Pariwisata

Pariwisata Universitas Gunadarma (Devian)

Halo sobat intipers! Aku Devian Karisma dari prodi Pariwisata Universitas Gunadarma angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pariwisata Universitas Gunadarma seperti apa?

Orang-orang berpikir ya jurusan pariwisata itu kuliahnya pasti jalan-jalan terus. Sebenarnya kuliahnya itu gak hanya jalan-jalan, tapi kita juga belajar merencanakan suatu perjalanan wisata. Kita belajar memberikan kebahagiaan kepada wisatawan melalui pengalaman berwisata dan pengalaman jasa terbaik untuk mereka. Jadi kita gak hanya sekadar jalan-jalan, namun kita juga mempelajari banyak hal selama kita berjalan-jalan. Seperti yang dosen saya bilang, anak pariwisata itu seperti ensiklopedia berjalan, segala sesuatu anak pariwisata harus tahu. Pokoknya seru deh pariwisata itu. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pariwisata Universitas Gunadarma?

Jadi awalnya dulu aku backgroundnya SMA jurusan IPS. Tadinya aku mau ambil jurusan akuntansi, namun karena di Universitas Gunadarma belum memiliki prodi Akuntansi, dan juga karena aku sendiri suka traveling. Pas aku liat prodi Pariwisata itu belajar tentang apa aja, yang ternyata kita belajar yang rumpun IPS. Kita ketemu banyak orang, mengelola suatu lahan kosong jadi tempat wisata nah itu kan termasuk ke Geografi ya yang di IPS juga kita belajar itu. Kita belajar memanajemen perekonomian melalui pariwisata. Oleh karena itu saya memilih jurusan pariwisata ini, karena background saya IPS dan seneng jalan-jalan.  

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah penjurusan saya, yaitu Destinasi mata kuliahnya itu ada ekowisata, agrowisata, perencanaan destinasi, manajemen atraksi wisata, biro perjalanan wisata, dan juga manajemen seni pertunjukan. Jika teman-teman senang mengikuti kegiatan volunteering di event-event, nah di sini kita belajar membuat suatu event. Jalan-jalannya itu ada di mata kuliah Guiding atau pemanduan. Itu kami datang ke suatu tempat wisata, kami bercerita sejarahnya, keunikannya juga. 

Kalau di peminatan hospitality, itu lebih condong ke perhotelan. Di sana ada mata kuliah manajemen roti dan kue, front office, manajemen tata graha, manajemen tata hidang. 

Praktikum

Kalau praktikum, dari semester awal itu kita ada tugas namanya PBL atau project based learning. Nah itu seperti kita membuat suatu video/vlog. Kalau sudah penjurusan itu praktikum sudah dijuruskan. Misalnya yang destinasi praktikumnya kami datang ke tempat wisata untuk melakukan guiding. Kalau mata kuliah perencanaan destinasi dan manajemen atraksi wisata kami datang ke desa wisata, kemudian kami langsung berinteraksi dengan masyarakat di desa wisata. Kita mencari tahu kesan, pengalaman dan informasi dari mereka terkait desa wisatanya. Di akhir pun kami membuat suatu proposal perencanaan destinasi. Kami membuat suatu destinasi dari 0, mulai dari mengajukan proposal. Nah untuk peminatan hospitality, praktikumnya full di lab.

Tugas perkuliahan

Buat aku pribadi tugas perencanaan destinasi dan manajemen atraksi wisata itu berkesan banget. Kita datang ke desa wisata, mempelajari cara mengembangkan desa wisata di sana. Saya dan teman-teman mendengarkan keluh kesah masyarakat di sana. Mereka ingin desa wisatanya dikembangkan menjadi lebih terkenal lagi. Di sana kami juga mengedukasi masyarakat agar desa wisatanya bisa menjadi desa wisata yang baik sesuai dengan arahan Kementrian Pariwisata saat ini. Satu lagi, waktu guiding, itu kampus kami bekerja sama dengan salah satu kampus di Uzbekistan. Mahasiswa dari Uzbekistan datang dan kami mengajak mereka jalan-jalan ke Ragunan keliling kota Jakarta. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 2 peminatan di Pariwisata Universitas Gunadarma, yaitu destinasi dan hospitality. Saya sendiri sudah penjurusan di Destinasi. Peminatan bisa diambil di semester 3, setelah di semester 1 dan 2 kita belajar mata kuliah umum dan basic kedua peminatan itu. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuknya untuk saat ini Pariwisata Universitas Gunadarma masih dalam program beasiswa jadi tidak dibuka secara umum. Hanya siswa tertentu atau rekomendasi dosen yang bisa masuk dan menjadi mahasiswa Pariwisata Universitas Gunadarma. Nah untuk kedepannya insya Allah prodi kami akan dibuka secara umum, jadi siapa pun bisa daftar. Kalau kalian mau nanya-nanya tentang beasiswa pariwisata bisa langsung DM ke akun @pariwisatagunadarma. 

Nah di angkatan 2019 ada 21 orang mahasiswa, di tahun 2020 ada 19 orang. Kelas aku sendiri aja cuma 13 mahasiswa, jadi seperti private class. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Pariwisata Universitas Gunadarma?

Salah satu kendala yang aku alami pas awal masuk pariwisata, jadi kaget karena dituntut untuk tampil di depan dan tidak malu. Kebanyakan anak muda jaman sekarang itu agak malu-malu, apalagi baru lulus SMA. Tipsnya adalah percaya diri aja. Kalau aku dulu, kalau ada tugas tentang presentasi atau apa itu, kalian bisa latihan saja di depan kaca, berpresentasi. Disitu kalian melihat mimik wajah kalian, pas itu kalian akan merasakan percaya diri. Itu sih yang aku rasain. Dulu pun aku introvert, males ketemu orang, malu tampil di depan. Setelah beberapa kali presentasi nanti pun akan diarahkan oleh dosen. 

Nah kalian jangan khawatir, kalau di jurusan pariwisata itu kakak kelasnya sangat welcome, karena kita dituntut untuk bisa berteman dengan semua kalangan. Jadi, kalau kalian ada kesulitan berkuliah di pariwisata, kalian bisa nanya-nanya ke kakak kelas kalian. Saya dan teman-teman pun akrab dan dekat dengan dosen seperti teman sendiri namun tetap saling menghormati. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Rumpun destinasi, itu prospek kerjanya bisa bekerja di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau di dinas pariwisata. Kita juga bisa bekerja di industri event-event, airport, airlands. Adapun di pengelolaan wisata, entah itu di desa wisata atau tempat wisata lainnya. Berbeda dengan rumpun hospitality yang fokusnya di hotel dan juga kuliner. Jadi prospeknya bisa ke manajemen hotel, dan membuat usaha catering. 

Kode konten: C545

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *