Ekonomi, Universitas Gadjah Mada

Pembangunan Ekonomi Kewilayahan UGM (Azid)

Pembangunan Ekonomi Kewilayahan UGM (Azid)

Halo sobat intipers! Aku Muhamad Rizky Azidtya dari Pembangunan Ekonomi Kewilayahan UGM angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan UGM seperti apa?

Jadi pembangunan ekonomi kewilayahan atau singkatannya PEK adalah program studi yang menggabungkan jurusan ekonomi pembangunan dan jurusan perencanaan wilayah dan kota. Jurusan ini menggabungkan kedua hal itu menjadi satu jurusan, yang di dalamnya memberikan informasi tentang perencanaan ekonomi, kelayakan proyek, menghitung ketika suatu pembangunan dilihat secara ekonominya itu seperti apa, dan juga jurusan ini menjabarkan implementatif dan administratif mengenai ekonomi dan pembangunan-pembangunan yang ada di suatu wilayah. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan UGM?

Aku pribadi dulu adalah anak lintas jurusan dari saintek, tapi aku masuk di jurusan soshum. Alasannya kenapa, karena aku orang yang suka banget dengan perekonomiaan. Disamping itu, aku merasa pembangunan ekonomi kewilayahan masih ada relatablenya dengan saintek karena didalamnya ada juga pembangunan, masih ada dalam unsur-unsur saintek dan juga unsur-unsur tekniknya. Jadi itu yg melatarbelakangi aku untuk memilih jurusan pembangunan ekonomi kewilayahan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah dan tugas yang secara aku pribadi cukup berat dan sejauh 3 semester ini itu, ada ekonometrika yang masuk dalam program studi statistika yang mana membasahas berkaitan dengan ekonomi, matematika dan juga statistika. Kalo melihat dari mata kuliah apa aja yang akan aku lewatin selama berkuliah di program studi ini itu, ada yang menarik namanya studi kelayakan proyek, berkaitan  dengan perencanan wilayah dan kota. Selain itu ada ekonomi publik dimana membahas mengenai gimana suatu ekonomi di suatu wilayah ditelusuri secara mendetail. Sedangkan mata kuliah yang menarik selama 3 semester itu yang aku sebutin tadi, ekonometrika karena basic dari anak yang lintas jurusan mempelajari hal baru, seperti mempelajari softwere SPSS, EViews dan R, mempelajari hal itu secara mendalam bagaimana cara mengoprasikannya, karena berkaitan lagi prospek kerjanya akan berhubungan dengan itu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada pilihannya di semester 6 atau 5. Namanya perencanaan ekonomi pada bidang sumber daya alam dan lingkungan, bidang industri, ekonomi di bidang perkotaan, ekonomi di bidang pedesaan. Itu akan dipilih dan kalo tidak salah ada 2 SKS. Aku pribadi masih fifty-fifty antara mau ambil perencanaan ekonomi perkotaan atau ekonomi pedesaan. Karena basicnya nama program studinya pembangunan ekonomi kewilayaahan, jadi aku mencoba memahami lebih jauh tentunya di suau perkotaan, gimana kalo perkotaan sudah maju, pembangunan ekonominya bagaimana dan kalo di pedesaan itu seperti apa, apakah berbeda nantinya. Jadi ada sedikit rasa kepo pembangunan yang ada di perkotaan dan pedesaan.

pmb2-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

PEK merupakan salah satu jurusan yang masuk kedalam sekolah vokasi UGM. Sekolah vokasi sekarang seluruhnya sudah D4 atau sarjana terapan. Jadi di kita udah ga ada yang namanya D3. Kemudian cara masuknya ditahun ini kalo tidak salah informasi, tapi belum pasti jurusan ini di UGM bisa diambil di SNMPTN.Temen-temen cek di um.ugm.ac.id website resminya UGM, dan selain itu juga temen-temen bisa masuk lewat UTUL, itu tes tulisnya UGM.

Ada yang namanya PBU atau Penelusuran Bibit Unggul. Itu dibagi 4 penelusuran yaitu bibit unggul tidak mampu, berprestasi, kemitraan, dan SMA/SMK sederajat. Proses seleksinya tentunya berbeda. Ujian tulis tentunya seperti ujian mandiri. PBUB itu seleksi nilai raport kemudian juga menggunakan piagam prestasi saat SMA dan banyak lagi persyaratan lainnya. Bisa temen-temen cek di website resminya UGM.

Aku sendiri waktu itu masuk lewat jalur PBUB. Aku waktu itu melampirkan nilai raport, PBUB ini bisa dikatakan SNMPTN versi UGMnya sendiri. Nah PBUB ini aku pribadi menggunakan piagam penghargaan. Aku kemarin memasukan 3 piagam penghargaan. Tips lulus jalur itu, temen-temen harus pilih piagam penghargaan setingkat nasional. Itu karena pesaingnya banyak banget dan banyak banget pertimbangan dari pihak UGM untuk meloloskan piagam temen-temen. Piagamnya harus bergelar juara, dan minimal pada tingkat provinsi, nasional dan internasional, bagi yang punya boleh banget dilampirkan. Sertifikatnya bebas, aku sendiri ga relatable sama sekali dengan jurusannya. Kemarin aku memasukan piagam nasional dibidang kepramukaan tetapi emang dua piagam lainnya bisa dikatakan relatable. Nah mungkin sesuai dengan syaratnya, harus memasukan piagam penghargaan pada bidang IPTEK, seni dan olahraga, dan MTQ.

Ada tips buat mahasiswa baru Pembangunan Ekonomi Kewilayahan UGM?

Buat temen-temen maba 2020 yg baru masuk kejurusan pembangunan ekonomi kewilayahan, mulai latih kembali untuk belajar memahami mengenai matematika, karena jurusan ini banyak banget berhubungan dengan matematika, mulai itu statistika, ekonematrika dan ekonomi lainnya, karena itu perlu banget temen-temen pahami. Jurusan ini menitik beratkan buat temen-temen paham banget dengan matematika. Aku dulu membayangkan tidak akan terlalu banyak matematika, tapi ternyata setelah masuk, banyak banget pelajaran yang berhubungan dengan matematika. Jadi priparing dari sekarang, biar bisa menyicil program atau aplikasi yang bisa digunakan ketika di semster 3 atau selanjutnya seperti SPSS, Excel, EViews dan R itu bisa di cicil dipelajari dari sekarang.

Salah satu kegiatan organisasi dan kepanitiaan

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Mata kuliah di PEK memiliki kerja sama dengan BAPENAS jadi temen-temen yang mau masuk PEK itu, prospek kerjanya bisa di BAPENAS, BAPEDA atau yang dalam hal ini daerah, dan perusahaan-perusahaan mitra lainnya seperti BUMN yang memerlukan perencanaan didalamnya, itu prospek kerjanya ke situ. Tp kebanyakan di BAPENAS dan BAPEDA karena tujuan utamanya kesitu.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Sesuai dg tujuannya semoga bisa bekerja di BAPENAS, apalagi kemarin isu indonsesia mau pindah ibu kota, jadi program studi ini bekerja banyak banget, ikut serta membangun ibu kota baru nantinya, kemudian harapannya pengen lanjut S2 setelah lulus dari program studi ini.

Kode konten: C304

Komen dibawah! 1

  1. Nur Halisa

    Kak saya mau tanya,kalo dari mipa bisa ke jurusan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan? Saya kelas 11 ini mau persiapan, Terimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *