Tips

Meningkatkan Public Speaking Sewaktu Kuliah

Meningkatkan Public Speaking Sewaktu Kuliah

Meningkatkan Public Speaking Sewaktu Kuliah.

Hi sobat Intipers! Adakah diantara kalian yang merasa masih kurang dalam hal public speaking? Tidak apa-apa kok, kita sebagai mahasiswa itu belajar bukan dalam hal akademik aja ya, tapi kita juga harus mengkokohkan soft skill sebagai bekal untuk bekerja nanti. Mimin akan kasih tips ke sobat semua tentang bagaimana meningkatkan public speaking sewaktu kuliah.Dan alasan kenapa kamu harus pandai dalam hal public speaking, serta mengulik sedikit tentang skill ini pada dunia kerja.

1. Cara meningkatkan public speaking.

Oke sebelumnya adakah dari sobat intipers yang berasal dari jurusan ilmu komunikasi? Public speaking, atau ada yang dari jurusan hubungan internasional? Nah, nanti sobat bisa menambahkan di kolom komentar ya di poin-poin ini maupun poin berikutnya. Kali ini mimin ingin membagi tips berdasarkan pengalaman mimin sewaktu kuliah. Skuuyyy

Pertama, hal kecil yang bisa meningkatkan public speaking dalam perkuliahan adalah presentasi. Iya! Hehehe meski terlihat membosankan ya, presentasi dari sejak jaman SMP sampai kuliah pun ketemu. Tapi taukah sobat? Kalau presentasi bisa menjadi salah satu alat asah agar public speaking kita semakin jago. Bagi sobat yang memang pemalu atau kurang percaya diri, coba deh mulai dari sekarang perhatikan dan pelajari bagaimana orang lain melakukan presentasi. Mulai dari pembukaan presentasi, pembahasan yang tidak bertele-tele, sampai pada akhir presentasi yang dibungkus dengan kesimpulan tidak lupa dengan kata-kata mutiara. Detail-detail pada proses presentasi adalah bekal untuk sobat melakukan public speaking kepada massa yang bisa dibilang banyak. Mumpung masih satu kelas dengan teman kelas, salah tidak apa-apa ya. Sobat bisa melatihnya di depan teman sobat dan jangan sungkan untuk meminta koreksi dari mereka.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Kedua, tambah yuk channel YouTube sobat tentang public speaking kenapa demikian? Karena belajar itu tidak hanya di dalam ruang kuliah aja sobat. Channel yang mimin maksud disini adalah Channel yang relevan untuk meningkatkan public speaking sobat. Oke mimin beri contoh salah satu Channel ya. Pada channel YouTube TED TALKS, sobat bisa pelajari mulai dari mimik dan gerakan para pembicara sampai makna yang disampaikan oleh pembicara ya. Ini salah satu video dari TED TALKS yang mimin rekomendasikan kepada sobat intipers.

TED TALKS

https://www.youtube.com/watch?v=xnLoToJVQH4&t=464s

 

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Ketiga, ngobrol santai dengan orang yang baru dikenal atau orang di tempat umum. Mimin memberikan tips ini bukan sekedar asal-asalan lho hehehe. Jadi seringkali mimin membeli sesuatu atau berkunjung ke tempat umum. Terkadang, ada beberapa orang (biasanya yang lebih tua dari kita) itu mengajak ngobrol. Sobat mungkin agak risih ya bercengkrama dengan orang baru. Tapi percayalah, ketika kita ngobrol dengan orang baru dengan teman yang bias akita ajak ngobrol itu beda loh sobat. Darisana sobat bisa lebih menyesuaikan gaya bahasa sobat, nada dan intonasi yang sobat ucapkan, apa topik yang dibicarakan, dan detail-detail lainnya. Yang penting dan nomor satu adalah kesopanan ya sobat.

Keempat, jangan segan untuk sekedar mengajak bicara dengan orang lain. Nah, kalau poin ini kebalikan dari poin sebelumnya ya sobat. Dengan mengajak orang lain mengobrol bisa memantik sobat untuk lebih unggul lagi dalam berbicara. Mulailah dari pertanyaan umum kepada orang yang bari dikenal ataupin teman sampai dosen sobat. Topik obrolan yang random dan sopan bisa membantu sobat lebih dekat dengan orang yang baru dikenal, teman-teman, dan juga bapak ibu dosen loh. Percaya deh.

Kelima, apa lagi dong kalau bukan menambah referensi bacaan tentang public speaking. Banyak buku bacaan yang membahas tentang ilmu komunikasi yang di dalamnya ada tentang public speaking. Sobat bisa mendapat tips serta pesan singkat yang disampaikan dalam buku yang sobat baca. Mimin akan rekomendasikan buku yang satu ini untuk sobat baca dan terapkan ya.

Buku Rekomendasi dari mimin

Buku Rekomandasi (Versi Bahasa Ingrris)

2. Mengapa harus mampu public speaking ketika kuliah?

Menurut pandangan mimin, mengapa kita perlu pandai melakukan public speaking ketika kuliah adalah public speaking merupakan bagian dari komunikasi yang mempengaruhi relasi. Ketika seseorang yang sungkan untuk bincang-bincang apalgi itu hal umum, maka lawan bicara akan merasa tidak dihargai atau tidak nyaman. Analoginya, ketika sobat presentasi tapi yang sobat sampaikan adalah hal-hal yang ada pada layer saja, makan tidak ada koneksi antara sobat si presentator dan teman-teman sobat sebagai audience. Maka dari itu, ilmu-ilmu dasar public speaking adalah bekal penting agar sobat menjadi mahasiswa yang lebih kompeten dan mempertebal skill komunikasi sobat.

3. Skill public speaking di dunia kerja.

Seni berbicara public speaking di depan umum berperan tak hanya pada kepentingan sehari-hari tapi untuk penyampaian pidato serta pembicaraan publik, presentasi professional kerja,  program training, dan rapat evaluasi dengan rekan kerja juga atasan. Sebagai seorang pekerja juga pengusaha memiliki alasan buat berbicara di depan orang lain. Pembicara publik yang efektif berada pada posisi yang sangat baik buat menyampaikan pesan kepada orang lain pada tempat kerja ataupun mempromosikan suatu produk jika sobat yang ingin menjadi wirausaha. Kebayang ga sobat jika kamu yang dipercaya oleh atasan untuk mempimpin jalannya rapat atau kamu yang terpilih sebagai narasumber seminar tentang produk yang sobat hasilkan, tapi sobat masih kurang terampil dalam hal berbicara di depan orang banyak alias public speaking? Itulah alasan ya sobat, pembicara yang kurang terampil dalam hal public speaking dapat membentuk produk atau proposal kerja yang solid tampak kurang menarik. Sebagian seorang profesional memerlukan sejumlah kemampuan berbicara di depan umum buat menjalankan fungsi seperti  mempresentasikan temuan, mengajukan proposal, melatih staf junior atau karyawan, serta menjadi moderator.

Oke, segitu saja pesan-pesan dari mimin tentang 3 poin yang sudah diberikan. Semoga sobat intipers makin semangat ya belajar public speakingnya. Mimin juga masih belajar ko, karena untuk terjun ke duni professional memerlukan berbagai bekal, termasuk public speaking ya sobat.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.