Organisasi, Tips, Uncategorized

6 Organisasi Eksternal Kampus Untuk Memperluas Relasi

6 Organisasi Eksternal Kampus Untuk Memperluas Relasi

Begitu banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk membangun relasi dan meningkatkan skill, diantaranya adalah dengan berorganisasi. Selain organisasi intra kampus yang berarti hanya dalam lingkup perguruan tinggi kamu. Kamu juga bisa lho mengikuti organisasi eksternal kampus yaitu organisasi independen yang tidak mengatasnamakan sebuah nama perguruan tinggi dengan cakupan yang lebih luas. sehingga kamu bisa semakin memperluas jaringan sosial kamu.

Jangan salah kawan-kawan, organisasi yang berada diluar kampus tidak kalah keren dengan organisasi yang familiar kamu lihat di lingkup kampusmu.

Bagi kamu yang belum tahu, berikut 5 organisasi eksternal yang bisa kamu ikuti untuk menambah wawasan, meningkatkan skill, sekaligus memperluas relasi kamu.

1. AIESEC

Organisasi Eksternal Kampus

Potret AIESEC (aiesec.se)

Sepertinya mahasiswa tidak asing lagi dengan organisasi yang sedang happening ini. AIESEC adalah singkatan dari bahasa Prancis yaitu Association Internationale des Etuadiants Sciences Economiques et Commerciales. AIESEC (biasa di baca “ai-sek) merupakan organisasi eksternal kampus non-profit yang berbasis International terbesar di dunia. AIESEC telah tersebar luas di berbagai macam negara salah satunya Indonesia.

intipkuliah-web1

Tujuan AIESEC adalah memberdayakan anak-anak muda dan mengembangkan potensi kepemimpinan. Menurut bahasa keren mereka yaitu “empowering young people for peace and fulfillment of humankind potential”.

Karena berbasis international, kamu wajib bisa berbahasa inggris walaupun tidak setiap rapat menggunakan bahasa Inggris, tetapi pada momen-momen tertentu mengharuskan kamu berinteraksi memakai bahasa Inggris. Keren sekali bukan? selain relasi kamu semakin meluas, kamu juga bisa mengasah skill bahasa Inggris kamu. 

Selain itupun, jaringan AIESEC telah tersebar dengan luas sehingga kamu dapat kenalan dengan banyak teman dari berbagai kota bahkan negara. 

Serunya lagi, AIESEC adalah organisasi yang tidak kaku, jadi kamu bisa santai dalam berorganisasi.

sampai saat ini AIESEC masih terus diminati oleh banyak mahasiswa karena manfaatnya yang berguna untuk pengembangan diri juga berdampak pada jenjang karir.

2. MUN (Model United Nations)

Organisasi Eksternal Kampus

Mun (internationalmun.org)

MUN atau Model United Nations merupakan sebuah organisasi yang melakukan pendidikan simulasi konferensi Internasional yang mana kamu dapat memperlajari bidang diplomasi, Hubungan Internasional, dan PBB. Kamu juga dapat menjadi delegasi atau diplomat yang merumuskan solusi terhadap isu-isu global.

Karena MUN merupakan organisasi eksternal yang artinya jangkaunnya lebih luas, maka mahasiswa dari beragam kampus dan  jurusan boleh mengikuti MUN walaupun organisasi MUN identik dengan mahasiswa yang berasal dari jurusan Hubungan Internasional (HI). 

Berbagai manfaat yang kamu dapatkan dalam organisasi MUN. Selain skill berbahasa Inggris-mu semakin baik, skill public speaking, negosiasi, teknik retorika, menulis, menyusun dokumen juga akan terasah dan semakin meningkat .

dari sini dapat kita simpulkan bahwa dengan mengikuti MUN manfaat yang akan kita dapatkan ialah relasi yang akan semakin meluas, potensi terasah, dan menambah wawasan. Wah banyak sekali keuntungan yang didapatkan ya sobat intipers.

3. StudentsxCEOs

Suasana kegiatan The 3rd StudentsxCEOs Summit di Pusat Studi Jepang, Kampus UI, Depok. (Foto: Marieska/Okezone)

StudentsxCEOs (SXC) adalah organisasi yang telah dibentuk sejak tahun 2010 sebagai wadah guna mempersiapkan para pemimpin di masa mendatang. Pelajar dapat bertemu dan berbincang langsung dengan para pemimpin yang telah sukses di bidangnya. 

Terdapat banyak sekali program yang mendukung yaitu StudentsXCEOs Summit, meet the CEO, SXC Training, Internship dan lain-lain.

Dengan harapan program-program yang dihadirkan dapat meningkatkan skill leadership, memperluas wawasan dan networking. juga membuka mindset para mahasiswa yang idealis agar siap menjadi pemimpin di masa depan.

4. GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia)

Organisasi Eksternal Kampus

Salah satu kegiatan GMNI- DPP, Siaran Pers (dppgmni.org)

Salah satu organisasi mahasiswa cakupan luar kampus atau eksternal ini berdiri pada tanggal 23 Maret 1954 di Surabaya yang bersifat nasionalis dan berideologi marhaenisme sebagai landasannya.

Tujuan GMNI adalah melakukan pengkaderan akademisi dan dididik sebagai kader bangsa yang mewujudkan sosialisme Indonesia berdasarkan Pancasila.

Sudah jelas bukan, dalam organisasi yang bersifat nasionalis ini kamu akan mempelajari macam-macam masyarakat dan menjaga integrasi dari lingkup kecil menuju lingkup yang lebih besar. sehingga kamu dapat lebih kritis terhadap permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat. 

Dengan demikian, menjadikan kamu pribadi yang semakin cinta dengan tanah air. bertanggung jawab dan menjaga kesatuan Indonesia Jika kamu bergabung dengan GMNI.

5. HMI (Himpunan Mahasiswa Islam)

Organisasi Eksternal Kampus

HMI logo (himpunanmahasiswaislam.org)

Himpunan Mahasiswa Islam atau disingkat menjadi HMI. Sepertinya organisasi eksternal ini juga sudah sangat familiar di banyak kampus, terutama kampus Islam karena eksistensinya yang dianggap berpengaruh.

HMI merupakan suatu organisasi berbasis agama Islam yang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelajar dengan menjujung nilai nilai dalam ajaran Islam. 

Organisasi ini bersifat bebas, maksudnya tidak memihak terhadap suatu golongan atau ormas tertentu. Oleh karena itu, kamu tidak perlu takut tidak dapat memperluas jejaring sosial kamu. Kelebihan lain jika kamu mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam, maka kamu berada dalam lingkungan yang dapat memberi pengaruh baik kepada diri kamu.

selain organisasi eksternal, masih banyak lagi kegiatan yang dapat memperluas relasi kamu di masa kuliah. cek artikel ini 

6. Tazkia Juara

salah satu kegiatan Tazkia Juara (instagram.com/tazkiajuara)

Yang terakhir adalah organisasi eksternal kampus bernama Tazkia Juara. Walaupun tersemat nama perguruan tinggi “Institut Tazkia” karena memang didirikan oleh mahasiswa Tazkia, tetapi sebenarnya organisasi ini terbuka untuk umum seluruh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. 

Tujuan dari dibentuknya Tazkia Juara adalah untuk memfasilitasi mahasiswa/i dalam membentuk softskill dan hardskill sebagai upaya mencetak kader-kader berprestasi sesuai bidang perlombaan yang mereka minati.

Banyak kegiatan yang diadakan guna menunjang tujuan organisasi yaitu mengadakan seminar, salah satunya “Let’s Talk” bertema self improvement dengan menghadirkan para motivator, dan banyak lagi jenis seminar lainnya. Terdapat pula kegiatan pelatihan-pelatihan seperti persiapan lomba, maupun mengadakan perlombaan itu sendiri.

untuk kegiatan selengkapnya dapat dilihat di instagram Tazkia Juara

Wah sepertinya seru sekali ya sobat intipers, jika kamu mengikuti organisasi Tazkia Juara, selain memperluas relasi, kamu juga bisa terus meningkatkan prestasi dengan mengikuti banyak perlombaan.

Benefit lainnya, Tazkia Juara bersifat tidak kaku sehingga kamu bisa mengikuti kegiatan dengan asik.

 

Intinya dari sebelum bergabung pada sebuah organisasi internal maupun eksternal, kamu harus mengetahui tujuan dan fokus yang ingin kamu dapat, bukan hanya ikut-ikutan teman dengan tujuan yang belum kamu ketahui. Karena dalam bergabung dengan organisasi selain menggali manfaat daripada organisasi tersebut, kamupun harus bertanggung jawab atas apa yang diamanatkan serta tanggung jawab atas jabatan yang kamu duduki dalam organisasi.

itulah 6 Organisasi Eksternal Kampus yang dapat memperluas relasi kamu, kira-kira kamu minat ikut organisasi mana nih?

Komen dibawah! 1

  1. Nabila

    cara gabung nya gimana kak??

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.