Mikrobiologi, Universitas Gadjah Mada

Mikrobiologi Pertanian UGM (Mentari)

Mikrobiologi Pertanian UGM (Mentari)

Halo sobat intipers! Aku Mentari Maulidina dari Mikrobiologi Pertanian UGM angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Mikrobiologi Pertanian UGM?

Nah ceritanya waktu SMA saya bergabung dalam KIR Biologi, lalu pada saat kelas 2 SMA ada pelajaran tentang sel. Jadi karena biologi yang lainnya itu banyak yang ribet ya kaya jaringan, tumbuhan, hewan bahkan manusia. Sementara kalau biologi sel itu hanya membahas 1 sel itu saja. Saya sangat tertarik. Akan tetapi ketika kelas 3 dan mau cari jurusan. Saya cari program studi alternatif yaitu mikrobiologi yang hanya di 2 kampus yaitu UGM dan ITB. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Sebenernya di mikrobiologi itu banyak banget ya hal menarik. Itu jarang sekali dipelajari. Top 3 versi aku sih, mata kuliah Agroindustri itu karena di praktikumnya kita belajar buat pupuk hayati. Kita pakai mikrobia terus digunakan menjadi pupuk. Kan dia bersifat sustainable jadi ditinggal gitu aja, dia udah bisa memberikan pupuk ke tanaman. Terus ada mikrobiologi tanah. Itu berkesan, banyak yang dikerjakan tapi praktikumnya unik-unik. Kebayang gak sih sebuah bakteri atau makhluk mikroskopis bisa ngelakuian bioremediasi minyak, menjadi penyebab korosi dan hal lainnya. Paling terakhir sih, paling menarik itu Genetika Mikrobiologi. Kita belajar ngambil DNA atau gen dari bakteri. Ada juga ambil DNA dari satu bakteri terus disisipkan ke bakteri lain. Istilahnya menyisipkan gen ke bakteri lain. Rata-rata banyak mata kuliah wajib ada praktikumnya di lab.

Dalam keseharian keilmuan ini bisa banget diaplikasikan. Di bidang medis, pertanian, dan lingkungan. Dalam bidang pertanian, ternyata mikrobia ini sangat bermanfaat jadi kita gak usah tambahin lagi pupuk kimia atau pupuk anorganik. Nah kalau di lingkungan, waktu saya kerja lapangan di industri oil and gas, perusahaan besar yang ada di Cilacap. Lucunya, waktu perkenalan, yang lain banyaknya dari jurusan teknik sedangkan saya dari Mikrobiologi Pertanian. Itu semua pada ngeliatin gitu mungkin bingung ya apa hubungannya jurusan saya dengan industri oil and gas. Sebenernya itu ada banyak sekali hubungannya. Contohnya, misalnya mau recovery atau pengambilan minyak di dalam bumi, itu bisa dioptimasi pake bakteri. Selain itu, untuk struktur distribusi oil and gas itu kan banyak kaya penyumbatan, korosi. Nah itu ternyata disebabkan oleh bakteri. Mereka itu kecil, gak keliatan tapi sangat berpengaruh pada kehidupan kita.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di mikrobiologi pertanian UGM nanti sesuai dengan minat kita sendiri. Ada 3 konsentrasi untuk penelitian di skripsi. Pertama, ada molekuler, yang berhubungan dengan DNA, gen, dsb. Setelah itu ada tentang lingkungan. Saya itu topik skripsinya membuat bioplastik dari bakteri, atau juga bisa untuk antibiotik ke manusia atau peternakan, bioremediasi. Ada juga yang penelitian menambang emas menggunakan bakteri. Terakhir, konsentrasi pertanian itu sendiri. Itu kaya membuat pupuk hayati, bio-agent jadi bakteri ini jadi agen pestisida atau fungisida.  

pmb2-min

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuk dulu aku SNMPTN karena ada peluang di sana. Selain SNMPTN, UTBK sama UTUL. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Mikrobiologi Pertanian UGM?

Tipsnya paling gampang sih tinggal minta bantuan sama kakak tingkat kalau memang ada materi pembelajaran yang dirasa sulit. Mikrobiologi ini kan paling banyak seangkatan hanya 30 orang. Jadi antar angkatan itu pasti deket. Gak usah khawatir atau takut kalau mau minta bantuan ke kakak tingkat. 

Kalau untuk temen-temen yang masih SMA, cukup seneng sama jurusannya, suka baca dan nulis itu bisa banget. Karena nanti kita banyak nulis gitu. Nah kan kalau di mikrobiologi seangkatannya sedikit ya, jadi kompetisi antar kita dan antar universitas itu masih sedikit sekali jadi prospek ke depannya masih sangat besar. Seangkatannya itu kita memang sedikit karena untuk menjaga kualitas, kita kan banyak main di lab, gak kebayang sih kalau ada 100 orang di lab untuk mempelajari hal sekecil ini. 

Rencana dan harapan ke depannya?

Kalau aku karena memang prospeknya sangat besar sekali, harapannya saya bisa berkontribusi melalui mikrobiologi. Cita-cita saya sih ingin bergerak di bidang energi terbarukan ataupun di Polimer. Jadi lebih memanfaatkan apa yang belum ada di Indonesia, karena kalau di luar negeri itu bikin plastik dan pupuk aja pakai bakteri. Rata-rata yang bisa kita hasilkan dari mikrobiologi itu rama lingkungan. 

Kode konten: C584

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *