Bahasa Arab

Pendidikan Bahasa Arab IAIN Bone (Naufal)

Pendidikan Bahasa Arab IAIN Bone (Naufal)

Halo sobat intipers! Aku Muh. Naufal Fitra dari Pendidikan Bahasa Arab IAIN Bone angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Bone seperti apa?

Di kampus kami dikenal program studi pendidikan bahasa arab, prodi ini memiliki dua konsetrasi yaitu di bidang pendidikan dan bahasa arab, jadi yang dipelajari di dalamnya bukan hanya kaidah bahasa arab seperti nahwu, shorof, istima, dan sebagainya, tetapi juga kita mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pendidikan seperti psikologi pendidikan, evaluasi pembelajaran, metode pembelajara, desain pembelajaran dan lain sebagainya.

Banyak yang berasusmsi prodi ini kuno, ketinggalan jaman, dan saya berani mengatakan bahwa itu tidak benar. Dalam proses perkuliahan kita di tuntut selalu berkembang sesuai jaman dan teknologi. Ccontohnya saja beberapa kali di tuntut untuk membuat media pembelajaran berbasis tiktok. Kita juga dituntut bercakap melalu media youtube. Selanjutnya ada asumsi bahasa arab itu sulit dan rumit terlalu banyak aturan dan lain sebagainya. Sebenarnya itu tergantung dengan pola pikir kita atau mind set kita. Kami di prodi ini khusus nya saya sendiri bahasa arab itu mudah dan menyenangkan, sehingga Alhamdulillah hingga saat ini kami mampu bertahan dan cinta dengan bahasa arab

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Bone?

Awalnya saya tertariknya di bidang desain grafis, namun di kota saya tidak ada jurusan yang berkaitan dengan ini, kemudian saya juga di larang kuliah ke luar kota. Jadinya saya memilih jurusan bahasa arab ini yang mungkin hanya ini saja yang sreg dan cocok dengan diri saya. sebelumnya saya tertarik untuk belajar bahasa, dari SMP saya tertarik dengan bahasa inggris dan bahasa arab, kemudian saya pikir terlalu banyak sumber pembelajaran bahasa inggris sehingga saya mengambil jurusan ini yang mana notabene sumbernya sangat sulit di dapatkan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya ada dua bidang ada bahasa arab dan pendidikan, dan semuanya sepertinya di pelajari di kampus lain. Namun untuk tugasnya kita pernah di minta membuat percakapan bahasa arab selama 15 menit, kemudian kita juga pernah di minta membuat proposal penelitian dalam bahasa arab, dituntut presentasi dan diskusi dalam bahasa arab, menerjemahkan bacaan, dan untuk tugas akhirnya kita di wajibkan menulis skripsi dalam bahasa arab, namun biasanya mahasiswa itu membuat skripsi dalam bahasa indonesia terlebih dahulu kemudian di terjemahkan dan di bahasa arabkan.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Tidak di sediakan konsentrasi atau keahlian khusus di bidang ini. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Disediakan 3 jalur masuk, yang pertama jalur SPAN-PTKIN seleksi prestasi akademik nasional perguruan tinggi keagamaan islam negeri atau istilah kerennya SNMPTN nya PTKIN, jalur ini sudah lewat dan pengumumannya sudah lewat kemarin, jalur kedua yaitu UM-PTKIN ujian masuk perguruan tinggi keagamaan islam negeri atau istilahkan SBMPTN nya PTKIN, pendaftaran ini jalur ini masih terbuka hingga 30 April, untuk teman-teman calon mahasiswa bisa cek di website resminya um.ptkin.ac.id selanjutnya jalur ketiga jalur mandiri, untuk pendaftarannya silahkan pantengi terus website resminya www.iainbone.ac.id. Saya dulu masuknya lewat jalur UMPTKIN, sebelumnya saya daftar SPAN namun tidak lulus kemudian saya daftar UMPTKIN dan alhamdulillah lulus, untuk soal-soalnya tidak lain dan tidak jauh dari soal soal keislamana, tes potensi akademik, kemudian soal bahasa.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Arab IAIN Bone?

Jangan terlena dengan mudahnya dengan mata kuliah di semester awal, kalian harus mulai mempelajari kaidah bahasa arab dasar, mulai menghafal beberapa kosa kata dasar, harus aktif bercakap dalam bahasa arab dan lain sebagainya. Bagi yang tidak pernah belajar atau punya sedikit dasar atau tidak punya sedikitpun tidak perlu minder dengan yang lainnya, mulailah belajar dari sekarang.  

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jadi program studi pendidikan bahasa arab ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang bisa langsung terjun dalam dunia pendidikan, maka prospek kerjanya terutama alumni di program studi ini yaitu menjadi guru bahasa arab baik itu di SD atau MI, SMP, SMA, walaupun nantinya ada yang jadi dosen setelah melanjutkan pendidikan S2 nya dan ada juga yang menjadi penerjemah, tour guide dan pemandu haji umroh serta penceramah.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan untuk sekarang semoga bisa bertahan terlebih dahulu dan dilanjarkan semua urusannya hingga lulus, aamiin. Dan setelahnya semoga bisa melanjutkan pendidikan atau kalo tidak bisa cepat-cepat dapat kerja.

Kode konten: C457

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *