Administrasi Pemerintahan, Bahasa Indonesia

Pend. Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Baturaja (Rigga)

Pend. Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Baturaja (Rigga)

Halo sobat intipers! Aku Rigga Sabikah dari Pend. Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Baturaja angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pend. Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Baturaja seperti apa?

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini mempelajari tentang bahasa, jadi ada beda ya antara belajar bahasa dengan kita mempeajari bahasa, kalo kita belajar bahasa kita sekedar belajar kosa katanya, tapi kalo kita mempelajari tentang bahasa, maka kita akan mempelajari seluk beluk bahasa tesebut, apa saja yang berkaitan dengan bahasa tersebut, bagaimana cara pelafalannya, penuturannya dan lain sebagainya. Dan di jurusan ini juga kita akan di ajari untuk menjadi pendidik yang profesional.

Biasanya jurusan bahasa indonesia itu di pikiran orang, bahasa indonesia apasih yang mau di pelajarin kan sehari-hari kita udah menggunakan bahasa indonesia, tetapi bahasa indonesia itu bukan mempelajari apa yang kita biasa gunakan sehari-hari itu aja, terkadang banyak orang yang lebih bangga menggunakan bahasa asing, sedangkan bahasa indonesianya sendiri masih belum mengenal padahal itu kan jati diri negaranya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pend. Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Baturaja?

Karena saya cinta bahasa indonesia, saya cinta bahasa negara saya, saya ingin mengenal lebih jauh lagi mengenai bahasa indonesia, kemudian di dalam bahasa indonesia kita harus jadi bagian dari orang yang memperkenalkan sikap positif terhadap bahasa indonesia, kita harus menggaungkan bahasa indonesia kepada warga masyarakat indonesia tentunya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada yang namanya mata kuliah fonologi membahas mengenai pelapalan, mulai dari pelapalan terkecilnya seperti huruf A, B, C, dan selebihnya. Kemudian ada juga mata kuliah jurnalistik, jadi bahasa indonesia juga belajar jurnalistik mengenai berita, nanti kita prakteknya itu kita turun ke lapangan, bagaimana caranya menjadi seorang reporter, bagaimana kita mendapatkan berita. Kemudian ada mata kuliah keterampilan berbicara, kemarin kami prakteknya mengadakan penyuluhan ke desa-desa, belajar menjadi penyuluh bahasa, bagaimana berbicara di depan umum, memperkenalkan bahasa indonesia. 

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, nanti ada mata kuliah wajib yang bakal di ambil dari semester 5, ada mata kuliah jurnalistik, kepewaraan, juga ada komputer. Jurnalistik itu mempelajari tentang pemberitaan, bagaimana menjadi seorang jurnalis atau wartawan, kemudian keperawaan kita akan di ajarkan mengenai bagaiman teknik berbicara, menjadi pembawa acara yang baik, bisa jadi MC, pembawa acara yang profesional, kemudian jurusan mata kuliah komputer kita akan di ajari bagaiaman cara mengedit, membuat media pembelajaran yang menarik nantinya. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Bisa melalui pendaftaran online dan bisa datang langsung ke kampus Universitas Baturaja, linknya bisa akses http//:ly.daftarumbara.com. Ada jalur raport atau nilai, pendaftarannya biasanya dari yang dapat peringkat 1-10 akan ada bebas biaya pendaftaran. Ada jalur tes juga, paling tes di universitas aja. Kalo saya masuk lewat jalur bidikmisi, kemarin itu dapat informasi ya daftar langsung ke Umbara, dapat formulir kita isi, terus balik lagi ke Umbaranya kita dapat atau ga. Pendaftaran udah di buka beberapa bulan lalu tapi untuk bidikmisi belum ada informasi.

 Ada tips buat mahasiswa baru Pend. Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Baturaja?

Untuk adik-adik baru yang bergabung di jurusan ini, ada sebagian yang berpikir salah masuk jurusan, itu tetep semangat aja, karena sesuatu itu dari diri kita sendiri, mau jadi apa, tergantung kita, kuliah di kampus mana, jurusan apa, yang penting dari diri kita, kalo kita serius negjalinnya pasti nanti jadi berguna.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Terutama untuk jurusan ini, diutamakan jadi seorang tenaga pendidik guru ataupun dosen. Kemudian bisa bekerja di bank. Di bank bertemu dengan orang banyak dan menggunakan keterampilan berbicara. Bisa menjadi seorang wartawan atau jurnalis, bisa menjadi penulis, bisa bekerja di instansi pemerintahan seprti di balai bahasa atau instansi lainnya, dan lain sebagainya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya ingin menjadi guru bahasa yang nantinya akan mengajarkan pendidikan karakter, mengajarkan dan menanamkan rasa cinta terhadap bahasa indonesia, banyak anak muda yang ga kenal dengan sastra di daerahnya sendiri, saya ingin mengangkat sastra di daerah saya dan saya kenalkan ke publik.

Kode konten: C475

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *