Tata Busana

Pend. Vokasional Tata Busana UNJ (Syafini)

Pend. Vokasional Tata Busana UNJ (Syafini)

Halo sobat intipers! Aku Syafini Ahdiniah Rizky Umasugi jurusan Pend. Vokasional Tata Busana UNJ / Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pend. Vokasional Tata Busana UNJ itu seperti apa?

Pend. Vokasional tata busana itu lebih kepada edukasinya, jadi kita itu belajar bagaimana cara mendidik karena kita nantinya akan menjadi seorang guru atau pendidik. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Tidak menutup kemungkinan juga di jurusan ini kita bisa menjadi seorang desaigner tergantung minat dan bakat, namun karena ini S1 jadi lebih banyak pada materi-materi atau teori yang berkaitan dengan cara mendidik siswa dan lain-lain. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pend. Vokasional Tata Busana UNJ?

Alasannya karena saya menyukai desaign, dulu saya waktu SMK, saya masuk SMK tata busana juga, jadi saya memang sangat suka sama desaign, namun dulu saya lebih suka desaign bangunan tapi karena mungkin Allah mentakdirkan saya untuk mencoba desaign yang lain, jadi Allah tuh menunjukkan saya bahwa jalan desaign fashion ini adalah jalan saya bukan arsitektur. 

Sebenarnya cita-cita saya dulu itu arsitek, namun diberikan petunjuk oleh Allah di  fashion desaign, mungkin karena saya juga perempuan dan lebih feminin juga jadi cocok dengan saya, tapi setelah saya menjalani dunia fashion ini ternyata impian saya pun ada disini juga dan saya juga lebih tertantang untuk bagaimana caranya agar fashion di Indonesia ini baik itu kain tradisionalnya, batik, itu bisa saya mengangkatnya ke kancah internasional, dan itu yang lagi saya pelajari terus, dan ilmu say amasih sedikit, setiap hari saya belajar dari kakak tingkat saya, dosen, dan guru-guru saya agar fashion Indonesia inimenjadi trend mode dunia.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang paling khas itu desaign busana, karena ini kan kita desaign fashion jadi untuk teorinya sendiri itu mata kuliahnya tentang landasan pendidikan itu sangat khas, karena saya kan nanti jadi pendidik juga jadi saya diajarin tentang bagaimana landasan-landasan atau dasar-dasar menjadi seorang guru atau menjadi seorang dosen atau pengajar.

Kalau di fashionnya sendiri saya belajar tentang desaign, itu menjadi tolak ukur atau menjadi basic dari kita sendiri, jadi dari desaign itulah kita bisa merancang dan membuat baju, dan bisa menjadikannya sebuah koleksi.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

kalau untuk konsentrasi itu gak ada, karena aku kan S1, jadi fokus sama satu konsentrasi, tapi di UNJ ini terbagi lagi menjadi dua, ada D3 yaitu pendalaman mode. Kalau D3 lebih fokus ke bisnis, lebih fokus ke bagaimana menjadi seorang desaigner, dan lebih fokus pada keahliannya atau skilll nya, kalau kita lebih fokus kepada bagaimana nanti kita membagikan ilmu kita kepada siswa-siswa atau anak murid kita. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jalur masuknya da banyak.Ada jalur SNMPTN melalui undangan, yaitu pake nilai raport semester 1-5. Aku masuk di jalur SNMPTN. Kemudian yang kedua ada jalur SBMPTN. Ketiga ada jalur mandiri, dan dateng ke UNJ buat menyelesaikan soal.

Ada tips buat mahasiswa baru Pend. Vokasional Tata Busana UNJ?

Tipsnya adalah apapun jurusan yang kita jalani, kita harus menerimanya. Setiap perkuliahan kan pasti tugasnya banyak ya, bukan hanya di jurusan kedokteran, teknik. Ini perguruan tinggi, kita harus jalaninnya enjoy aja. Jangan menunda tugas karena tugas itu yang menjadi point penting atau nilai yang paling dituju sama dosen. Jadi tugas adalah nilai yang paling besar diambil sama dosen. Jangan menunda tugas, kalau kita lagi sibuk, kita harus tetap mengerjakan tugas. Mau baik atau buruk hasilnya, kirim aja semampunya biar gak kosong. 

Kemudian tips yang kedua kalau jurusan fashion itu harus cintai dulu sama jurusannya sebelum masuk lebih dalam tentang fashion, belajar dulu mencintai fashion dan hobi kita apa aja, jangan fokus sama hal yang kita gak bisa. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja nya itu banyak banget, kalian gak usah risau gak usah khawatir karena kita bukan hanya menjadi seorang penjahit yang notabene nya orang berpikir bahwa jurusan busana nanti ujung-ujungnya menjadi penjahit, karena itu salah. Jurusan busana itu diajarkan menjadi seorang perancang mode, desaigner, pembisnis juga bisa, dosen juga bisa, atau menjadi guru, karena guru juga mulia, karena ilmu yang kita punya sharing ke yang lain jadi berkahnya berkali-kali lipat. 

Kalau untuk fashion itu tidak terbatas, di media, di tv, itu semua kepake karena kan kita setiap hari menggunakan baju, dan baju pun setiap tahunnya berbeda-beda tren nya, jangan sampai mengira kalau fashion pekerjaan yang tidak diminati atau tidak dicari perusahaan, jadi tergantung mindset kita. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Rencana dan harapan setelah lulus, aku banyak banget rencananya. Aku pengen banget S2 di Prancis, semoga dapet scholarship dan ada rezekinya. Aku pengen belajar bagaimana caranya mengamati sistem pendidikan di luar negeri.. nanti aku pengen nerapin ke Indonesia, karena menurut ku sistem pendidikan di Indonesia itu udah bagus, cuman mungkin perlu adanya sedikit tambahan-tambahan lagi agar lebih menarik dan lebih membuat mahasiswa atau siswa itu semangat.

Selain aku mau S2 ke prancis, aku juga rencana mau S2 ke London dengan jurusan yang sama. Kemudian setelah aku S2 diluar, aku pengen ngebuka butik di Indonesia. sekarang juga kan aku udah punya usaha sendiri. Jadi aku pelan-pelan mau membangun bisnis aku. Bisnis aku ini insyaa Allah aku maunya baju-baju aku modest. Jadi sopan karena kan nanti Indonesia akan menjadi pusat mode di tahun yang akan datang Indonesia akan menjadi pusat mode dunia. Kita kan menjadi negara muslim terbanyak, ini jadi harus dimanfaatkan sama kita.

Q&A

  • Nanti jadi desaign pakaian atau punya butik?

Sekaligus, aku pengen jadi perancangnya dan punya butiknya.

Kode konten: C380

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *