Yang terakhir yaitu biaya buku, untuk biaya buku diberikan per tahun.

Mungkin itu saja informasi dari aku semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua. Yuk semangat pejuang beasiswa, apa pun hasilnya jangan pernah takut untuk mencoba lumayan kan bisa mengurangi beban orang tua hehe. Baca juga pengalaman saya kuliah di Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Klik disini

Kode Konten: Q117

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *