Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri

Pendidikan Bahasa Arab UIN Saizu Purwokerto (Aenul)

Pendidikan Bahasa Arab UIN Saizu Purwokerto (Aenul)

Assalamualaikum wr.wb, Hai intipers! Perkenalkan nama saya Aenul Azizah, biasa dipanggil Enu. Saya mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN SAIZU Purwokerto angkatan 2017. Salam kenal untuk semuanya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman kuliah selama 6 semester ini di jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Buat kalian yang penasaran dengan  jurusan Pendidikan Bahasa Arab seperti apa? Yuk simak! Bagi teman-teman yang mau bertanya bisa komen dibawah artikel ini ya, tetapi sebelum komen pastikan sudah membaca hingga akhir terlebih dahulu, terimakasih.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Pendidikan Bahasa Arab UIN SAIZU Purwokerto?

Banyak yang berasumsi bahwasannya Bahasa Arab itu sulit. Realitanya tidak sesulit seperti yang dikatakan kebanyakan orang. Karena bahasa itu kebiasaan, begitu pula dengan mempelajari Bahasa Arab. Harus dibiasakan, biasa menulis, membaca, mendengar sampai biasa berbicara Bahasa Arab. Banyak sekali yang dapat kita pelajari di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN SAIZU Purwokerto. Mulai dari gramatikal Bahasa Arab dari Nahwu, Shorof hingga Balaghoh. Tidak hanya lingkup Bahasa Arab saja yang kami pelajari. Kami jurusan Pendidikan, kami mempelajarai tentang kependidikan pula seperti Strategi, Metode bahkan Psikologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab kepada Peserta Didik. Tidak hanya diajarkan menjadi seorang pendidik tetapi juga diajarkan menjadi seorang penerjemah, penulis dan banyak hal.

promo-web

Mata Kuliah dan Tugas Khas apa saja yang ada di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN SAIZU Purwokerto?

Mata kuliah khas yang ada di Pendidikan Bahasa Arab UIN  SAIZU Purwokerto diantaranya ada Sharaf, Ilmu Ma’ajim (tentang kamus-kamus), Imla (tentang tata cara menulis tulisan Arab yang baik dan benar), Muhadatsah (tentang percakapan Bahasa Arab),  Nahwu, Ilmu Lughoh (tentang ilmu bahasa hingga sejarah bahasa itu sendiri), Strategi, Media Pembelajaran Bahasa Arab hingga Praktik Pembelajarannya, Muthala’ah (tentang kemampuan membaca tulisan Arab dari bacaan sederhana sampai sebuah buku), Insya (dilatih untuk membuat sebuah karangan berbahasa Arab), Balaghoh hingga Tarjamah.

Untuk tugasnya itu mulai dari menerjemahkan buku berbahasa Arab. Hasil terjemahan dijadikan sebuah karya tersendiri bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Arab UIN SAIZU Purwokerto berupa buku. Tidak hanya menerjemahkan, kita juga diberi tugas untuk membuat pidato berbahasa Arab dan mempraktikkan langsung hasil pidato yang telah dibuat. Selain itu, diwajibkan untuk selalu takallam  atau  berbicara dengan menggunakan Bahasa Arab mulai dari pembelajaran di kelas seperti pembuatan makalah hingga presentasi berbahasa Arab.

Apa tantangan terbesar kuliah di Jurusan Bahasa Arab?

Setiap memasuki semester baru  merupakan tantangan tersendiri mempelajari Bahasa Arab. Hal tersebut menjadi sebuah semangat baru di setiap semesternya agar kita terus belajar dan terus mendalami Bahasa Arab. Terlebih untuk tugas akhir perkuliahan yaitu skripsi yang diwajibkan menggunakan Bahasa Arab bagi kelas kami yaitu kelas billingual.  Cara mengatasinya yaitu yang pertama dengan mencintai bahasa Arab itu sendiri. Tumbuhkan mindset dalam diri bahwa bahasa Arab itu mudah jika kita mau berusaha untuk mempelajarinya secara tekun dan sabar. Segala ilmu dapat kita kuasai jika kita bekerja keras, tekun dan sabar dalam mempelajarinya. Tidak lupa pula, untuk menghafalkan mufrodat atau kosakata Bahasa Arab.

Prospek kerja dan alumni biasanya kerja dimana sih?

Banyak alumni yang menjadi tenaga pendidik. Ada pula alumni yang dapat mendirikan lembaga pendidikan sendiri berbasis agama, bekerja sebagai translator, penulis bahkan wirausahawan.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Harapan saya agar  ilmu yang didapatkan selama dibangku perkuliahan bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain. Rencana setelah lulus yaitu menjadi tenaga pendidik dan membuat lembaga pendidikan di kampung halaman serta terus aktif menulis dan mengembagkan bahasa Arab yang mudah diajarkan dan dipahami.

Kode konten: X416

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *