Pekerjaan Sosial, Perguruan Tinggi Kedinasan

Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung (Aditya)

Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung (Aditya)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Aditya N. dari Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung seperti apa?

Politeknik Kesejahteraan Sosial ini berbeda dengan universitas pada umumnya. Pertama, bedanya ada jurusan pekerjaan sosial. Mungkin temen-temen jarang denger ada jurusan ini di universitas pada umumnya. Nah jadi Poltekesos ini dasarnya ilmu kesejahteraan sosial, melahirkan profesi namanya pekerja sosial. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kita itu pendidikannya vokasi, Kita belajarnya lebih banyak praktik daripada teori. Pendidikannya D4 atau sarjana terapan setara S1. Jadi kita gelarnya setellah lulus itu S.Tr.Sos. Kita tugasnya adalah membantu orang lain untuk meningkatkan keberfungsian sosial mereka. Sebenernya di kampus aku tuh ada 3 jurusan, pekerjaan sosial, rehabilitasi sosial serta perlindungan dan pemberdayaan sosial. 

Kalau pekerjaan sosial ini tuh bisa diibaratkan kaya profesi dokter gitu. Kan dokter ada dokter umum ada juga dokter spesialis. Peksos juga gitu, ada peksos generalis itu untuk masalah sosial yang umum. Ada juga peksos spesialis untuk masalah sosial yang khusus, seperti masalah sosial anak, lansia untuk membantu orang lain meningkatkan keberfungsian sosialnya.  

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung ?

Sebenernya dulu aku jurusannya IPA, jadi lintas jurusan ke IPS. Aku anak IPA yang suka ke bidang sosial. Aku ngelihat pekerja sosial ini pekerjaan yang berkah gitu loh. Ini kan pekerjaan yang membantu orang lain ya, gak cuma bermanfaat buat kita doang tapi ngebantu orang lain juga. Jadi, pahalanya dapat keuntungan karirnya juga dapat. 

Kalau ngomongin asumsi pekerjaan sosial, banyak orang ngira kalau pekerja sosial itu bukan profesi. Kan pernah ya ada berita seseorang dianggap pekerja sosial karena bikin social project, padahal dia gak mengenyam pendidikan pekerjaan sosial. Jadi pengen mengubah asumsi itu di masyarakat. 

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata kuliahnya ini ada yang umum. Nah selain itu, mata kuliahnya itu kaya gabungan gitu loh, kita belajar sosiologi, psikologi, bahasa juga. Kalau mata kuliah yang khusus jurusan pekerjaan sosial, saya sebut beberapa ya di antaranya human behavior and social environment, itu adalah mata kuliah yang mempelajari perilaku manusia di kehidupan sosial yang kita lihat dari 4 aspek, yaitu biologis psikologis, sosial, dan spiritual. Mata kuliah lainnya itu ada intervensi yang dalam lingkup mikro, mezo dan makro. Kalau intervensi mikro itu lingkupnya individu dan keluarga. Intervensi mezzo lingkupnya kelompok. Nah, kalau yang makro itu namanya COCD (Community organization sama community development). Jadi lebih ke lingkungan masyarakat dan komunitas. Selanjutnya ada mata kuliah namanya manajemen kasus, itu kita belajar memanajeri kasus dari awal kasusnya ada sampai permasalahan kasus tersebut. 

Tugas perkuliahan

Kalau ngomongin tugas mata kuliah, kurang lebih sama dengan kampus lainnya. Ada yang namanya praktikum. Bedanya, ada 5 kali sidang nih kak. Ada sidang praktikum 1, praktikum 2, praktikum 3, sidang proposal dan sidang skripsi. Ketiga praktikum ini tuh kaya KKN gitu kalau di kampus lain. Praktikum 1 itu kita dikirim ke kelurahan, praktikum 2 ke balai, panti, atau lembaga sosial, dan praktikum 3 ini baru ke desa. Dari laporan praktikum itu nanti ada sidangnya dan ujian besar. Jadi ini tugas yang paling jadi ciri khas. 

Kalau tugas yang sehari-hari sih mungkin kurang lebih sama dengan mahasiswa lainnya. Banyaknya tuh kalau kuliah daring ini tugasnya dalam bentuk video wawancara dengan masyarakat karena peksos ini nantinya turun ke masyarakat. Misalnya buat video wawancara tentang gimana caranya komunikasi dan relasi ke masyarakat, video tentang budaya masyarakat dan gimana caranya menyesuaikan diri kita dengan budaya setempat. Di mata kuliah manajemen kasus kita harus menyusun sebuah folder dari awal proses asesmen sampai akhirnya proses intervensi. Itu terdiri dari time sheet, laporan intervensi, format rencana intervensi, form contract dan istilah-istilah itu bisa temen-temen pelajari kalau masuk ke jurusan pekerjaan sosial. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di kampusku, konsentrasi ini namanya kajian. Kajian dimulainya di semester 5. Setahuku kajiannya ada banyak dan beragam pilihannya. Ada kajian anak, lansia, disabilitas, bencana dan pengungsi dan ajian0kajian lainnya. Kajian ini bisa dipilih sesuai minat kita. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Politeknik Kesejahteraan Sosial ini termasuk perguruan tinggi kedinasan, tapi tidak termasuk ke SSCN kaya STAN, dll. Poltekesos punya 1 seleksi, ujian tulis sama wawancara. Kalau jalur pendaftarannya sendiri ada 4, jalur tugas belajar itu untuk pegawai Kemensos atau perkantoran yang ingin melanjutkan ke D4. Jalur kerja sama ini bisa dilihat sama temen-temen apakah pemerintah daerah kalian menjalin kerja sama dengan Poltekesos dan kalau iya nanti bisa ikut ujian tulis. Jalur kerja sama juga bisa untuk anak SMK yang jurusan kesejahteraan sosial. Selanjutnya ada jalur mandiri, nah aku sendiri jalur ini. Ini tuh jalur yang umum, semuanya bisa daftar. Terakhir, jalur layanan khusus untuk penyandang disabilitas, seperti tunanetra, tunadaksa. 

Ujian seleksi masuk

Ujian tulisnya itu biasanya terdiri dari soal bahasa Indonesia, bahasa Inggris, TWK, TPA sama pengetahuan umum kesejahteraan sosial. Wawancaranya itu biasanya ditanya tentang alasan masu, kemampuan bahasa Inggris, bisa juga unjuk bakat di depan pewawancara. Kebetulan Poltekesos sudah buka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2021, informasinya bisa diakses di pmb.poltekesos.ac.id. Kalau angkatan aku sendiri yang diterima sekitar 300-400 orang dari ruam pendaftar, kalau angkatan setelahnya itu jadi 500 orang. Jadi ada penambahan kuota, untuk tahun 2021 belum tau gimana jadinya yang penting temen-temen harus siap bersaing. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung?

Tipsnya itu pertama, tingkatkan komunikasi dan relasi. Jadi temen-temen yang mau masuk Peksos bisa nih belajar mengasah public speaking karena itu bener-bener skill yang dibutuhkan sebagai seorang peksos. Di tugas-tugas aja tuh banyak banget tugas-tugas tentang public speaking, wawancara. Jadi bisa temen-temen asah kemampuan public speaking dan meningkatkan kepercayaan diri. 

Kalau temen-temen pas sekolah aktif di organisasi, nah itu bisa dilanjutkan. Di organisasi kan kita membangun relasi, sama kaya kita bangun relasi di masyarakat. Kita bisa belajar gitu dalam organisasi. Bisa juga buat temen-temen nambah prestasi atau buat temen-temen yang SMA bisa mamah ujian TOEFL buat jadi nilai tambah dalam seleksi masuk. 

Ketika sudah masuk, jangan sungkan untuk membangun relasi dengan kakak tingkat karena mereka baik-baik, gak gimana-gimana gitu. Kalian juga bisa aktif di perkuliahan. Di kampus ini ada pemilihan beasiswa prestasi, jadi yang dapat bisa gratis biaya kuliah selama 1 tahun dan itu terus dievaluasi per tahunnya. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Lulusan Poltekesos akan langsung mendapatkan sertifikasi pekerja sosial. Hal ini yang membedakan dengan alumnus kesejahteraan sosial di universitas lainnya karena di universitas lainnya belum tentu langsung mendapatkan sertifikasi pekerja sosial. Sementara kalau di Politeknik Kesejahteraan Sosial itu sudah menjurus ke pekerjaan sosial, itu sudah ada sertifikasinya. Jadi ketika lulus, karirnya sudah pasti menjadi seorang pekerja sosial. Perlu dipahami, Poltekesos Bandung ini kedinasan tapi bukan ikatan dinas, jadi dibebaskan mau bekerja di pemerintahan atau swasta.

Alumni banyak yang jadi PNS di Kemensos atau Dinas Sosial, bisa juga bekerja di BPJS Kesehatan, BNN, KPAI, di rumah sakit juga bisa karena banyak rumah sakit yang menerima pekerjaan sosial terutama yang ambil kajian medis. Bisa juga kerja di SLB. Selain itu bisa bekerja di NGO, kaya Save The Children, UNICEF. Di sektor swasta, bisa bekerja sebagai CSR atau community development officer. Alumni kita ada yang bekerja di Pertamina, Sinar Mas, dan lain sebagainya. Jadi luas untuk prospek kerjanya. 

Kode konten:C530

Komen dibawah! 30

  1. Lusclarita

    Izin tanya kak
    Kalo jurusan dari rehabilitasi sosial prospek kerja apa yang diluangkan kak🙏

    • adityanofrianda

      Halo. Maaf baru dibales. Terima kasih sudah mau mampir. Kebetulan aku sendiri jurusan Pekerjaan Sosial, jadi kurang begitu mendalami jurusan Rehabilitasi Sosial. Setau aku prospek kerja nya juga tidak jauh berbeda misal di Kemensos, menjadi tenaga rehabilitasi di balai-balai rehabilitasi, BNN, NGO, dan lain-lain. Kalau mau lebih jelasnya mungkin bisa cari di instagram HIMA REHSOS ya untuk info lebih lengkapnya. Terima kasih.

  2. devina azzahra

    haloo kak izin bertanya ya,
    klo untuk sesi wawancara itu mengenai kegiatan kita selama disekolah saja kah? atau ada pertanyaan tertentu? dan untuk bahasa inggris yg basic2 nya saja atau yg lebih mendasar ya kak? barangkali ada rekomendasi buku untuk persiapan seleksi ujian jurusan peksos, thankyouu:)

    • Ade Isna Syafitri

      hai kak boleh aku jawab ya, selain kegiatan sekolah ada juga beberapa pertanyaan tentang pengetahuan twk terus tanggapan kita seperti apa, terkait 5 tahun kedepan kita mau jadi setelah lulus dari sana juga ditanyain.

    • adityanofrianda

      halo. maaf baru dijawab. kebetulan di tahun ku gaada tes wawancara tapi di tahun kating dan adek tingkat ada. setauku iyaa lebih ke kemampuan bahasa inggris. pengalaman sekolah jugaa terkait minat bakat kamu, prestasi, kegiatan. lalu juga alasan mau masuk poltekesos. kalau untuk buku, aku belum ada ketemu buku khusus seleksi masuk poltekesos atau peksos. tapi bisa belajar twk dari buku buku cpns, tes kedinasan lain. untuk tpa bisa juga belajar dari buku soal sbmptn, atau seleksi mandiri kampus lainnya

  3. LUQMAN

    Halo kak mau nanya?
    Kalau di Politeknik Kesejahteraan Sosial itu tata tertibnya seperti apa, misal kayak rambut untuk laki2 tidak boleh gondrong & rambut tidak di cat atau harus mengenakan seragam khusus?

    • adityanofrianda

      halo di poltekesos bandung sendiri, memang menggunakan seragam khusus yaitu seragam pdh dan safari yang digunakan berjadwal setiap harinya dan juga ada jas almamater. seragam khususnya juga terdiri dari name tag dan ada pin pin khusus. termasuk juga sepatu pantofel untuk laki-laki, ikat pinggang. kalau untuk rambut, tidak ada ketentuan untuk minimal berapa cm dll. ketentuan rambut pendek dengan minimal cm itu hanya untuk maba saat akan melakukan kegiatan PPI (Program Pengenalan Institusi) dan Latsar Bela Negara. setelah itu untuk urusan rambut dibebaskan tapi memang umumnya saat offline, semua mahasiswa laki laki rambutnya pendek rapi, jarang terlihat yang gondrong dan dicat. kalau ketentuan lainnya tentunya ada, umumnya mirip juga dengan tata tertib di sekolah maupun kampus lain.

  4. Fidela Sharin

    Hai kak aku mau nanya,untuk masuk apakah ada nilai minimal? Btw aku juga jurusan ipa dan sekarang masih kelas 11,mau persiapan dari sekarang sapatau bisa masuk juga🙏🏻

    • adityanofrianda

      hai untuk nilai minimal sendiri setauku tidak diumumkan karena memang sistem masuk poltekesos itu bukan berdasarkan nila rapor seperti snmptn tapi berdasarkan nilai tes tertulis dan wawancara. memang saat pengisian biodata diminta ijazah/skl tapi aku kurang tau nilai di dalamnya jadi pertimbangan atau tidak, tapi ya sebaiknya nilainya bagus. kebetulan aku juga jurusan MIPA dan mulai persiapan dari kelas 11. untuk persiapan, kamu bisa coba belajar TWK dari soal soal tes CPNS atau tes kedinasan lainnya, TPA dari soal soal SBMPTN atau tes mandiri kampus lain misalnya. belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan pengetahuan umum kesejahteraan sosial juga. kamu bisa cari soal soal tes poltekesos tahun tahun sebelumnya di internet, setauku ada, buat latihan aja. bisa juga belajar dari tips tips wawancara untuk mengikuti wawancara nanti. karena masih kelas 11, boleh banget menambah prestasi yang ada piagamnya, karena nanti saat pendaftaran akan ada form prestasi. semangatt

      • Zacky

        Kak untuk tempat tinggal asrama apa kita bebas milih tinggal dmna

        • adityanofrianda

          untuk tempat tinggal dibebaskan yaa. ada asrama putri dan asrama putra tapi setauku hanya untuk mahasiswa tugas belajar dan kerja sama. untuk mahasiswa mandiri atau layanan khusus, khususnya memilih tempat tinggal sendiri di kos-kosan sekitar kampus

  5. Bun

    Maaf kak mau bertanya. Apakah untuk masuk stks ini ada kriteria nya tersendiri? Seperti tinggi badan ataupun mata minus dll nya? Selain itu apakah ada minimal nilai agar dapat masuk/diterima di univ ini? Juga kalau boleh apa bisa kakaknya share atau kasih tau berapa nilai kakak pas daftar di univ ini. Terimakasih kak semoga pertanyaan saya bisa dijawab🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    • adityanofrianda

      halo. kalau sepengalaman aku, tidak ada ketentan minimal tinggi badan, mata minus dll. karena penyandang disabilitas juga diterima di kampus. saya juga mengidap buta warna parsial dan diterima di kampus ini. hanya saja memang nanti akan ada cek kesehatan tapi itu juga nanti setelah daftar ulang jika lolos. untuk nilai minimal sendiri setauku tidak diumumkan karena memang sistem masuk poltekesos itu bukan berdasarkan nilai rapor seperti snmptn tapi berdasarkan nilai tes tertulis dan wawancara. memang saat pengisian biodata diminta ijazah/skl tapi aku kurang tau nilai di dalamnya jadi pertimbangan atau tidak, tapi ya sebaiknya nilainya bagus. jadi saya juga gabisa share nilai saya karena memang tidak diumumkan dan untuk nilai dalam skl kurang tau jadi pertimbangan atau tidak. yang penting tetep maksimalkan di persiapan tes tertulis dan wawancara, boleh juga dengan menambah prestasi, karena piagam prestasi menjadi salah satu form saat pendaftaran. semangat yaa

  6. Neaa

    Halo kak, izin tanya dong, klo mendaftar jalur prestasi, apakah sertifikat organisasi bisa dimasukan juga?

    • adityanofrianda

      halo maaf baru dibalas. kalau melihat dari pmb tahun lalu, sebenernya pembagian sertif prestasi itu ada 5 bidang yaitu akademik, olahraga, seni, bahasa, dan lainnya. nah nantinya tiap pembagian diminta isi tingkatannya apakah tingkat internasional, nasional, provinsi, atau kabupaten/kota. nah jadinya kalau untuk sertif organisasi sendiri aku kurang tau, tapi kalau misal sertif organisasinya ada peringkatnya dan ada tingkatannya seperti ‘Peringkat I Ketua OSIS Terbaik se-Kota A’ mungkin bisa dimasukkan di bidang lainnya

  7. Heru ny

    Kapan mulai pendaftaran th ajaran 2022 kak? Maaf kira2 brp % yg diterima dari semua pendaftar th 2020-2021
    Terimakasih..

    • adityanofrianda

      halo. maaf baru dibalas. untuk tahun 2022, setauku memang belum dibuka pendaftaran. biasanya pendaftaran dimulai dari bulan April sampai Juni/Juli, bisa dicek nanti di website PMB Poltekesos. Kalau untuk berapa persen yang diterima, aku kurang tau pastinya berapa persen, tapi memang untuk angkatanku yang diterima 300-400 orang dan angkatan setelahku itu 500an orang. itu sudah termasuk 3 jurusan, ga hanya peksos aja. jadi memang tidak terlalu banyak, yang penting semangat bersaing

  8. Salsa

    Biaya persemesternya brp kak buat yg daftar jalur mandiri? Apa ada penggolongan ukt juga? Dan kira2 seluruh biaya awal termasuk smt pertama dan pendaftaran ulang kira2 brp ya?

    • adityanofrianda

      halo maaf baru dibalas. untuk biaya per semester umumnya 1-2 jutaan. aku kurang ingat biaya semester awal tapi seingatku biaya per semester itu 1-2jutaan, lalu ditambah biaya pendaftaran seleksi, biaya asuransi, dan lain-lain mungkin bisa disiapkan 3-5jutaan yaa kalau mau jaga jaga. sepemahamanku tidak ada penggolongan UKT. yang ada hanya penggolongan tugas belajar, kerja sama, mandiri, dan layanan khusus untuk disabilitas. nah untuk mahasiswa tugas belajar, kerja sama, dan layanan khusus umumnya tidak membayar biaya perkuliahan. kalau untuk mahasiswa mandiri, nanti ada pemilihan mahasiswa penerima beasiswa prestasi, nah yang dapet beasiswa ini free biaya kuliah selama 1 tahun dan itu akan dievaluasi terus tiap tahunnya. tapi kalau untuk biaya masuk dan semester 1 itu tetap bayar

  9. Xxx

    Hallo kak izin bertanya, kalo misal
    public speaking nya kurang itu gimna ya kak soalnya saya kurang percaya diri untuk berbicara dengan orang banyak

    • adityanofrianda

      halo. maaf baru bales. gapapa kok, semua orang pasti ada fase gugup dan fase kurang percaya diri saat mau public speaking. caranya yaa pastinya latihan. bisa baca baca buku atau artikel tips public speaking, bisa juga nonton nonton video public speaking. kalau kamu bener bener mau mendalami banget, banyak juga kursus latihan public speaking. tapi bisa juga latihan dari hal sederhana misal ngomong depan kaca, ngomong depan keluarga, presentasi di depan teman teman kelas. kalau untuk tes poltekesos sendiri, public speaking itu kepake waktu tes wawancara. kamu bisa baca baca dan nonton video tips wawancara. kalau waktu kuliah paling seringnya presentasi atau ketika praktikum yaa presentasi dan diskusi bersama masyarakat. semangatt

  10. andra

    halo kak, mau tanyaa
    untuk pendaftaran jalur mandiri itu apakah ada ketentuan batas usia setalah kelulusan tidak? misal ada, maksimal berapa tahun setelah kelulusan/maksimal jmur berapa ya kak

    • adityanofrianda

      Halo, maaf untuk persyaratan dan panduan tahun ini belum tau apakah ada ketentuan batas usia atau tidak. Tapi yang pasti di tahunku, itu ada kok yang sudah lulus SLTA satu hingga dua tahun sebelumnya, ikut daftar dan berhasil lolos

  11. Ilmi

    KEREN!!!!! Semangat adik-adik dan Makasih buat Adit sdh berbagi pengalaman dan cerita ttgg kampus & jurusan tercinta wkw. Aku alumni angktn 2015 jg prnh nulis di intipjurusan wkt msh smester 6, Alhamdulillah skrg udh keterima PNS pemprov. Semangat buat semuanya!🖤

  12. rahma

    Ka maaf ijin bertanya, kalo yg kerja di Pertamina itu yg kaya ngidiin bensin di spbu gitu?

    • adityanofrianda

      haii. kalau untuk alumni yang bekerja di perusahaan seperti Pertamina setauku umumnya bekerja di bidang community development

  13. Fitri

    Ka maaf ijin bertanya kalau siswa gap year terus lulusan pesantren apakah bisa masuk poltekesos ini…

    Semoga bisa yaa ka 🙂

    • adityanofrianda

      halo. untuk lulusan pesantren, aku kurang tau apakah ada atau tidak di poltekesos. tapi untuk gap year itu bisa. ada yang 1-2 tahun gap year diterima di poltekesos

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.