Akuntansi, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Akuntansi UPI (Yuni)

Pendidikan Akuntansi UPI (Yuni)

Halo! Kenalin aku Siti Yuni dari jurusan Pendidikan Akuntansi UPI angkatan 2016. Aku bakal cerita tentang jurusanku dan pengalaman kuliahku di sini. Simak ya! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Akuntansi UPI?

Secara garis besar kita belajar tentang akuntansi dan pendidikannya, jadi bukan akuntansi secara murni. Karena di jurusan ini kita belajar menjadi guru akuntansi di tingkat SMK.

Banyak orang berpikir kalau anak akuntansi itu pelit karena banyak perhitungannya. Padahal orang akuntansi itu melihat berapa banyak yang bisa kita terima atau berapa banyak yang bisa keluarkan, jadi bukan pelit ya.Terus dalam kegiatan apapun biasanya anak akuntansi itu suka ditunjuk jadi bendahara, karena dianggap mumpuni.

Sejak 2019 itu gak ada konsentrasi adanya mata kuliah wajib dan pilihan. Di semester 1 dan 2 itu belajar semua matkul wajib nah nanti mulai semester 3 ada matkul pilihan.

Perbedaan Akuntansi dan Manajemen

Kalau akuntansi itu berhubungan dengan pencatatan dalam bentuk laporan keuangan, sedangkan kalau manajemen itu pengambilan keputusan berdasarkan laporan keuangan. Jadi bedanya di bentuk kegiatannya.

Tugas di Pendidikan Akuntansi UPI kaya gimana?

Tugas itu lebih banyak portofolio yang berkelanjutan, misalkan minggu ini kita mengerjakan jurnal minggu selanjutnya mengerjakan buku besar. Mata kuliah lain banyaknya observasi ke sekolah atau lembaga desa. Kita juga mengikuti perkembangan berita pemeritahan, laporan keuangan pemerintah gitu.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Kalau dosen mungkin semua bisa disukai karena agak bingung, tapi mungkin Dr. Heni Mulyani itu menurut saya sangat menyenangkan dalam pembelajarannya. Kalau mata kuliahnya itu lebih suka yang akuntansi mulai dari akuntansi dasar, menengah dan lanjutan. Itu sangat menyenangkan.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan Pendidikan Akuntansi UPI menurutku?

Waktu semester 5 itu banyak memberikan tantangan karena campur aduk antara mata kuliah dan tugas lumayan berat, kegiatan di luar kuliah juga sedang banyak. Untuk semester selanjutnya mungkin sudah bisa menyesuaikan.

Prospek kerja Pendidikan Akuntansi UPI / alumni kerja dimana aja?

Alumni banyak yang menjadi guru tapi tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di bidang lain seperti konsultan pajak dan pemerintahan. Jadi di bidang keuangan sih.

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan ini?

Tipsnya harus suka dulu sama akuntansi itu sendiri, jadi jangan sampai merasa salah jurusan dan bakal betah kuliahnya.

Harapan dan Rencana setelah lulus

Harapannya itu mudah mudahan bisa terus mentransfer ilmu dengan menjadi guru, apabila tidak pun semoga bisa kerja di bidang yang linier dengan akuntansi.

Kode Konten: Y161

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *