Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri

Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Gina)

Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Gina)

Halo sobat intipers! Aku Gina Ainusyifa dari Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung seperti apa?

Pertama fun fact dari jurusan pendidikan bahasa arab sering orang-orang mikirnya bicara bahasa arab setiap hari, terus semua bahasanya menggunakan bahasa arab, faktanya ga seperti itu. Kemudian di kirainya mahasiswa bahasa arab itu lulusan perantren, syar’i, tapi ternyata tidak seperti itu, banyak juga lulusan SMA, SMK, yang tidak linear, banyak juga yang bertanya harus lulusan pesantren, kalo masuk UIN harus syar’i dan tertutup, kita bisa menyesuaikan dengan senyamannya kita dengan mematuhi peraturan di kampus. Pembelajaran nya dikira bahsa arab semua, padahal karena kita pendidikan jadi belajar juga tentang metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan penilaian pemebelajaran. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung?

Pertama saya suka dengan pendidikan, kenapa bahsa arab bukan pendidikan lain, dengan bahasa arab saya bisa membuka wawasan saya lebih luas, banyak sekali karya dan sumber ilmu yang berbahasa arab. Selain itul, bahasa arab merupakan bahasa Al-Qur’an, bahasanya orang muslim, tapi tidak menutup kemungkinan orang-orang non muslimpun bisa masuk, karena bahasa arab pernah menjadi bahasa internasional sebelum bahasa inggris menjadi bahasa internasional. Bahasa arab itu luar biasa seperti syair-syair nya, buku-buku berasal dari bahasa arab, itelektual dari arab, mereka itu menumpahkan pengetahuan dengan bahasa aran, nah jadi itu alasan kenapa memilih bahasa arab. Saya dulu dari SMA dan mempelajari bahasa arab di perkuliahan dari nol.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyak mempelajari kaidah-kaidah nahwu dan shorof, di bahas arab ada kesalahan membaca a atau i maknanya bisa berubah, antara pendidikan dan kebahasannya seimbang, sebetulnya kalo di perguruan hal yang lumrah yang bisa kita lakukan, karena ketika kit amelakukan penilaian akan berhubungan dengan angka-angka. Ada fakta menarik bahasa arab yang kita pelajari dengan bahasa arab di Jazirah Arab sana, ternyata ada perbedaan yang cukup jauh, bahasa arab yang di pelajari di Indonesia itu bahsa arab yang sesuai kaidah-kaidahnya, kalo di Arab, Mekkah, Madinah mereka menggunakan bahasa sehari-hari, kita lancar kebahsaan di kampus, tapi ketika kita ke Mekkah, Madinah, Yaman belum tentu bisa dimengerti di sana.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasinya seimbanga antara kebahsaan dan ilmu-ilmu pendidikannya, karena kita di tuntut untuk memberikan pembelajaran dengan metode tertentu. Kalo untuk konsetrasi tergantung orangnya. Misalnya ada yang lemah di kaidah, nah jadi konsentrasi di kaidah, tapi tidak mengesampingkan ilmu pendidikannya. Ketika awal masuk kita mempelajari bahasa inggris, PKN, ilmu tauhid. Jadi pertama masuk ga langsung disuguhkan mata kuliah yang berkaitan pendidikan dan kebahasaan. Jurusan ini masuk nya ke Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Aku lulus di jurusan ini melalui jalur raport atau SPAN PTKIN. Jalur masuknya ada 5, SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN melalui prestasi akademik UIN. Ada juga UM PTKIN, Mandiri Perguruan Tinggi Keislaman. Di SBMPTN kuotanya sedikit. Mayoritas SPAN PTKIN, UM PTKIN dan mandiri. Informasi lebih lanjut di instagramanya @pmb.uinsgd.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung?

Kalian harus tetap optimis dan jangan pernah malu untuk bertanya, terkhusus yang ga punya basic, jadi di perkuliahan kita mengulas, ga ada pengulangan, ga semua sama dengan kita di awal pembelajaran, lebih ke mengetahui kapasitas diri kita supaya kita bisa memnfaatkan dan mengatur hal-hal tersebut.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja hanya memandang jadi guru atau tutor, ternyata ga hanya di situ, tapi prospek kerja kita luas banget, termasuk kita bisa menjadi tour guide, pengusaha travel dari keahlian kebahsaan kita dalam sektor tersebut, sektor pariwisata, sektor pendidikan sudah pasti.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya bisa lanjut studi S2, saya mau mengelola yayasan keluarga. Mohon doanya yayasan keluarga saya akan memulai di bidang pendidikan.

Kode konten: C612

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *