Pendidikan Agama Islam, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Agama Islam UNJ (Dany)

Pendidikan Agama Islam UNJ (Dany)

Hai kawan-kawan semua. Apa kabar kalian semua? Semoga selalu dalam keadan sehat, ya. Perkenalkan, nama Saya Dany Randa Firdaus tapi kawan-kawan bisa memanggil Saya dengan sebutan Dany. Saya merupakan seorang mahasiswa Pendidikan Agama Islam UNJ (Universitas Negeri Jakarta) yang terletak di ibukota tepatnya di daerah Rawamangun Jakarta Timur. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Yuk, mengenal lebih dekat Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Jakarta!

Saya mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam angkatan 2018 yang terkategori ilmu humaniora tepatnya bertempat di Fakultas Ilmu Sosial. Saya akan membagikan pengalaman Saya seputar dunia perkuliahan yang telah Saya jalani selama kurang lebih 4 semester ini. Baiklah, tanpa berlama-lama, yuk simak cerita Saya berikut ini. Pertama Saya akan menjelaskan terkait jurusan yang Saya ambil. Saya memilih jurusan Pendidikan Agama Islam, karena Saya sangat menyukai segala hal yang berkaitan dengan keagamaan, terutama agama Islam. Visi dari jurusan Pendidikan Agama Islam ini, adalah menjadi Program Studi unggulan di tingkat nasional pada tahun 2015 dan internasional pada tahun 2025 dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam berdasarkan pemahaman Islam moderat (al-wasathiyyah) yang memadukan khazanah pemikiran Islam klasik dan modern.

unisa

Beberapa misinya, adalah : Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu menghasilkan tenaga pendidik Pendidikan Agama Islam dan tenaga Komunikasi Penyiaran Islam Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tentang khazanah pemikiran Islam klasik dan modern melalui sumber aslinya, Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam dengan menggunakan paradigma Islam klasik dan modern, dan Melaksanakan kegiatan kerjasama dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam yang saling menguntungkan dengan lembaga swasta dan pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri sebagai perwujudan dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi.

Ada apa saja kegiatannya?

Sering sekali diadakan aktivitas keagamaan, seperti Annisa (kemuslimahan), ngaji kitab, hingga lomba Islami. Islam Mata kuliah yang Saya pelajari, antara lain, seperti : Teologi Islam, Filsafat Agama, Bahasa Arab, Sosiologi Agama, dan masih banyak lagi. Jurusan Saya pun sering sekali mengadakan kajian maupun seminar ilmiah yang mendatangkan tokoh-tokoh ternama di Indonesia bahkan dunia. Seperti habib Ali Al-Jufri yang kami undang pada acara seminar internasional yang diadakan pada Desember 2019 lalu. Selain mata kuliah keagamaan, dalam jurusan ini juga mempelajari disiplin ilmu lain, seperti : Kewarganegaraan, Teori Belajar dan Pembelajaran, Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan lain sebagainya. Ada satu situs jurnal khas milik jurusan Saya yaitu bernama Hayula, yang bisa kalian kunjungi kapan saja, berikut link nya : http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hayula/index. Jurusan ini juga menyediakan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa yang dapat masuk menjadi daftar kegiatan seru kalian, seperti : Tari Ratoh Jaroe, marawis,

Apa saja sih, mitos dan faktanya?

Oh iya, ada beberapa stigma atau mitos terkait jurusan ini. Di antaranya mahasiswa dan dosen yang konservatif dan kaku, berjenggot tebal, memakai pakaian muslim setiap hari, mempelajari kitab kuning yang tebal. Semua mitos tersebut tidak sepenuhnya salah. Ada juga kok, yang memakai pakaian stylish, kasual, bergaya modern, hobi bermain gim (gamer). Menurut saya, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Karena berkaitan dengan kesukaan/hobi/preferensi orang masing-masing. Ada 2 mata kuliah yang paling Saya minati, yaitu Studi Agama-Agama, dan Sosiologi Agama.

pmb2-min

Matkul Favorit di Pendidikan Agama Islam UNJ

Bagian yang paling saya sukai dari Studi Agama-Agama, yaitu pada saat menyambangi satu gereja di daerah Jakarta Timur. Banyak sekali faedah yang dapat saya ambil dari mempelajari mata kuliah tersebut. Di antaranya mengetahui perspektif agama lain, khazanah keilmuan, aktivitas keagamaan, sampai konsep ketuhanan. Sementara Sosiologi Agama, studi tour menjadi syarat akhir dari penilaian, yaitu ke kampung Cireundeu, Jawa Barat. Disana, kami diajari oleh kepala suku terkait, perihal kultur, adat, sistem sosial, kepercayaan, hingga tradisi keagamaan yang unik.

Apa sih orientasi jurusan Saya?

Orientasi dari kebanyakan jurusan di kampus ini yaitu menjadikan tenaga pendidik yang bermutu dan berwawasan luas. ,Mengingat jumlah pesebaran guru yang kurang merata, membuat Universitas Negeri Jakarta ingin membentuk seorang tenaga pendidik yang berkualitas tinggi. Seperti yang termaktub dalam visi, misi, dan tujuan kampus.  Menjadi universitas yang Bereputasi di kawasan Asia. Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi yang unggul dan berguna bagi kemaslahatan manusia. Serta Mewujudkan Masyarakat yang Cerdas, Maju, dan Berkeadaban Melalui Pengembangan, Penerapan, dan Penyebarluasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Tantangan dan Kunci Sukses di Pendidikan Agama Islam UNJ

Mungkin, banyak diantara mahasiswa baru yang bertanya-tanya terkait kesulitan yang akan dihadapi dalam perkuliahan. Menurut Saya, salah satu kunci terpenting adalah pengaturan waktu (time management). Selain itu, ada tridarma perguruan tinggi yang harus dipahami oleh seluruh mahasiswa, yaitu : pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Ketika kamu masuk di jurusan ini, salah satu titik kesulitan yang akan dihadapi adalah materi dan tugas kuliah. Khususnya memahami literatur ilmiah dan membuat seminar nasional ataupun internasional. Kalian diharuskan untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan rekan, dosen terkhusus yang ada di jurusan kalian. Jadi, kalian mudah untuk berkomunikasi perihal tugas maupun hal lainnya. Baca juga artikel saya di intipkuliah tentang 5 Cara Ampuh untuk Direkrut Sebagai Panitia pada SI. Klik Disini

Akan jadi apa setelah lulus?

Jurusan ini memberikan prospek kerja yang cukup menjanjikan, salah satunya guru sekolah SD/SMP/SMA ataupun institusi keagamaan lain, seperti : TPA, pesantren, pondok, dan yang lainnya. Banyak diantara alumni atau lulusan dari jurusan ini yang bekerja di institusi keagamaan atau formal dan terbilang cukup sukses dan profesional di bidangnya.

Harapan dan Rencana

Untuk Saya pribadi, Saya ingin melanjutkan studi Saya di The University of Oxford di S2 dengan jurusan PPE (Politics, Philosophy, and Economy) nanti. Tapi sebelum itu, Saya ingin membahagiakan orang tua Saya dengan bekerja sebagai guru SMA negeri dengan tes CPNS sebagai persyaratan utamanya. Harapan Saya setelah lulus, Saya ingin memberikan kontribusi untuk negara dan agama, seperti menjadi pengajar di satu pondok atau pesantren salah satunya.

Sekian tentang pengalaman Saya di bangku perkuliahan, Saya harap cerita Saya tadi dapat menginspirasi Kalian untuk semangat menjalani dunia perkuliahan, terima kasih atas perhatian Kalian, ya. Sampai jumpa di lain kesempatan, dan sampai bertemu lagi.

Kode Konten: X155

Komen dibawah! 3

  1. 5 Cara Ampuh untuk Direkrut Sebagai Panitia pada SI - Intip Kuliah

    […] Siap, ketika kamu harus ditempatkan pada divisi di luar zona nyamanmu. Sikap, merupakan jalan penyukses acara yang tengah kamu urus. Sigap, terhadap semua instruksi yang diberikan kepadamu apapun bentuknya. Ya, 3S itu harus kamu terapkan ketika kamu telah berhasil didapuk menjadi panitia penyelenggara acara. Jangan lupakan 1D, yakni senantiasa berdoa demi kelancaran acara tersebut. Baca juga pengalaman saya kuliah di Pendidikan Agama Islam UNJ. Klik Disini […]

  2. Gusfian

    Assalamu’alaikum ka saya mau nnya jadi sayakan sekarang Masih Kls 2 smk jurusan teknik jadi saya ingin menjadi guru agama islam apakah saya bisa ka dari teknik kejurusan agama MOHON jawaban terimakasih wassalam

  3. Rianah

    Assalamu’alaikum ka saya Rianah.
    Saya mau tanya, waktu Kaka ambil jurusan PAI itu lewat jalur apa ka ?.
    Kalau lewat jalur PTN tapi linjur dari jurusan sklh kemungkinan bisa ngk ya ka ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *