Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Universitas Gadjah Mada

Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM (Chika)

Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM (Chika)

Halo sobat intipers! Aku Ratu Chika F. Jannah dari Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM itu seperti apa?

Prodi ini mempelajari cara kita menciptakan pembangunan sosial di Indonesia melalui strategi pemecahan masalah berdasarkan 3 sudut pandang. Kita mempelajari cara menciptakan pembangunan sosial yang bisa membawa kesejahteraan melalui peran pemerintah, perusahaan swasta dan masyarakat itu sendiri.

Jurusan ini belajar ilmu yang interdisipliner, kita belajar berbagai ilmu kaya psikologi, sosiologi, hukum, politik, filsafat, ekonomi untuk bisa diimplementasikan ke masyarakat.

promo-web

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM?

Sebenernya ini bukan jurusan yang aku kejar, awalnya aku pengen psikologi. Waktu itu takut mau masuk jurusan mana, dan sempet skeptis buat milih jurusan psikologi karena peminatnya banyak. Jadi, aku nyaris jurusan yang sekiranya aku bisa pelajari psikologi dan banyak hal lain. Terus aku konsul ke guru BK dan beliau menyarankan jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di semester 1 itu paling baru pengenalan aja. Kaya ada pengantar ilmu politik, penagnatar PSDK. Paling ikonic adalah mata kuliah praktikum, meskipun PSDK ini ilmu sosial tapi ada praktikumnya. Praktikum kita ini diadain di semester 4, hanya kemarin keburu online jadi agak menyedihkan juga. Awalnya praktikumnya itu sangat seru. Itu jadi kaya mini skripsi tapi secara berkelompok. Kita melakukan penelitian secara langsung ke daerah-daerah di Indonesia. Bisa dikatakan kaya kuliah sambil liburan di luar kota. Karena kemarin saya kebagiannya online jadi penelitiannya pun secara online.

Tugas di PSDK itu hampir sama di jurusan-jurusan yang ada di FISIPOL. Banyaknya paper, makalah, essay. Kita juga bikin jurnal. Ada beberapa matkul yang kita disuruh untuk melakukan penelitian sosial, karena di PSDK kita dibentuk untuk bisa meneliti permasalahan sosial yang ada di masyarakat. Kalau kita bikin paper atau esai juga harus riset sendiri.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM?

Ada 3 konsentrasi yang bisa diambil di semester 3 atau 4.

  1. Kebijakan sosial: fokus kajiannya mempelajari pera pemerintah mengadakan kesejahteraan dan pembangunan sosial bagi masyarakat.
  2. CSR (tanggung jawab sosial perusahaan)
  3. Pemberdayaan masyarakat: kita mempelajari cara membantu masyarakat untuk berdaya dan sejahtera dengan cara mereka sendiri

Aku sendiri pilih CSR. Menurutku setiap fokus kajian itu punya karakteristik maisng-masing, kalau kebijakan sosial bener-bener mempelajari peran pemerintah, UU yang dikeluarkan jadi kita dituntut untuk jadi mahasiswa yang kritis. Kalau CSR itu peran perusahaan, gimana kita memberikan program ke masyarakat yang bisa mensejahterakan masyarakat. Kalau pemberdayaan masyarakat kita lebih dituntut untuk kreatif dan inovatif banget.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada SNMPTN, SBMPTN, PBU-B atau penelusuran bibit unggul berprestasi, ada juga PBU kemitraan dengan perusahaan, PBU-TM untuk yang tidak mampu dan ada UTUL atau ujian tulis. Info lengkapnya bisa akses di um.ugm.ac.id.

Kuota penerimaan seangkatan cuma menerima sekitar 70 orang dari setiap jalur masuk. Di SBMPTN kemarin itu aku liat kuota daya tampungnya 20 orang dengan peminat 600 orang. Pas di tahunku itu peminatnya hampir 1000 orang lebih.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Mahasiswa PSDK ini harus mau melek berita, peka sosial. Setiap perkuliahan kita selalu diajak diskusi sama dosen, kita membahas hal-hal yang terjadi saat ini di masyarakat. Kalau kita gak uptodate bisa susah mengikuti perkuliahan atau diskusi itu.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Cukup luas ya prospeknya bisa kerja di pemerintahan, atau perusahaan juga bisa. Mau mendirikan organisasi atau platform juga bisa. Banyak yang kerja di Kemendes, Kementrian Ketenagakerjaan, BIN, kepolisian, militer. Ada juga yang jadi peneliti sosial, akademisi, CSR di perusahaan. Ada juga yang di LSM atau NGO, BUMN dan BUMS juga bisa.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Biasanya di PSDK itu kalau sudah lulus bisa langsung ditarik sama perusahaan BUMN dan kita punya kerja sama dengan Pertamina dan aku sedang menyasar itu sih. Kalau ada peluang lagi aku pengen lanjut studi S2.

Q&A

  1. PSDK sama gak dengan Ilmu Kesejahteraan Sosial?

Banyak juga yang masih bingung terkait ini, awalnya pas SMA aku juga mikirnya sama. Tapi ternyata ada perbedaan antar keduanya. Dalam cakupan kajian kedua prodi ini beda, kalau kesejahteraan sosial itu cakupannya lebih kecil dibanding PSDK. Kesos itu lebih ke bagaimana meningkatkan kesejahteraan sosial melalui intrapersonal dan individunya sendiri dan lebih luas masyarakat, sedangkan kalau PSDK itu cakupannya gak hanya masyarakat tapi mengadakan kesejahteraan sosial yang juga dari perusahaan, bahkan negara dan institusinya. Ikatan mahasiswa juga beda. PSDK itu APSID sedangkan kalau Kesos itu Forkomkasi.

Kode Konten: C148

Komen dibawah! 17

  1. Apri Andana

    Assalamualaikum wr. wb.
    Perkenalkan nama saya Apri Andana Kelas XI Jurusan IPS asal sekolah SMAN 2 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Saya sangat senang dengan Ilmu IPS.
    Saya mau bertanya apakah peluang lolos Jurusan PSDK di UGM besar kak. saya sedang dilema antara FH jurusan Hukum dan FISIPOL jurusan PSDK. Bagaimana memfokuskan untuk memilih satu jurusan. Sehingga pada SNMPTN SBMPTN bisa lolos. Saya kepengen kuliah di UGM. mudah-mudahan 2022 saya menjadi Gajah Mada Muda. Aamiin.

    • ratuchikw

      Halo apri, salam kenal juga ya! Untuk permasalahan mengenai peluang, sebetulnya PSDK cukup ketat, dan berada di posisi jurusan terketat ke 4 dari 6 jurusan yang ada di Fisipol, namun apabila dibandingkan dengam jurusan hukum tentu saja keketatannya dibawah hukum. Btw, semangat ya!

  2. Sasa

    Halo kak, saya mau tanya
    Jadi, waktu saya tes minat bakat muncul jurusan ini sebagai jurusan yang direkomendasikan. Tapi waktu saya nonton beberapa video tentang review jurusan PSdK, katanya jurusan ini sering berkomunikasi sama orang. nah, jujur sebenarnya saya ini agak pendiam. tapi masih suka berkomunikasi dengan orang. apakah menurut kakak saya akan kesulitan jika masuk jurusan ini karena saya agak pendiam? terima kasih kak:)

    • ratuchikw

      Halo sasa! Iya betul, di PSDK memang kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan banyak orang, jika kamu pendiam tidak masalah karena dunia kampus sangat berbeda dan kamu bisa belajar untuk berkomunikasi dengan orang banyak seiring berjalannya waktu, semangat ya

  3. Hazhia Nabila Ahadi

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Hallo kak,izin bertanya.
    sebelumnya perkenalkan nama saya Hazhia Nabila Ahadi, kelas XII Jurusan IPA, nah kak saya kan anak Ipa, apakah jurusan PSdK ini menerima siswa lintas jurusan?? Saya sangat tertarik dgn jurusan ini kak mohon jawabannya ya kak apakah PSdK ini menerima siswa yang linjur?
    Terima Kasih😊🙏🙏

  4. Ria

    haloo kak, menurut kakak apakah saya cocok masuk jurusan PSDK? saya anaknya cenderung pendiam dan kurang update tapi saya suka mengamati keadaan dan masalah sosial masyarakat. makasih kak

  5. Febi

    Halo kak,izin bertanya apakah jurusan PSdK itu hanya ada di UGM? Lalu menurut kakak apa yang membedakan PSdk dengan jurusan lain? Apakah lebih banyak teori daripada praktek? Mohon dijawab ya kak terimakasih

    • ratuchikw

      Halo febi, untuk jurusan PSdK saat ini di Indonesia ada di 8 universitas ya.. jadi tidak hanya ada di UGM 🙂 dan yang membedakan dengan jurusan lainnya adalah PSdK merupakan jurusan yang mempelajari ilmu interdisipliner, selain itu kita mempelajari teori serta prakteknya secara balance, semoga membantu ^^

  6. Antika Septiani

    Assalamualaikum wr.wb
    Halo Kak, izin bertanya. Kalau lulusan jurusan S1 PSDK mau lanjut ke s2 bisa ngambil prodi apa ya? Dan baiknya kemana gitu. Makasih

    • ratuchikw

      Halo antika, untuk S2 nya kamu bisa banget ambil S2 PSdK lagi, atau bisa juga bisnis, yang berkaitan dengan PR, untuk detailnya mungkin kamu bisa search apa saja jurusan S2 yang tidak membutuhkan kualifikasi S1 linear 🙂

  7. Shienta ayundha

    Assalamualaikum kak, maaf menggangu waktunya. Saya shienta ayundha dari blora mau izin bertanya. Sejujurnya saya kurang pandai dalam mata pelajaran b. Inggris . Apakah jurusan ini mengharuskan bagi mahasiswa untuk bisa b. Inggris?
    Tolong dijawab ya kak,terimakasih atas waktunya:”)

    • ratuchikw

      Haloo shienta, nggak kok! Kamu gak harus pintar bahasa Inggris saat kuliah di PSdK, namun memang ada beberapa dosen yang sering menggunakan literatur inggirs, tapi masih bisa disiasati dengan translator. Semangat ya!

  8. Devin

    Halllo kak perkenalkan nama saya Devin, saya kelas 10 jurusan IPA, Nah apakah prodi ini bisa menerima dari jurusan IPA dan apakah materinya berbeda jauh dengan jurusan IPA ? Terimakasih kak

    • ratuchikw

      Halo davin, kalau kamu masuk melalui jalur test SBMPTN atau UTUL, tidak masalah kamu berasal dari jurusan apapun, kecuali jika kamu ingin lewat jalur SNMPTN maka tidak bisa karena SNMPTN hanya bisa untuk jurusan yang selinear 🙂

  9. Intan

    Ka saya intan saya gapyear dan saya linjur.
    Apakah psdk mengharuskan mahasiswa nya harus bisa bahasa Inggris, dan apakah psdk menerima siswa lulusan mipa?
    Terimakasih

    • ratuchikw

      Halo intan, nggak kok! Kamu gak harus pintar bahasa Inggris saat kuliah di PSdK, namun memang ada beberapa dosen yang sering menggunakan literatur inggirs, tapi masih bisa disiasati dengan translator. Dan selama kamu mendaftar melalui jalur test maka jurusan apapun bisa diterima di PSDK. Semangatt ya!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *