Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam IAiQ Gersik (Zuliyanah)

Pendidikan Agama Islam IAiQ Gersik (Zuliyanah)

Assalamu’alaikum,, Merhaba teman-teman!. Perkenalkan saya Zuliyanah , mahasiswi Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam IAIQ Gersik angkatan 2017. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah saya selama 6 semester di jurusan Pendidikan Agama Islam. Yuk silahkan simak pengalaman saya.

Apa saja yang dipelajari di Pendidikan Agama Islam IAIQ?

Kuliah di Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIQ, kita diajarkan mempelajari bidang pendidikan  yang mengajarkan beberapa materi kependidikan Agama Islam dan kurikulum pengajaran PAI dan berbagai pengajaran kegamaan lainya.Tidak hanya fokus pada bidang  itu, namun kita juga mendapatkan mata kuliah atau pembelajaran yang  dapat kita gunakan untuk mengembangkan potensi yang lain. seperti contoh: dalam jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIQ yang pada dasarnya berada dalam lingkungan pondok pesantren kita akan mendapatkan beberapa pengetahuan umum. Seperti salah satu contoh, dalam mata kuliah kewirausahaan. Mahasiswa di ajarkan untuk membuat peluang bisnis usaha yang baik secara islam. Dalam hal ini kita bisa mengembangkan atau mempelajari bagaimana peluang usaha atau bisnis yang dibuat sesuai dengan dasar agama, tidak hanya itu saja. Namun, kita nantinya juga akan langsung untuk praktek membuat suatu olahan produk usaha. Kemudian, kita akan secara langsung terjun untuk memasarkan produk kita tersebut. Selain beberapa kurukulum standar yang sesuai dengan peraturan pemerintah, IAIQ juga menyediakan mata kuliah yang membawa ciri khas pesantren. Diantaranya: mata kuliah Kepesantrenan, BMK (Baca Menulis Kitab Klasik), Bahasa Indonesia, Publik Speaking dan masih banyak mata kuliah umum menarik yang lain.

Tidak hanya  belajar menjadi guru Agama dengan berbagai bidang pendidikan keagamaan yang diajarkan. Namun, di IAIQ kalian juga bisa belajar berbagai kegiatan keagamaan diluar bidang pendidikan. Sebagai contohnya di IAIQ setiap mahasiswa diberi bekal kegiatan keagamaan. misalnya, kita diajarkan untuk menghafalkan beberapa surat Al-Qur’an dan beberapa bacaan tahlil dan bidang keagamaan lain yang setiap setelah ujian akhir semester harus disetorkan ke DPA masing-masing.

Slide5

Mata Kuliah dan Dosen Favorit?

Mata kuliah yang dipelajari banyak. Ada Filsafat ilmu, tasawwuf, Hadits Tarbawi, Kewirausahaan, Studi teks bahasa arab, kepesantrenan dan masih banyak lagi, tapi saya menyukai mata kuliah kepesantrenan, dimana dalam mata kuliah ini dijelaskan mengenai awal mula berdirinya pesantrenan yang ada di Indonesia. dan menjelaskan tradisi pesantren yang ditinjau dari beberapa aspek, membahas karakter teks-teks keilmuan pesantren, serta membahas sistem pengajaran dan hubungan kekerabatan pesantren. kemudian mata kuliah Psikologi Pendidikan dan Belajar, pada mata kuliah ini nanti akan dijelaskan mengenai pengertian dan ruang lingkup psikologi pendidikan, teori-teori psikologi belajar dan faktor yang mempengaruhi. dimana isinya membahas mengenai pengertian dan ciri-ciri belajar, bagaimana proses dan fase belajar, prinsip-prinsip belajar, Dan faktor yang mempengaruhi belajar beserta teorinya.

Selanjutnya dosen favorit saya adalah pak Sumardi, pak widodo, pak muhtadi syakur, bu Ida Lutfiyah dan bu Siti  Nur Indah Rofiqoh, karena beliau-beliau merupakan dosen yang sangat rincih dalam menjelaskan mata kuliah sehingga dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami materi yang di sampaikan, tidak hanya itu untuk menambah semangat belajar mahasiswa atau memperdalam pengetahuan dari materi yang sudah disampaikan para bapak ibu dosen tersebut sering memberikan reward bagi mahasiswa yang dapat me-review kembali materi yang sudah disampaikan.

Tips-Tips untuk Maba di Jurusan PAI IAQ Gresik

Materi Pendidikan Agama Islam ini banyak berkaitan dengan beberapa bidang terkait pembelajaran pendidikan keagamaan. Maka, jadikanlah ilmu yang didapat sebagai bahan dalam pembelajaran pendidikan keagamaan. tidak hanya itu ilmu yang didapat juga tidak hanya di implementasikan dalam bidang pendidikan saja. namun juga dapat kita terapkan dalam lingkungan sosial masyarakat, artinya kita harus lebih menguasai bidang keagaamaan yang ada untuk menjadi pemimpin keagamaan ditengah-tengah masyarakat juga sebagai bekal keagamaan bagi kehidupan pribadi kita.

Ikuti Organisasi!

Tips selanjutnya adalah ikuti organisasi. Ada banyak organisasi yang tersedia di lingkungan kampus. diantaranya mengikuti himpunan jurusan , BEM Universitas, UKM, Kanugrahan(banjari), teater AKEQ, MAPASQo,dll. ikuti organisasi-organisasi tersebut dan jangan ragu, karena kita bisa memilih dan mengembangkan potensi yang kita miliki di beberapa organisasi yang tersedia di kampus. jangan sampai ragu ya! mengikuti organisasi kampus, dengan mengikuti kegiatan kampus maka kita dapat memperoleh pengetahuan tambahan diluar pengetahuan akademik, kita juga dapat menambah wawasan dan pengalaman serta teman baru dari berbagai lintas prodi kampus.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya Kerja dimana?

Sepengetahuan saya alumni PAI IAIQ tidak hanya berprofesi sebagai guru PAI di (SMP/SMA/MA/Mts) saja. Namun, alumni IAIQ juga ada yang bekerja diluar bidang pendidikan. ada yang bekerja di instansi pemerintahan, dan bahkan menjadi seorang pengusaha, ada juga yang berprofesi sebagai pemimpin masyarakat dalam suatu daerah. jadi, pada intinya alumni IAIQ jurusan PAI tidak hanya dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dalam bidang pendiikan saja. namun juga dalam bidang yang lain juga bisa.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah lulus saya ingin menjadi guru Agama di Smp/Sma, tidak hanya itu saya juga ingin membuka sebuah usaha yang dapat memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat yang saat ini banyak kekurangan lapangan pekerjaan. dan dari beberapa hobi saya dunia literasi, saya juga ingin membuat gerakan suatu komunitas organisasi yang bergerak dalam bidang literasi. seperti misalnya, saya ingin membuka rumah baca/perpustakaan bagi anak-anak di daerah-daerah yang terlihat minim minat dalam dunia literasinya. setelah itu saya juga ingin mencoba untuk mengikuti beberapa seleksi pekerjaan di instansi pemerintahan, karena saya juga ingin mengasah pengetahuan dan mengimplementasikan beberapa pengalaman dalam kegiatan organisasi di kampus yang pernah saya ikuti.

Kode Konten: X

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *