Institut Teknologi Bandung, Mikrobiologi

Mikrobiologi ITB (Martinus)

Mikrobiologi ITB (Martinus)

Halo sobat intipers! Aku Martinus Marco dari Mikrobiologi ITB angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers.

Secara umum, jurusan Mikrobiologi ITB itu seperti apa?

Secara umum kita mempelajari makhluk hidup dengan ukuran mikro, seperti alga, bakteri, virus sama protista yang perlu bantuan mikroskop.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Mikrobiologi ITB?

Dulu aku pilih jurusan ini karena sekarang itu lagi masa-masanya rekayasa genetika dan yang paling mudah digunakan ialah bakteri. Nah, Mikrobiologi ini belajar tentang bakteri, makanya aku pilih mikrobiologi dan ITB sendiri sangat menunjang soal rekayasa genetika.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Mikrobiologi ITB?

Mikrobiologi ITB karena berbau sains jadi harus praktikum terus menerus tapi ada juga mata kuliah lapangannya. Praktikum itu ada dalam satu minggu bisa 3-4 kali. Ada matkul praktikum yang sangat menarik, yaitu praktikum rekayasa mikroba yang mana kita bener-bener belajar merekayasa genetika suatu bakteri, mulai dari setting sendiri di komputer mau nambahin gen apa, sampai di akhir praktikum kita bener-bener ngerekayasa genetika. Kita itu bener-bener jadi scientist. Ada lagi mata kuliah proyek kaya proyek ekologi dan evolusi mikroba dan masih banyak lagi yang nanti pada akhir semester kita dituntut untuk melakukan penelitian kecil bersama kelompok yang dibimbing sama asisten yaitu kakak tingkat. Penelitian ini bener-bener dilakuin sendiri dari pembuatan medium, gimana numbuhin mikroba semuanya.

Praktikum ini hampir setiap semester juga. Kuliah lapangan itu aku belum, kalau pengalaman kaka tingkatku itu mereka dibagi ke beberapa kelompok dan mereka melakukan sampling mikroba di alam, kemudian dibawa ke lab dan dianalisa.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan Mikrobiologi Institut Teknologi Bandung?

Ada 2 kelompok keahlian, Bioteknologi mikroba sama Genetika Bioteknologi Molekuler. Kalau Bioteknologi mikroba itu kita ada MEOR yang hubungannya sama perminyakan, ada juga bioteknologi yang berhubungan sama makanan kaya fermentasi. Sedangkan di Genetika Bioteknologi Molekuler itu lebih pada diagnostik untuk penyakit.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan Mikrobiologi Institut Teknologi Bandung?

Di Sekolah Ilmu Teknologi dan Hayati Sains itu ada 3 jalur masuk, SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tipsnya itu buat angkatan yang solid, di ITB itu berat dan yang bisa bantu kita itu temen-temen. Kalau di Mikrobiologi itu kita banyak praktikum yang hasilnya itu perlu digabung satu angkatan, makanya perlu koordinasi angkatan yang bagus. Jangan lupa cari temen, kegiatan sosial dan have fun dengan angkatan.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Mikrobiologi bisa kerja di bidang industri, bisa jadi quality assurances atau quality control. Di bagian research and development juga bisa. Kalau mau kerja di pemerintahan juga bisa di Departemen Pertanian karena berkaitan juga dengan mikrobiologi. Kalau di masa-masa sekarang, salah satu dosen Mikrobiologi ITB ikut jadi tim tes COVID-19. Kita juga bisa jadi enterpreneur, yang membuat keramik dari jamur bahkan sampai diekspor, bahkan ada juga yang membuka usaha di bidang makanan bayi karena memang mikrobiologi itu berkaitan banget di berbagai bidang kehidupan.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku pengennya kerja dulu sih nanti baru S2.. Aku mau mengaplikasikan ilmu yang didapet dulu.


Q&A

  1. Mikrobiologi ITB banyak gak peminatnya?

Kalau aku liat info SNMPTN dan SBMPTN itu 800 orang kurang lebih, untuk yang seleksi mandiri aku kurang tahu infonya. Daya tampung SITHS itu di angkatan aku ada 120 orang tapi tahun kemarin kita nerima sampai 130-140 orang.  Di tahun pertama itu kita masuk fakultas nah di tahun selanjutnya baru masuk jurusan. Kuota untuk mikrobiologinya sendiri ada 40 orang.

  1. Dosennya mengajar pakai Bahasa Inggris gak?

Kalau ngajarnya pakai Bahasa Indonesia, cuma text book nya pakai bahasa Inggris, tapi memang setahu ku kuliah sekarang ini pakai Bahasa Inggris test booknya karena memang penjelasannya lebih baik.

  1. Pas TPB mata kuliahnya sama dengan semua fakultas atau bagaimana?

Ada dua yang membedakan, kalau di SITHS kita dapet Biologi Dasar sama Pengantar Rekayasa Hayati. Lebih jelasnya, di TPB itu kita belajar matematika, fisik, kimia, bedanya kalau kita lebih pada aplikasinya, kalau yang lain lebih pada teori sama penurunnya begitu, di kita itu jadi disebutnya Biokalkulus sama Biophysics. Kalau Kimianya juga sama kaya fakultas lainnya kurang lebih.

Kode Konten: Y256

Komen dibawah! 3

  1. Alvina

    Kak mau nanya kira2 rata2 nilai buat masuk mikrobiologi jalur snmptn brp ya?

  2. Salamah al anshoriyah

    Kak,kira2 persiapan buat masuk kesana apa aja ?

  3. Salamah al

    Kak,kira2 persiapan buat masuk kesana apa aja ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *