Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Firman)

Halo sobat intipers! Aku Firman dari Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung seperti apa?

Jurusan pendidikan agama islam terutama di UIN Sunan Gunung Djati ini merupakan jurusan tertua yang ada universitas, karena jurusan ini bersamaan dengan berdirinya universitas tersebut. Sisi lain dari jurusan ini yaitu memiliki peminat yang sangat banyak, sehingga rasio atau saingan untuk memasuki jurusan ini cukup sulit.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung?

Alasannya tertarik dan juga disarankan oleh guru dan orangtua karena basic saya dari madrasah Aliyah. Kemudian saya juga tinggal di asrama, dimana disana saya belajar tentang agama islam jadi ketika lulus saya tertarik mengambil jurusan pendidikan agama islam, karena saya merasa memiliki basic yang bisa saya kembangkan di jurusan ini.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Mata kuliah khususnya lebih mendalami ilmu tentang agama islam, sesuai basic yang saya miliki selama Aliyah saya belajar agama islam itu ada empat cabang akidah akhlaq, akhlak, fiqh dan hadis. Dan materi-materi di jurusan pendidikan agama islam ini tidak jauh dari materi tersebut. Untuk mata kuliah yang khusus itu lebih ke universitas kita diharuskan untuk mengambil jurusan bahasa arab dan jurusan keagamaan. Untuk mata kuliah yang membuat saya tertarik yaitu tasawuf sebelumnya saya belum mengetahui mata kuliah tersebut. Mata kuliah ini membahas tentang cara untuk mendekatkan diri kepada allah. Saya juga tertarik dengan ilmu pendidikan, karena saya rasa sebelumnya saya kurang minat dengan jurusan ini, namun setelah mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan pendidikan saya merasa jika dunia pendidikan itu sangat menarik.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk konsentrasi tidak ada, karena kita belajar pendidikan agama islam secara umum. Untuk nanti proses penelitian skripsi kita bebas mengambil tema penelitian yang akan kita gunakan.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Untuk jalur masuk ada tiga jalur ada SPANPTKIN, UMPTKIN dan mandiri jalur mandiri ada tiga yaitu jalur mandiri tes, jalur mandiri prestasi dan jalur mandiri tahfidz.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Untuk tipsnya teman-teman tidak perlu merasa khawatir karena semua mata kuliah di jurusan ini mempelajari agama islam. Jadi untuk teman-teman yang ingin masuk jurusan ini harus minat terlebih dahulu dengan jurusan ini.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja karena kita basic Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, untuk kerjanya bisa menjadi guru. Namun bisa juga bisa bekerja di KUA, selain itu bisa juga bekerja di Bank Syariah karena kita belajar juga mata kuliah mu’amalah. Secara garis besar prospek kerjanya gak beda jauh dengan mata kuliah yang dipelajari di jurusan bisa menjadi guru di sekolah ataupun di madrasah.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapannya yang terbaik saja, karena kita hanya bisa berencana dan allah yang akan menentukannya. Untuk rencananya sendiri saya berharap bisa mengimplementasikan ilmu yang saya miliki selama berkuliah baik dari dalam kelas maupun di komunitas.

Kode konten: C893

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.