Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah

Pendidikan Agama Islam / PAI UMS (Citra)

Pendidikan Agama Islam / PAI UMS (Citra)

Assalamu’alaikum teman-teman.. Nama saya Citra Nur Amalia. Dari Fakultas Agama Islam (FAI), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta. Saya angkatan 2014 dan alhamdulillah sudah lulus tahun 2018.. Saya akan bercerita sedikit pengalaman saya selama ditempa di PAI UMS. Pengalaman yang sangat mengesankan dan sangat berharga yang membuat saya selalu bersyukur. Bersyukur pernah ditempa di tempat yang luar biasa, dengan dosen-dosen yang juga luar biasa.

Tentang PAI UMS

Visi PAI UMS adalah menjadi unggul dan kompetitif dalam pengembangan studi pendidikan agama Islam pada 2029

Misi PAI UMS adalah mengembangkan potensi mahasiswa menjadi ahli Pendidikan Islam dan/atau praktisi Pendidikan Agama Islam yang profesional, Mengembangkan teori, konsep dan model pendidikan Islam yang transformatif untuk pengembangan pendidikan agama Islam, dan memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan keislaman melalui pelatihan, bimbingan, konsultasi, penyuluhan, pendampingan/advokasi.

Slide5

Tujuan PAI UMS adalah menghasilkan lulusan yang kompeten sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Tingkat SLTP dan SLTA yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional (keilmuan), kepribadian, sosial, jiwa enterprener dan kepemimpinan kependidikan, dan berakhlak mulia, menghasilkan lulusan yang mampu meneliti bidang PAI dan atau ISMUBA berkualifikasi fundamental, menghasilkan lulusan yang mampu menjadi penulis buku ajar bidang PAI dan atau ISMUBA yang menarik pada tingkat SLTP dan SLTA, menghasilkan lulusan yang cakap bekerja dengan sikap ilmiah yang mampu mengintegrasikan khasanah Islam yang normatif dan historis, sains dan nilai-nilai Islam, teori dan praktik, dan memperkuat kelembagaan dan penyelenggaraan tata kelola yang baik. transparan, akuntabel dan berkelanjutan.

Mata Kuliah apa saja yang dipelajari di Prodi PAI UMS?

Di PAI UMS mempelajari berbagai macam ilmu umum, seperti bahasa Inggris, Psikologi, Kewarganegaraan, sosiologi pendidikan dan masih banyak lagi. Ilmu agama yang dipelajari seperti Bahasa Arab, tafsir, hadits, sejarah peradaban islam, kemuhammadiyahan, fiqh, aqidah dan ilmu agama lain. Tidak hanya ilmu umum dan ilmu agama, di PAI UMS juga banyak imu kependidikan yang dipelajari, seperti etika profesi kependidikan, penyusunan buku ajar, leadership kependidikan dan masih banyak lagi.

Ada juga mata kuliah pilihan di akhir semester. Setiap semester bisa memilih minimal satu mata kuliah pilihan. Diantara mata kuliah pilihan yang bisa diambil adalah jurnalistik, desain grafis, desain web dan blog serta masih ada beberapa mata kuliah pilihan.

Di akhir semester saya mengambil dua mata kuliah pilihan, karena saya sangat tertarik dengan dua mata kuliah tersebut dan bingung kalau harus memilih salah satu. Kedua-duanya sama-sama sangat bermanfaat dan menambah ilmu saya.

Mata kuliah yang sangat berkesan bagi saya adalah penyusunan buku ajar. Karena di mata kuliah ini, kami diberi pengarahan untuk menyusun buku ajar khususnya mata pelajaran PAI, kemudian langsung dipraktekkan untuk membuat buku ajar tersebut lalu hasilnya dikumpulkan sebagai nilai akhir semester untuk mata kuliah tersebut. Benar-benar ilmu yang sangat bermanfaat.

Adapun praktek mengajar tidak hanya satu kali di mata kuliah microteaching, tapi berkali-kali di setiap cabang mata pelajaran, seperti mata pelajaran Fiqih, mata pelajaran Sejarah Islam, mata pelajaran al-Qur’an Hadits dan lainnya. Dengan banyaknya praktek mengajar, membuat saya merasa lebih siap dan lebih matang untuk mengajar. Baik dari segi persiapan administrasi pembelajaran, hingga mental untuk mengajar.

Apa saja kegiatan mahasiswa PAI UMS?

Bagi yang suka berorganisasi, di FAI ada organisasi IMM, BEM, DPM, HMP dan Islamika. Islamika adalah organisasi jurnalistik fakultas. Ada juga kajian-kajian atau diskusi ilmiah yang diadakan organisasi-organisasi tersebut. Ada kuliah umum dengan pemateri dari dalam atau luar negeri, magang di sekolah-sekolah tingkat SLTP atau SLTA,

Mitos kuliah jurusan PAI

Yang terbayang di benak kita kalau kuliah PAI cuma bisa jadi guru agama, cuma bisa jadi ustadz, cuma bisa jadi penceramah. Justru kuliah di PAI bisa dapat banyak hal. Dapat ilmu agama, ilmu umum, ilmu kependidikan, pengalaman menyusun buku ajar dan juga kalau ngambil mata kuliah pilihan dapat berbagai ilmu selain ilmu agama dan ilmu kependidikan.

Tips buat teman-teman yang masih kuliah..

Nikmati perjalanan sebagai mahasiswa karena masa itulah masa yang sangat berkesan. Jalani perkuliahan dengan semangat dan enjoy. Kerjakan tugas-tugas yang harus diselesaikan segera mungkin, jangan ditunda-tunda karena akan ada tugas baru. Jangan merasa tugas adalah beban karena pemikiran itu hanya akan membuat kita merasa semakin terbebani. Jangan merasa salah jurusan, karena lulusan jurusan PAI bukan hanya menjadi guru agama biasa, tapi bisa jadi guru agama yang multitalent dan juga bisa bekerja di bidang lain. Jika ada kesulitan jangan segan-segan untuk bertanya kepada teman, senior atau bahkan dosen. Jangan lupa bersyukur telah menjadi mahasiswa karena akan membuat kita semakin bersemangat dan menikmati perjalanan sebagai mahasiswa.

Setelah lulus kerja dimana?

Setelah lulus bisa mengajar di sekolah tingkat SLTP atau SLTA, bahkan ada juga yang mengajar di SD. Tidak hanya mengajar di pendidikan formal, tapi juga mengajar di pendidikan non formal, dan juga bisa berkarya di berbagai bidang, seperti berbisnis usaha, penulis buku dan lain sebagainya.

Harapan saya..

Ilmu yang saya dapat selama saya ditempa semoga bermanfaat dan berkah untuk diri saya, keluarga dan orang banyak. Saya ingin selalu berbagi ilmu baik dalam pendidikan formal maupun non formal. Dan semoga saya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya..

Demikian sedikit cerita dari saya. Semoga memberi gambaran teman-teman yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.. Mohon maaf atas kekurangan, semoga ada yang bisa diambil menjadi inspirasi dan motivasi teman-teman semua..

Kode Konten: X192

Komen dibawah! 1

  1. Muhammad farhan

    Gini kak, setelah saya membaca artikel ini. Dari keseluruhan innsya Allah bermanfaat untuk semua yang membaca. Namun saya melihat dari keseluruhan, kakak hanya menceritakan tentang enaknya berada di bagian itu. Disini saya cuman ingin bertanya, dan mohon di beritahu akan susah, sedih, letih, dan lainnya berkaitan gabung di sini, di hmp pai ums🙏😇

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *