Pekerjaan Sosial, Perguruan Tinggi Kedinasan

Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung (Aditya)

Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung (Aditya)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Aditya N. dari Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung seperti apa?

Politeknik Kesejahteraan Sosial ini berbeda dengan universitas pada umumnya. Pertama, bedanya ada jurusan pekerjaan sosial. Mungkin temen-temen jarang denger ada jurusan ini di universitas pada umumnya. Nah jadi Poltekesos ini dasarnya ilmu kesejahteraan sosial, melahirkan profesi namanya pekerja sosial. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kita itu pendidikannya vokasi, Kita belajarnya lebih banyak praktik daripada teori. Pendidikannya D4 atau sarjana terapan setara S1. Jadi kita gelarnya setellah lulus itu S.Tr.Sos. Kita tugasnya adalah membantu orang lain untuk meningkatkan keberfungsian sosial mereka. Sebenernya di kampus aku tuh ada 3 jurusan, pekerjaan sosial, rehabilitasi sosial serta perlindungan dan pemberdayaan sosial. 

Kalau pekerjaan sosial ini tuh bisa diibaratkan kaya profesi dokter gitu. Kan dokter ada dokter umum ada juga dokter spesialis. Peksos juga gitu, ada peksos generalis itu untuk masalah sosial yang umum. Ada juga peksos spesialis untuk masalah sosial yang khusus, seperti masalah sosial anak, lansia untuk membantu orang lain meningkatkan keberfungsian sosialnya.  

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung ?

Sebenernya dulu aku jurusannya IPA, jadi lintas jurusan ke IPS. Aku anak IPA yang suka ke bidang sosial. Aku ngelihat pekerja sosial ini pekerjaan yang berkah gitu loh. Ini kan pekerjaan yang membantu orang lain ya, gak cuma bermanfaat buat kita doang tapi ngebantu orang lain juga. Jadi, pahalanya dapat keuntungan karirnya juga dapat. 

pmb2-min

Kalau ngomongin asumsi pekerjaan sosial, banyak orang ngira kalau pekerja sosial itu bukan profesi. Kan pernah ya ada berita seseorang dianggap pekerja sosial karena bikin social project, padahal dia gak mengenyam pendidikan pekerjaan sosial. Jadi pengen mengubah asumsi itu di masyarakat. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata kuliahnya ini ada yang umum. Nah selain itu, mata kuliahnya itu kaya gabungan gitu loh, kita belajar sosiologi, psikologi, bahasa juga. Kalau mata kuliah yang khusus jurusan pekerjaan sosial, saya sebut beberapa ya di antaranya human behavior and social environment, itu adalah mata kuliah yang mempelajari perilaku manusia di kehidupan sosial yang kita lihat dari 4 aspek, yaitu biologis psikologis, sosial, dan spiritual. Mata kuliah lainnya itu ada intervensi yang dalam lingkup mikro, mezo dan makro. Kalau intervensi mikro itu lingkupnya individu dan keluarga. Intervensi mezzo lingkupnya kelompok. Nah, kalau yang makro itu namanya COCD (Community organization sama community development). Jadi lebih ke lingkungan masyarakat dan komunitas. Selanjutnya ada mata kuliah namanya manajemen kasus, itu kita belajar memanajeri kasus dari awal kasusnya ada sampai permasalahan kasus tersebut. 

Tugas perkuliahan

Kalau ngomongin tugas mata kuliah, kurang lebih sama dengan kampus lainnya. Ada yang namanya praktikum. Bedanya, ada 5 kali sidang nih kak. Ada sidang praktikum 1, praktikum 2, praktikum 3, sidang proposal dan sidang skripsi. Ketiga praktikum ini tuh kaya KKN gitu kalau di kampus lain. Praktikum 1 itu kita dikirim ke kelurahan, praktikum 2 ke balai, panti, atau lembaga sosial, dan praktikum 3 ini baru ke desa. Dari laporan praktikum itu nanti ada sidangnya dan ujian besar. Jadi ini tugas yang paling jadi ciri khas. 

Kalau tugas yang sehari-hari sih mungkin kurang lebih sama dengan mahasiswa lainnya. Banyaknya tuh kalau kuliah daring ini tugasnya dalam bentuk video wawancara dengan masyarakat karena peksos ini nantinya turun ke masyarakat. Misalnya buat video wawancara tentang gimana caranya komunikasi dan relasi ke masyarakat, video tentang budaya masyarakat dan gimana caranya menyesuaikan diri kita dengan budaya setempat. Di mata kuliah manajemen kasus kita harus menyusun sebuah folder dari awal proses asesmen sampai akhirnya proses intervensi. Itu terdiri dari time sheet, laporan intervensi, format rencana intervensi, form contract dan istilah-istilah itu bisa temen-temen pelajari kalau masuk ke jurusan pekerjaan sosial. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di kampusku, konsentrasi ini namanya kajian. Kajian dimulainya di semester 5. Setahuku kajiannya ada banyak dan beragam pilihannya. Ada kajian anak, lansia, disabilitas, bencana dan pengungsi dan ajian0kajian lainnya. Kajian ini bisa dipilih sesuai minat kita. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Politeknik Kesejahteraan Sosial ini termasuk perguruan tinggi kedinasan, tapi tidak termasuk ke SSCN kaya STAN, dll. Poltekesos punya 1 seleksi, ujian tulis sama wawancara. Kalau jalur pendaftarannya sendiri ada 4, jalur tugas belajar itu untuk pegawai Kemensos atau perkantoran yang ingin melanjutkan ke D4. Jalur kerja sama ini bisa dilihat sama temen-temen apakah pemerintah daerah kalian menjalin kerja sama dengan Poltekesos dan kalau iya nanti bisa ikut ujian tulis. Jalur kerja sama juga bisa untuk anak SMK yang jurusan kesejahteraan sosial. Selanjutnya ada jalur mandiri, nah aku sendiri jalur ini. Ini tuh jalur yang umum, semuanya bisa daftar. Terakhir, jalur layanan khusus untuk penyandang disabilitas, seperti tunanetra, tunadaksa. 

Ujian seleksi masuk

Ujian tulisnya itu biasanya terdiri dari soal bahasa Indonesia, bahasa Inggris, TWK, TPA sama pengetahuan umum kesejahteraan sosial. Wawancaranya itu biasanya ditanya tentang alasan masu, kemampuan bahasa Inggris, bisa juga unjuk bakat di depan pewawancara. Kebetulan Poltekesos sudah buka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2021, informasinya bisa diakses di pmb.poltekesos.ac.id. Kalau angkatan aku sendiri yang diterima sekitar 300-400 orang dari ruam pendaftar, kalau angkatan setelahnya itu jadi 500 orang. Jadi ada penambahan kuota, untuk tahun 2021 belum tau gimana jadinya yang penting temen-temen harus siap bersaing. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Pekerjaan Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung?

Tipsnya itu pertama, tingkatkan komunikasi dan relasi. Jadi temen-temen yang mau masuk Peksos bisa nih belajar mengasah public speaking karena itu bener-bener skill yang dibutuhkan sebagai seorang peksos. Di tugas-tugas aja tuh banyak banget tugas-tugas tentang public speaking, wawancara. Jadi bisa temen-temen asah kemampuan public speaking dan meningkatkan kepercayaan diri. 

Kalau temen-temen pas sekolah aktif di organisasi, nah itu bisa dilanjutkan. Di organisasi kan kita membangun relasi, sama kaya kita bangun relasi di masyarakat. Kita bisa belajar gitu dalam organisasi. Bisa juga buat temen-temen nambah prestasi atau buat temen-temen yang SMA bisa mamah ujian TOEFL buat jadi nilai tambah dalam seleksi masuk. 

Ketika sudah masuk, jangan sungkan untuk membangun relasi dengan kakak tingkat karena mereka baik-baik, gak gimana-gimana gitu. Kalian juga bisa aktif di perkuliahan. Di kampus ini ada pemilihan beasiswa prestasi, jadi yang dapat bisa gratis biaya kuliah selama 1 tahun dan itu terus dievaluasi per tahunnya. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Lulusan Poltekesos akan langsung mendapatkan sertifikasi pekerja sosial. Hal ini yang membedakan dengan alumnus kesejahteraan sosial di universitas lainnya karena di universitas lainnya belum tentu langsung mendapatkan sertifikasi pekerja sosial. Sementara kalau di Politeknik Kesejahteraan Sosial itu sudah menjurus ke pekerjaan sosial, itu sudah ada sertifikasinya. Jadi ketika lulus, karirnya sudah pasti menjadi seorang pekerja sosial. Perlu dipahami, Poltekesos Bandung ini kedinasan tapi bukan ikatan dinas, jadi dibebaskan mau bekerja di pemerintahan atau swasta.

Alumni banyak yang jadi PNS di Kemensos atau Dinas Sosial, bisa juga bekerja di BPJS Kesehatan, BNN, KPAI, di rumah sakit juga bisa karena banyak rumah sakit yang menerima pekerjaan sosial terutama yang ambil kajian medis. Bisa juga kerja di SLB. Selain itu bisa bekerja di NGO, kaya Save The Children, UNICEF. Di sektor swasta, bisa bekerja sebagai CSR atau community development officer. Alumni kita ada yang bekerja di Pertamina, Sinar Mas, dan lain sebagainya. Jadi luas untuk prospek kerjanya. 

Kode konten:C530

Komen dibawah! 2

  1. Lusclarita

    Izin tanya kak
    Kalo jurusan dari rehabilitasi sosial prospek kerja apa yang diluangkan kak🙏

    • adityanofrianda

      Halo. Maaf baru dibales. Terima kasih sudah mau mampir. Kebetulan aku sendiri jurusan Pekerjaan Sosial, jadi kurang begitu mendalami jurusan Rehabilitasi Sosial. Setau aku prospek kerja nya juga tidak jauh berbeda misal di Kemensos, menjadi tenaga rehabilitasi di balai-balai rehabilitasi, BNN, NGO, dan lain-lain. Kalau mau lebih jelasnya mungkin bisa cari di instagram HIMA REHSOS ya untuk info lebih lengkapnya. Terima kasih.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *