Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa (Nifiah)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa (Nifiah)

Halo sobat intipers! Nifiah Pratiwi, S.Pd. dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa itu seperti apa?

Jadi jurusan bahasa dan sastra Indonesia ada 2 prodi yang kita miliki. Ada prodi bahasa dan sastra indonesia, yang kedua ada prodi S1 sastra Indonesia. Kalau diliat dari nama prodinya, kita belajar 3 bidang. Yang pertama ada pendidikan, bahasa, yang ketiga sastra.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kita banyak belajar tentang ilmu bahasa, ada semantik, morfologi, keterampilan berbicara, menulis, menyimak, dll. semua alumni atau mahasiswa pasti akan menikmati, karena kita tidak hanya belajar tentang teori, kita mengkaji sastra, mempraktikan sebuah drama. Kita memandang sastra tidak hanya dibaca, tapi mengkaji, mengapresiasi karya, dan mengambil moral value/ makna yang ada di karya sastra itu.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa?

Karena dulu saya itu tidak direkomendasikan dengan orangtua. Jadi guru saya merekomendasikan saya masuk ke ilmu humaniora saja, jadi waktu itu nilai rapot saya bagus di bidang bahasa, yaitu bahasa inggris, bahasa indonesia, antropologi, dan lain-lain.

Karena dulu saya nurut aja, yaudah saya ambil jurusan ini, tidak ada niat jadi guru, karena memang prospeknya kedepan jadi pendidik, saya dulu hanya mengikuti saran guru saya, karena saya dulu masuk di jalur SNMPTN. Jadi tidak ada motivasi tersendiri, yang penting memanfaatkan ilmu dengan baik. Saya tidak merasa salah jurusan, karena setelah menjalani proses perkuliahan selama 4 tahun itu, menikmati jadi tidak merasa salah jurusan

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Karena kita mempelajari 3 bidang ilmu yaitu pendidikan, bahasa, kemudian sastra, menurut saya yang paling menarik itu di kesastraan, jadi kita tidak hanya belajar membaca novel, tapi kita belajar untuk mengkaji, mengapresiasi, itu isinya seperti apa, maknanya seperti apa.

Karena emang pendidik dituntut untuk banyak belajar sebagaimana strategi, kurikulum yang dpakai, bahan ajar yang dipakai, jadi menurut saya yang paling berkesan itu berdrama. Kita belajar berimajinasi soal kesastraan itu yang menurut saya yang paling berkesan selama 4 tahun. Kita belajar naskah dulu, kemudian mengembangkannya menjadi kerangka, kemudian kita mementaskan, mengkaji apa yang kurang dan lebih, masuk didalam cerita itu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Lebih tepatnya prodi, yaitu program studi. Kalau di Unesa itu ada namanya ada fakultas bahasa dan seni, di FBS ini ada banyak jurusan. Jurusan mandarin, jepang, kesenian, drama, dan lain-lain. Jurusan saya namanya pendidikan bahasa dan sastra indonesia, terbagi menjadi 2 program studi, S1 pendidikan bahasa dan sastra indonesia, dan S1 sastra indonesia.

Kita belajar 3 ilmu, pendidikan, kita belajar jadi guru, kemudian menyampaikan ilmu tentang bahasa, dan kita juga menyampaikan ilmu tentang sastranya, terkadang nyambung terkadang tidak, terkadang kita menikmati, terkadang kita banyak beban.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jalur masuk seperti seleksi masuk di universitas negeri pada umumnya, ada SNMPTN, SBMPTN, SPMB (mandiri). Waktu itu saya masuknya di SNMPTN.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unesa?

Untuk mahasiswa baru yang pertama ada manut, berdoa, berusaha, dan patuh pada orangtua. 4 itu sudah saya buktikan dari kecil sampai kuliah, setiap urusan dan pencapaian selalu saya gunakan 4 tips itu, dan saya sudah membuktikan kalau melaksanakan 4 tips tersebut semuanya akan terlaksana dengan baik

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ada banyak sekali prospek kerja, karena ini jurusannya pendidikan, maka prospek kerja yang utama sebagai pendidik atau guru, kemudian yang kedua adalah menjadi seorang jurnalis, meliput sebuah peristiwa, berita, dan lain-lain.

Yang ketiga yang paling unik, kita bisa menjadi pengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), yaitu siswa-siswi yang datang dari luar negeri ke Indonesia hanya untuk belajar bahasa indonesia hanya dari yang mengerti bahasa indonesia. Jadi kita ada program BIPA, kita juga bisa menjadi peneliti atau analis bahasa di balai bahasa, editor, itu biasanya kalau di stasiun televisi atau balai bahasa, nanti kita edit analisis bahasa dan sastranya, kita cek plagiasinya, dan ejaan yang benarnya seperti apa, sebelum bahasa itu di upload atau disebarluaskan di beberapa media cetak atau yang lainnya.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Alhamdulillahnya saya sudah menjadi GTT di SMPN 2 Menganti, saya berusaha menjadi guru atau pendidik yang bermanfaat untuk siswa siswi saya nanti, pada suatu hari mereka nanti menjadi orang yang bermanfaat. Seperti itu saja cukup untuk saya, jadi semoga ilmu yang saya sampaikan bermanfaat untuk kedepan anak-anak nanti.

 

Q&A

  1. Lulusan PBSI bisa jadi filolog gak kak?

Karena kita mempelajari sesuai dengan bidang bahasa dan sastra indonesia, kita belajar beberapa mata kuliah filolog, kalau kita pernah belajar itu dan kita mampu, sesuai bidangnya, menurut saya bisa menjadi seorang filolog. Sesuai yang saya pelajari dahulu, filolog itu mempelajari tentang tulisan, jadi tulisan tentang bahasa apapun, artinya, maknanya seperti apa, itu kita pelajari dulu, tapi kita tidak fokus di filolog karena kita lebih fokus di pendidikannya

  1. Perbedaan antara bahasa dan sastra itu apa dilihat dari segi pekerjaan?

Kalau bahasa itu berbicara tentang menulis, menyimak dan mendengarkan, menurut saya seperti itu. Kalau sastra itu lebih fokus kesastraan, mereka kaji karya-karya, mereka kaji dan apresiasi. Kalau dari sisi prospek kerjanya, dia di jurusan sastra indonesia, mereka lebih paham menulis karya sastra kemudian menerbitkan, dll. tapi kalau kompleksitasnya PBSI konsentrasi bahasa dan sastra bisa dipelajari. Kalau di sastra indonesia, mereka mempelajari ilmu murninya.

  1. PBSI mempelajari naskah kuno enggak kak?

Paling dulu kita mempelajari naskah kuno bahasa arab, nah naskah kuno itu termasuk filologi, pernah kita belajar tapi bukan menjadi konsentrasi penuh di jurusan kami. Kalau mau mempelajari naskah kuno lebih mendalam, itu lebih ke prodi sastra indonesia, mereka lebih mengkaji lebih mendalam.

 

 

Kode konten: C651

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *