IPB University, Meteorologi

Meteorologi Terapan IPB (Annas)

Meteorologi Terapan IPB (Annas)

Halo sobat intipers! Aku Iswatun Annas dari Meteorologi Terapan IPB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Meteorologi Terapan IPB seperti apa?

Meteorologi terapan di IPB itu adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu cuaca dan iklim serta terapannya dalam berbagai sektor kehidupan. Mungkin temen-temen ada yang masih asing dengan jurusan ini, mungkin ada yang mengira jurusan ini mempelajari tentang meteor atau astronomi. Meteorologi itu berasal dari kata meteoros artinya udara dan logo itu ilmu. Jadi bisa dikatakan ilmu yang mempelajari lapisan udara atau atmosfer.

Prodi meteorologi IPB kita mempelajari kaitan cuaca dan iklim dengan terapan dengan sektor kehidupan seperti pertanian, kesehatan, kehutanan, dll.

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Meteorologi Terapan IPB?

Kalau dari saya itu waktu SMA ikut olimpiade geografi, dari situ kepikiran untuk kuliah di jurusan yang berkaitan. Pas cari jurusan itu ketemulah jurusan ini yang juga masih belum banyak di kampus lain.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya itu di semester 1 kita masih belajar pelajaran kaya di SMA. Semester 2 itu baru masuk mata kuliah jurusan, ada mata kuliah pengantar geosains atau pengantar ilmu bumi. Masuk semester 3 itu mulai masuk jurusan. Mata kuliah yang berkesan itu sains perubahan iklim sama agrometeorologi. Kalau sains perubahan iklim jadi berkesan karena kita belajar tentang perubahan iklim itu mulai dari sejarah, data dan sainsnya. Kita bisa tahu bahwa perubahan iklim itu memang terjadi dan bagaimana sikap kita. Kalau agrometeorologi itu kaitan perubahan cuaca dengan pertanian atau tanaman.

Kita praktikum di lab dan di lapang. Kita biasa ambil data di lapang. Biasanya kita praktikum di gunung, pantai, stasiun meteorologi, klimatologi. Misal kita ambil data dan unsur cuaca, kelembapan, kecepatan angin, dsb. Lalu data tersebut nantinya kita olah.

Tugasnya itu selain laporan praktikum kita diajarkan untuk membuat project dengan tema tertentu nanti di akhir semester di presentasikan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada divisi untuk pemilihan tugas akhir, itu ada 4.

  1. Meteorologi dan pencemaran
  2. Klimatologi
  3. Hidrometeorologi
  4. agrometeorologi

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada jalur SNMPTN, SBMPTN, mandiri, afirmasi, jalur ketua Osis dan BUD. Informasi jurusan bisa diakses di geomet.ipb.ac.id, untuk informasi penerimaan mahasiswa baru bisa cek akun ig IPB.

Kuota penerimaan mahasiswa itu rata-rata 70-80 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru Meteorologi Terapan IPB?

Semester awal itu harus serius dan buat catatan kumpulan materi karena itu biasanya berlanjut dan bisa dipakai di semester selanjutnya. Kita itu banyak project jadi kerja sama dalam kelompok juga penting, menjalin relasi yang baik sama temen-temen. Lalu jangan ragu untuk nanya dan minta materi sama kakak tingkat.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya cukup banyak, bisa di instansi pemerintahan seperti BMKG, LAPAN, dsb. Di bidang lingkungan hidup juga bisa masuk.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana jangka pendek ini pengen bisa segera menyusun tugas akhir dan lulus tepat waktu. Pengen juga aktif di organisasi lingkungan, terkait perubahan iklim karena butuh upaya juga dari para pemuda.

Kode konten: C170

Komen dibawah! 8

  1. angel

    kak, mungkin ini pertanyaan umum banget tapi aku juga baru tau tentang jurusan ini dan agak tertarik, aku mau nanya pelajaran apa yang mostly ada di jurusan ini maksudnya kaya harus bisa geografi kah atau fisika atau biologi? atau mungkin pelajaran lainnya, atau mungkin kita dituntut untuk bisa/paham tentang pelajaran apa ya kak untuk jurusan ini? maaf kalo ribet ngetiknya, mohon dijawab terimakasih sebelumnya🙏

    • Iswatun Annas

      Maaf ya dek baru membalas, Kita masuk Fakultas MIPA. Matkul dasar di jurusan ini ada Fisika, Matematika, Statistika, Geografi, Komputasi dsb

  2. Sarah Devina

    Kak klw boleh tahu itu kita harus fokus ke pel apa ya pas SMA supaya mudah bwt survive di jurusan ini kalo keterima hehehehe, trs rata rata nilai rapor yg diterima di jurusan ini brp kak, hehe mksh kak

    • Iswatun Annas

      Meteorologi Terapan IPB masuk ke Fakultas MIPA dek. Mata Kuliah Dasarnya ada Fisika, Matematika, Statistika, Geografi, Dsb dek

  3. Bakti

    Kak izin bertanya, untuk software pendukung yang di gunakan apa aja ya di meteorologi terapan ipb ?

  4. Rifqi Tri Radifan

    halo kak mau bertanya, kalo meteorologi terapan di ipb menerima calon mahasiswa yang buta warna parsial tidak ya?

    • Iswatun Annas

      Menerima dek, kami tidak melihat kondisi fisik.
      Info lengkap bisa kunjungi website kami www.geomet.ipb.ac.id
      IG: geometipb / himagretoipb

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *