Perencanaan Wilayah & Kota, Universitas Gadjah Mada

Pembangunan Wilayah UGM (Ismail)

Pembangunan Wilayah UGM (Ismail)

Halo sobat intipers! Aku Ismail Abdul Majid dari Pembangunan Wilayah UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pembangunan Wilayah UGM itu seperti apa?

Secara umum banyak temen-temen yang terjebak kalau planologi itu sama kaya pembangunan wilayah. Sebenernya keduanya itu beda. Kalau planologi kan itu perencanaan wilayah kota dan adanya di teknik, lalu outputnya itu membuat kota nyaman untuk dipandang, sedangkan jurusan saya itu pembangunan wilayah yang adanya di ranah geografi dan outputnya itu membuat wilayah menjadi bagus dan baik.

Pembangunan wilayah juga satu-satunya jurusan yang ada di Indonesia, hanya ada di UGM. Di Geografi itu ada 3 prodi, Geografi Lingkungan, Pembangunan Wilayah sama Kartografi Penginderaan Jauh. Tiga prodi itu saling berhubungan satu sama lain dan punya tugas masing-masing. Geografi lingkunga itu bagian menganalisis lingkungan, kartografi penginderaan jauh itu pake satelit untuk melihat wilayah dan membuat petanya, dan pembangunan wilayah ini lah konklusinya, kita membangun wilayah dengan kondisi yang dimiliki. Di pembangunan wilayah itu ada prinsip yang mana tiap wilayah punya ciri khas masing-masing, yang dibangunnya itu harus sesuai karakteristiknya masing-masing.

Apa suka duka selama kuliah di Pembangunan Wilayah UGM?

Dukanya itu di semester awal gak banyak belajar mata kuliah jurusan sendiri, malah belajar mata kuliah geografi lingkungan dan kartografi. Jadi bingung gitu mana mata kuliah jurusannya. Kita itu belajar tentang biogeografi, geologi, persebaran fauna di Indonesia, sejarah dunia, hidrologi. Akhirnya itu bakal kepakai di semester selanjutnya.

Senengnya itu ada kuliah kerja lapangan tiap satu tahun. Jadi, yang udah saya lalui ada 2 KKL. Pertama, kita mahasiswa sefakultas menyusuri pulau Jawa bagian tengah, mulai dari selatan ke utara selama 5 hari. Tapi KKL yang terakhir itu kita gak bisa ke lapangan, cuma berdasarkan literatur dan data. Ada satu lagi KKL 3 yang udah-udah itu sempet studi di Palangkaraya. Itu menarik banget. Pas KKL 1 kita mengidentifikasi wilayah berdasarkan bentang alam dan bentang budaya. Misalnya pembentukan wilayah ini karena proses apa, apakah karena pengangkatan lapisan tanah, angin, terus diliat secara air. Kalau bentang budaya itu lebih belajar pada struktur bangunan, pola rumahnya, pola mata pencaharian masyarakat. Kita belajar bahwa bentang alam dan bentang budaya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya macem-macem. Belajar tentang ekonomi, politik, pemberdayaan manusia, sosialnya juga. Kalau di awal kita akan belajar terkait dengan teori pembangunan, teori keruangan. Di semester selanjutnya kita akan mempelajari mata kuliah yang ada hubungannya dengan analisis regional. Misalnya kita bahas terkait UMR. Kita juga bahas secara analisis keruangan, karena basisnya geografi yang ada di permukaan bumi, bawah bumi dan atmosfer. Nah, pembangunan wilayah ini membahas yang ada di permukaan bumi secara kompleks. Bahkan ada mata kuliah geografi politik.

Paling berkesan itu mata kuliah teori pembangunan. Itu mata kuliah yang membahas tentang sejarah adanya negara dunia ketiga, di mana pembangunan itu ada setelah perang dunia II. Indonesia juga dibahas, jadi gimana caranya membangun wilayah. Kita itu lingkup kajiannya dari lingkup dunia, kemudian negara, provinsi, hingga ke desa gitu.

Kalau praktikum, di semester awal kita akan praktik membuat peta. Itu terkait kartografi gitu karena basis geografi itu jadi kita belajar membuat peta dan menganalisis peta.

Expo-PTN

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Pembangunan Wilayah UGM ?

Selama belajar kita belajar secara general, nanti ketika akan menyusun skripsi itu baru memilih konsentrasi.

  1. Kita mengkaji tentang pemindahan ibu kota, ada kakak tingkat yang membahas isu strategis ibu kota baru Indonesia.
  2. Ada juga kajian tentang Smart City.
  3. Kajian lain juga tentang pembangunan wilayah berbasis bencana.
  4. Pembangunan wilayah berbasis pariwisata juga ada, terutama di daerah 3T.
  5. Kebijakan, rencana tata ruang wilayah sampai strukturalnya juga dibahas banget.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur, SNMPTN, UTBK dan UTUL UGM, sama jalur prestasi. Jalur prestasi ini ada perusaahan mitra UGM, prestasi tingkat nasional dan prestasi karena tidak mampu. Informasi lebih lengkap akses um.ugm.ac.id

Biasanya penerimaan seangkatan itu sekitar 89 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Di semester 1 dan 2 harus banyak bersabar karena banyak menjumpai mata kuliah jurusan lain. Terutama di semester 2 bakal ketemu statistika sama kalkulus. Terus biasanya beberapa temen itu masuk ke pembangunan wilayah karena jurusan lain. Nah, justru jangan sedih! Harus lebih bangga, lebih seneng soalnya yang dikajinya lebih kompleks.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita paling strategis itu ke Badan Perencanaan, baik nasional maupun daerah. Kita di Pembangunan Wilayah, kita sebagai developer maupun planner. Bahkan alumni kita banyak berperan aktif di isu pemindahan ibu kota. Ada juga yang menjadi dosen, maupun LSM.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya pribadi rencananya setelah lulus akan melanjutkan studi S2 regional planning di Turki gitu.

Kode Konten: C131

Komen dibawah! 7

  1. Salsabila

    Kak, mau nanya kalo di pembangunan wilayah bisa ga kak kalo kerja di bidang kebencanaan gitu, mungkin kaya di bmkg atau semacamnya gitu?

  2. lala

    pada semester 1 kapan kakak melakukan praktek?

  3. Sekar Palupi

    kak, rata-rata nilai yang masuk di pembangunan wilayah UGM lewat jalur SNMPTN itu berapa ya kak?

  4. Gea Darsa Darma Wanggi

    Kalau ada sertifikat olimpiade geografi nasional apakah peluangnya besar untuk masuk jurusan pembangunan wilayah melalui jalur SNMPTN kak ?

  5. Farisa Khoirunnisa

    Kak kalau trade record alumni itu sangat berpengaruh ga kak buat SNMPTN?kakak kelas saya tahun 2018 ada 1 lsama 2019 ada 2 yang lolos snmptn tapi 2020 tidak ada yang lolos snmptn pembangunan wilayah,apakah berpengaruh ya kak kalo 2020.nya tidak ada?lalu rata2 nilai rapor untuk snmptn PW berapa ya kak

  6. FIRMANDA MUSTIKA ARUM

    Kak untuk jurusan pembangunan wilayah apakah banyak menghafalnya, dan untuk pelajaran fisika apakah cukup banyak digunakan dalam mata kuliah jurusan pembangunan wilayah? Kakak dulu lulus jalur apa dan dengan nilai berapa.
    Terimakasih­čÖĆ

  7. Sarah

    Ka kalau dari smk jurusan teknik konstruksi dan properti bisa ga ya? nilai rata rata prodi pw brp ka untuk thn 2021? Trs kalau blm ada alumni apa masih ada peluang buat lolos?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *