Bahasa Arab

Pendidikan Bahasa Arab STAI Nurul Iman (Mardiyah)

Pendidikan Bahasa Arab STAI Nurul Iman (Mardiyah)

Halo sobat intipers! Aku Mardiyah jurusan Pendidikan Bahasa Arab STAI Nurul Iman Parung-Bogor angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab STAI Nurul Iman Parung-Bogor itu seperti apa?

Di pendidikan bahasa arab ini bukan condong ke bahasa arabnya ya, tapi lebi ke pendidikan. Kita belajar tentang bagaimana cara mengajar yang baik dan menjadi guru yang proffesional. Serta dapat merancang dan menggunakan model pembelajaran dengan baik sehingga pelajaran dapat lebih di cerna dengan baik oleh peserta didik. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Jadi garis besrnya itu pendidikan bahasa arab lebih condong ke tentang bagaimana kita menjadi seorang guru yang baik, nah poin tambahannya kita harus paham bahasa arab, karena tentunya kita akan menjadi tenaga ahli bahasa arab. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab STAI Nurul Iman Parung-Bogor?

Alasan saya ini masuk ke pendidikan bahasa arab termotivasi dari saya pada saat MTs dulu, karena saya merasa cara mengajar beliau terhadap peserta didik menurut saya kurang puas karena saya susah mencerna apa yang beliau ajarkan kepada saya, darisitu saya memiliki motivasi tersendiri, sy aharus bis alebih baik, sebenernya beliau sudah baik mengajar kita. Menurut saya, seorang guru tidak selalu harus setelah pembelajaran memberikan tugas, evaluasi, seorang guru itu harus lebih kenal terhadap peserta didik itu sendiri, dan itu menjadi motivasi saya memilih jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tugas yang khas itu menurut saya kalau di bahasa indonesia pengucapan, dan di bahasa arab itu imla. Kita belajar merangkai kata bahasa arab, nahwu shorof. Kalau mata kuiah yang khas itu tadi seperti yang menyangkut bahasa arab seperti nahwu sorof.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi di jurusan ini gak ada.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Saya akan sedikit cerita, karena menurut saya ini adalah hal yang menarik. Cara untuk masuknya ini sangat gampang, yang pertama semua mahasiswa pasti dapet beasiswa, dan gak ada biaya UKT, dan kita dibawah naungan yayasan, jadi tempat tinggal dan kebutuhan sehari-hari itu udah ditanggung yayasan, jadi selama kita disana kita gak pernah bayar kepada pihak kampus atau yayasan untuk kebutuhan kita sehari-hari. 

Jarang sekali yayasan yang memberikan beasiswa tanpa syarat untuk semua mahasiswanya, dan di yayasan ini sendiri terdiri dari TK-S1, dan semuanya tidak ada pemungutan biaya apapun, syarat khususnya yaitu tekad, niat, dan kemauan. Ada perjanjian antara kita dengan yayasan, contohnya saya waktu itu masuk SMA, jadi saya dan semua temen-temen membuat perjanjian dengan yayasan, kalau kita belum lulus S1, kita gak akan menerima ijazah SMA. Setelah kita sidang skripsi, kita diwajibkan mengabdi di yayasan, kita mengabdi itu menjadi pengajar dan tenaga ahli lain. Tapi disini juga menerima dari SMA luar, jadi gak harus SMA disini untuk bisa masuk STAI Nurul Iman Parung-Bogor, tapi tetep harus pengabdian. 

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Arab STAI Nurul Iman Parung-Bogor?

Jadi buat tips sendiri, jangan emnunda waktu untuk mengerjakan tugas karena itu sangat berpengaruh, karena tugas kita gak dari kampus aja, ada juga dari yayasan yaitu untuk menghafal Al-quran setiap harinya, dan ada juga SOP dari jurusan yaitu kita menghafal mufrodat setiap minggunya, jadi menurut saya jangan menunda tugas dari siapapun. Kita biasanya di yayasan ini juga enggak megang hp, selama perkuliahan juga kita tidak diperkenankan menggunakan laptop, kaya misal kita pembuatan makalah kita tulis tangan, pembuatan skripsi pun kita tulis tangan. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya seperti yang kita tau, mungkin kita udah gak asing yaitu menadi tenaga pendidik. Ada yang jadi kepala sekolah, guru bahasa arab, pegawai bank. Jadi menurut saya pekerjaan gak selalu linear dengan jurusan kita, karena semuanya tergantung skill yang dimiliki kita. Buktinya kakak kelas saya ada yang bisa kerja di bank, padahal lulusan pendidikan bahasa arab. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau rencana insya Allah setelah pengabdian, dan saya mengetahui kemampuan diri saya, saya faham terhadap diri saya sendiri, saya ingin mengabdi, untuk semua para calon mahasiswa di bidang pendidikan, janganlah berekspektasi kita akan ditimbal balik oleh seseorang ataupun dari pihak manapun akan dapat timbal balik yang besar. Saya ingin mengabdi untuk daerah saya sendiri, karena itu salah satu amanat dari guru saya. 

Kode konten: C443

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *